3 Variasi Posisi Seks Anal yang Nikmat dan Aman Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Dibandingkan dengan seks vaginal, seks anal memang agak jarang dilakukan. Pasalnya, melakukan seks anal menimbulkan banyak kekhawatiran dan ketakutan tersendiri bagi banyak orang. Untuk Anda yang penasaran dan ingin mencobanya dengan pasangan, ada berbagai cara seks anal yang bisa dilakukan dalam banyak posisi. Berikut ulasannya.

Berbagai cara seks anal yang aman

1. The mattherhorn

matterhorn

Posisi yang satu ini dilakukan dengan menaruh tumpukan bantal di depan dada perempuan. Nantinya, ia akan membungkuk di atas bantal dengan menaruh tangan di atas tumpukan bantal. Posisi ini dilakukan sambil berlutut dengan kaki yang dibuka selebar pinggul.

Pria kemudian memosisikan dirinya di belakang perempuan dengan posisi setengah berdiri. Dibandingkan dengan doggy style, posisi ini lebih membuat Anda dan pasangan menempel satu sama lain dan tak terasa pegal karena ada ganjalan bantal. Posisi ini juga memungkinkan sang pria untuk merangsang klitoris dengan mudah; baik dengan jari atau vibrator.

2. Spooning

spooning

Posisi spooning ternyata tak hanya berlaku untuk penetrasi vagina saja. Spooning juga bisa dilakukan saat Anda dan pasangan ingin melakukan seks anal. Caranya hampir mirip, Anda berdua perlu berbaring menyamping ke sisi yang sama. Kemudian, pasangan akan memasukkan penisnya perlahan-lahan dari arah belakang.

Menurut Jessica Drake, seorang pakar kesehatan seksual dari Amerika Serikat, posisi ini bisa menghilangkan tekanan yang datang dari kedua tubuh. Selain itu, posisi ini juga sangat cocok untuk merangsang klitoris agar pasangan bisa orgasme secara bersamaan.

3. Backdoor planking

backdoor planking

Tyomi Morgan, pakar seks asal Amerika Serikat, menyatakan Anda bisa mencoba seks anal dengan posisi backdoor planking. Teknik yang satu ini dilakukan dengan posisi wanita berbaring tengkurap dan pria berada di belakangnya.

Saat berbaring tengkurap, sang wanita perlu mengganjal dengan bantal tepat di atas perutnya. Dengan begitu, posisi bokong akan sedikit terangkat. Agar pria lebih mudah memasukkan penisnya, wanita perlu melebarkan kaki sehingga posisinya seperti mengangkang dari belakang.

Tips aman melakukan seks anal

cara pakai kondom

Apa pun posisi dan cara seks anal yang Anda coba jangan lupa untuk memerhatikan keamanan dan kenyamanan saat berhubungan. Pasalnya, seks anal berisiko tinggi menularkan penyakit kelamin jika dilakukan sembarangan. Ini karena lapisan kulit di bagian anus sangatlah tipis dan mudah robek. Oleh karena itu, penyebaran penyakit kelamin dari pasangan yang terinfeksi sangat mungkin terjadi.

Agar seks anal tetap aman dan menyenangkan, sebaiknya Anda melakukan berbagai hal berikut:

Menggunakan pelumas berbahan dasar air

Pelumas berbahan dasar air membantu mengurangi gesekan yang menyakitkan di bagian anus. Tak seperti vagina, anus tidak memiliki pelumas alami untuk membasahi permukannya. Pelumas membuat permukaan anus menjadi lebih licin sehingga mudah untuk dilewati.

Lantas, mengapa tidak yang berbahan dasar minyak? Ini karena minyak bisa merusak bahan lateks pada kondom. Oleh sebab itu, pelumas berbahan dasar minyak tidak cukup melindungi Anda dari risiko penyakit kelamin.

Di pasaran, ada pelumas khusus yang dijual untuk seks anal. Pelumas ini mengandung benzokain yang bisa mengurangi sensitivitas dubur. Dengan pelumas khusus ini, penetrasi menjadi lebih nyaman dan rasa sakit pun jauh lebih berkurang.

Menggunakan kondom

Jangan salah, kondom tak hanya digunakan untuk mencegah kehamilan. Akan tetapi, barang yang satu ini juga digunakan untuk mengurangi risiko penularan berbagai penyakit kelamin. Gunakan kondom berbahan lateks dengan ukuran yang pas. Tujuannya agar Anda tetap nyaman dan terlindungi dari berbagai masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

Lakukan secara perlahan-lahan

Seks anal perlu dilakukan secara perlahan-lahan. Jangan terburu-buru karena kulit di sekitar anus sangat tipis, sensitif, dan mudah robek. Oleh karena itu, nikmati saja prosesnya secara perlahan tanpa tergesa-gesa.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Perlu Fingering Sebelum Seks Anal?

Tergoda mencoba seks anal? Tunggu dulu. Jangan sampai Anda melewatkan sesi fingering, alias memasukkan jari ke dubur (anus) sebelum mulai seks anal.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 5 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit

Penyebab Anus Berdarah Saat Seks Anal

Seks anal butuh persiapan yang tidak main-main karena ada risiko anus berdarah selama permainan tengah berlangsung. Kok bisa anus berdarah saat seks anal?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 13 Januari 2019 . Waktu baca 3 menit

Apakah Normal Jika Tak Sengaja BAB Saat Seks Anal?

Seks anal bisa jadi alternatif "menu" menggoda buat pasangan yang suka berpetualang. Namun, apa jadinya jika tiba-tiba buang air besar saat seks anal?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 17 Desember 2018 . Waktu baca 4 menit

Apakah Harus Pakai Kondom Saat Fingering (‘Main Jari’ di Vagina)?

Teknik 'main jari' adalah salah satu cara yang paling tokcer membuat wanita orgasme. Namun kalau mau main aman, perlukah pakai kondom saat fingering?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Seks & Asmara 7 Desember 2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

air liur sebagai pelumas

Menggunakan Air Liur Sebagai Pelumas Seks, Aman atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2020 . Waktu baca 5 menit
efek samping kondom wanita

Efek Samping dan Kekurangan Menggunakan Kondom Wanita

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 7 Desember 2019 . Waktu baca 3 menit
sering pakai pelumas

Apakah Aman Pakai Pelumas Seks Sering-Sering?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 10 November 2019 . Waktu baca 4 menit
seks anal penyebab wasir

Apakah Seks Anal Bisa Menyebabkan Wasir?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 7 September 2019 . Waktu baca 3 menit