Kalau Terlambat Suntik KB, Apakah Bisa Hamil?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 09/05/2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Sama halnya dengan pil KB, maka KB suntik juga memengaruhi hormon dalam tubuh. Bedanya, pada KB suntik Anda tidak perlu suntik setiap hari sebagaimana pil KB. Meskipun demikian, sebagian pengguna KB suntik beralih ke alat kontrasepsi lain sebab lupa kapan terakhir suntik KB. Lalu, bagaimana jika sampai terlambat suntik KB dari jadwal seharusnya. Kalau sudah begini, apakah bisa hamil kalau telat suntik KB? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa yang terjadi saat melakukan suntik KB?

KB suntik adalah jenis kontrasepsi yang yang efektif untuk mencegah kehamilan. Di dalam suntikan KB terdapat hormon progestin yang mampu merekayasa kondisi hormon wanita sehingga kehamilan bisa dicegah.

Jika Anda ingin mencegah kehamilan menggunakan suntik KB, Anda perlu rutin melakukan suntik KB setiap 12 minggu atau bisa dikatakan dalam kurun waktu tiga bulan sekali. Rutin tandanya Anda sebaiknya tidak lupa hingga terlambat untuk melakukan suntik KB.

Dalam kurun waktu 12 minggu, suntik KB akan bekerja dalam menghentikan proses ovulasi (pelepasan sel telur). Disebabkan proses ovulasi berhenti selama 12 minggu, maka sperma yang masuk ke dalam saluran reproduksi wanita tidak akan bertemu dengan sel telur. Hal ini membuat kehamilan tidak terjadi.

Selama 12 minggu ini juga suntikan KB ini menyebabkan lendir di bagian serviks menebal sehingga sperma tidak bisa masuk lebih jauh ke dalam rahim. Selain itu, suntikan ini secara sementara juga menipiskan dinding rahim, sehingga dinding rahim tidak bisa dijadikan sebagai proses perkembangan embrio.

Itu artinya, walaupun sebelumnya telah terjadi pembuahan, maka embrio tidak dapat hidup di dalam rahim dan kehamilan pun tidak terjadi. Dengan tiga cara itu, suntik KB menjadi sangat efektif dalam mencegah kehamilan.

Sayangnya suntik KB memberikan beberapa efek samping seperti menstruasi tidak teratur, nafsu makan meningkat, sakit kepala, berat badan naik, peningkatan tekanan darah, dan pengeroposan tulang. Itulah mengapa penggunaan KB ini harus dalam pengawasan dokter.

Dilansir dari laman Healthline, jika Anda merasakan efek samping, ini artinya efek tersebut akan tetap ada sampai kandungan hormon yang disuntikan ini habis masa kerjanya di dalam tubuh, yakni selama 12-13 minggu setelahnya. Jika berhenti menggunakannya di tiga bulan sesudah suntikan pertama, maka efek sampingnya juga akan berangsur menghilang.

Mungkinkah saya hamil kalau terlambat suntik KB?

Lalu, bagaimana jika Anda lupa dan terlambat melakukan suntik KB? Salah satu hal yang mungkin terjadi jika Anda lupa dan terlambat untuk mendapatkan KB suntik adalah hamil. Ya, Anda mungkin saja mengalami kehamilan jika terlambat melakukan suntik KB, karena hormon yang membantu Anda mencegah kehamilan dari suntik KB sebelumnya mungkin telah habis.

Namun, tentu kemungkinan hamil karena terlambat suntik KB ini dengan catatan bahwa Anda telah melakukan hubungan intim dan tidak menggunakan alat kontrasepsi cadangan seperti kondom.

Salah satu kemungkinan yang akan terjadi jika Anda berhubungan seks dengan pasangan saat Anda terlambat mendapatkan suntik KB adalah Anda bisa hamil setelah 3-4 bulan tidak mendapatkan suntik KB. Akan tetapi, bagi beberapa wanita yang sudah 1-2 tahun tidak suntik KB, ada juga yang belum hamil lagi.

Artinya, efek terlambat dari mendapatkan suntik KB bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Namun, jika sudah lebih dari tiga bahkan empat bulan tidak mendapatkan suntik KB, Anda sudah dianggap terlambat dan suntik KB yang Anda dapatkan sebelumnya tentu sudah tidak mempan lagi. Dengan begitu, kehamilan mungkin saja terjadi.

Oleh sebab itu, jika Anda menggunakan KB suntik sebagai alat kontrasepsi Anda, sebaiknya ingat baik-baik jadwal suntik Anda secara rutin. Pastikan bahwa Anda tidak terlambat mendapatkan KB suntik karena fungsinya sebagai kontrasepsi bisa tidak bekerja dengan baik.

Dokter biasanya akan meminta Anda untuk melakukan tes kehamilan jika ternyata Anda sudah terlambat dua minggu tidak suntik KB dari jadwal seharusnya. Apalagi jika Anda telah melakukan hubungan seks dalam 120 jam terakhir.

Apa yang sebaiknya dilakukan jika terlambat suntik KB?

Jika Anda tergolong orang yang sibuk, banyaknya aktivitas tentu membuat Anda lupa dengan berbagai macam hal. Salah satunya, lupa jadwal suntik KB, sehingga terlambat suntik KB. Mungkin saja Anda sudah terlanjur berhubungan seks dengan pasangan, tapi lupa kapan terakhir suntik KB.

Saat menyadari hal tersebut, Anda tentu panik bukan kepalang. Hal ini disebabkan Anda merasa cemas bahwa Anda akan gagal menunda kehamilan, atau dalam kata lain Anda takut kebobolan hamil. Lalu, apa yang harus Anda lakukan jika Anda terlambat suntik KB?

Nah, untuk mengatasi masalah ini, hal yang pertama yang Anda harus lakukan mengingat kembali kapan terakhir kali melakukan suntik KB. Anda bisa melakukannya dengan cara memeriksa kembali jadwal suntik KB pada kalender, ponsel, atau jurnal suntik KB yang diberikan oleh dokter kepada Anda.

Untuk sementara waktu, sebaiknya Anda menggunakan kondom saat berhubungan seks dengan pasangan untuk perlindungan saat seks. Hal ini perlu Anda lakukan sampai Anda benar-benar bisa memastikan kapan terakhir kali Anda suntik KB.

Bahkan, jika Anda masih merasa ragu dan khawatir, akan lebih bijak jika Anda membicarakan dengan pasangan untuk menunda melakukan rutinitas berhubungan intim sampai Anda melakukan suntik KB selanjutnya di dokter kandungan.

Lalu, jika ternyata Anda memang terlambat suntik KB sekaligus sudah terlanjur berhubungan badan dengan pasangan Anda, salah satu pilihan yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi pil KB darurat. Ya, pil ini dapat membantu Anda mencegah kehamilan meski Anda mengonsumsinya setelah berhubungan intim.

Gunakan pil kontrasepsi darurat setelah melakukan hubungan seksual untuk mencegah terjadinya kehamilan, paling lama hingga 120 jam (5 hari) setelah berhubungan. Semakin lama Anda menunda minum kontrasepsi darurat, peluang kehamilan akan semakin besar.

Meski umumnya pil kontrasepsi 99% dapat mencegah kehamilan, menunda waktu untuk minum pil KB darurat saat Anda telat suntik KB, akan membuat peluang untuk hamil semakin besar. Bila Anda masih kurang yakin, segera lakukan konsultasi ke dokter kandungan. Dokter akan membantu Anda memilih tindakan selanjutnya yang lebih tepat.

Jika Anda sudah telat dua minggu atau lebih dari jadwal penyuntikan, dokter kandungan atau bidan biasanya akan meminta Anda untuk melakukan tes kehamilan. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak.

Apa yang harus dilakukan supaya tidak terlambat suntik KB?

Agar Anda tidak terlambat suntik KB, Anda harus membuat siasat jitu. Ada beberapa tips yang bisa Anda praktikkan agar Anda tidak mudah lupa melakukan suntik KB, seperti:

1. Tandai kalender Anda agar tidak telat suntik KB

Menandai kalender adalah cara termudah agar tidak mudah lupa  pada jadwal suntik KB yang bisa berakibat Anda terlambat melakukannya. Gunakan spidol atau pena yang warnyanya cerah, supaya memancing mata Anda untuk melihat kelender tersebut. Jika tidak ingin lupa, tandai kalender yang terpajang di rumah atau meja kerja Anda.

2. Pasang aplikasi pengingat

Sekarang ini, segalanya serba praktis. Jika Anda takut akan tetap lupa dengan menandai kalender, Anda bisa memasang pengingat di ponsel. Sudah banyak aplikasi gratis yang bisa Anda unduh supaya tidak lagi terlambat suntik KB.

3. Selalu simpan jurnal suntik KB di tempat yang mudah terlihat

Meletakkan jurnal suntik KB di tempat yang mudah terlihat, akan membantu Anda mengingat jadwal suntik KB.  Hal ini tentu juga membantu Anda agar tidak terlambat suntik KB. Umumnya, Anda meletakkan jurnal ini di laci meja rias dan Anda jarang sekali membukanya.

Supaya mudah dilihat, letakkan jurnal ini di sisi lemari pakaian Anda atau di atas meja sebelah tempat tidur Anda. Jika Anda bisa telaten menyimpannya dan selalu memeriksa jadwal suntik KB, Anda mungkin tidak akan telat melakukan suntik KB.

4. Beri tahu pasangan atau keluarga untuk mengingatkan Anda

Untuk berjaga-jaga, Anda bisa meminta pasangan untuk mengingatkan Anda. Ini sangat membantu Anda agar tidak telat suntik KB, sehingga bisa rutin dan tepat waktu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pilihan Kontrasepsi Non Hormonal yang Bisa Anda Gunakan

Tidak hanya KB hormonal, ada berbagai pilihan KB non hormonal yang juga tak kalah efektif dalam mencegah kehamilan. Ketahui pilihannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kontrasepsi, Hidup Sehat, Seks & Asmara 12/03/2020 . Waktu baca 6 menit

KB Suntik 1 Bulan, Apa Bedanya dengan KB Suntik Biasa?

Anda mungkin lebih akrab dengan KB suntik yang diberikan 3 bulan sekali. Namun, ternyata ada KB suntik yang diberikan 1 bulan sekali. Apa bedanya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kontrasepsi, Hidup Sehat, Seks & Asmara 09/03/2020 . Waktu baca 7 menit

KB Alami, Mencegah Kehamilan Tanpa Alat Kontrasepsi

Pernahkah Anda mendengar istilah KB alami? Ya, Anda memang bisa mencegah kehamilan secara alami tanpa bantuan alat. Tahukah Anda bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kontrasepsi, Hidup Sehat, Seks & Asmara 05/03/2020 . Waktu baca 8 menit

Belum Pernah Hamil, Amankah Bila Pakai KB Suntik?

KB suntik biasanya digunakan untuk menunda kehamilan pada wanita yang sudah pernah hamil. Mungkinkah bila KB suntik dipakai saat belum pernah hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kontrasepsi, Hidup Sehat 06/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

KB selama pandemi COVID-19

BKKBN Tekankan Pentingnya Program KB Saat Pandemi COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 16/06/2020 . Waktu baca 5 menit
kb suntik 3 bulan

Hal-hal yang Perlu Diketahui tentang KB Suntik 3 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 28/03/2020 . Waktu baca 7 menit
vasektomi dan tubektomi

Vasektomi dan Tubektomi, Sterilisasi untuk Mencegah Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 22/03/2020 . Waktu baca 6 menit
mencegah hamil setelah berhubungan

Mungkinkah Mencegah Hamil Setelah Berhubungan Seks?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 12/03/2020 . Waktu baca 6 menit