Mengenal Smegma, Bercak Putih di Vagina: Apakah Berbahaya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin terkejut ketika melihat ada noda bercak putih di vagina. Memang banyak yang mengira bahwa noda tersebut adalah jamur vagina, penyakit kelamin, atau cairan keputihan. Padahal, noda bercak putih di vagina yang Anda lihat adalah smegma. Smegma biasanya ditemui di penis laki-laki yang tidak disunat. Namun, memang tak menutup kemungkinan bahwa smegma juga muncul pada wanita. Yuk, pelajari seluk-beluk smegma dan cara membersihkannya berikut ini.   

Ciri-ciri smegma di vagina

Smegma atau bercak putih di vagina biasanya memiliki tekstur yang mirip keju atau bubur. Jadi tidak terlalu encer layaknya cairan keputihan. Warna smegma di vagina berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang sangat putih, tetapi ada juga yang warnanya lebih gelap.

Pada wanita, biasanya smegma berkumpul di area bibir vagina (labia) dan area klitoris. Selain itu, smegma mungkin mengeluarkan bau tak sedap yang cukup mengganggu.

Kalau smegma muncul pada area klitoris, Anda mungkin merasa vagina jadi lengket seolah bibir vagina dan klitoris saling menempel. Kadang, hal ini bisa menimbulkan rasa sakit atau bahkan luka. Apalagi kalau bercak putihnya sudah agak mengering.

Mengapa bisa muncul bercak putih di vagina?

Jangan khawatir, smegma merupakan keluhan yang cukup sering ditemui pada wanita. Pada dasarnya, munculnya smegma tidak membahayakan kesehatan Anda. Ini karena smegma sebenarnya adalah sisa-sisa dari pelumas alami vagina yang bercampur dengan keringat, sel kulit mati, dan sebum (minyak alami yang diproduksi kulit).

Hal-hal tersebut bisa menumpuk jadi satu bila Anda tidak membersihkan vagina secara menyeluruh. Akibatnya, tumpukan tersebut akan menyatu dan membentuk smegma di vagina.  

Akan tetapi, karena smegma cukup lembap, Anda jadi lebih rentan mengalami infeksi bakteri. Pasalnya, bakteri mudah berkembang biak di lingkungan yang lembap. Maka, meskipun tidak begitu mengancam kesehatan, Anda perlu membersihkan vagina secara rutin dan mencegah penumpukan smegma.

douching vagina

Cara membersihkan bercak putih di vagina

Untuk membersihkan noda bercak putih di vagina, segera basuh dengan air hangat sampai bercaknya terbilas bersih. Namun, ingatlah untuk tidak membersihkan area vagina Anda dengan sabun apa pun. Air hangat saja sudah cukup untuk membasuh bercak putih. Jika Anda pakai sabun kewanitaan atau sabun mandi, keseimbangan kadar bakteri baik di vagina akan terganggu. Akibatnya, bakteri jahat pun lebih mudah menyerang.

Bila rutin membasuh vagina dengan air hangat tidak mempan untuk membersihkan tumpukan smegma dan mengusir bau tidak sedap, segera hubungi dokter Anda.

Mencegah smegma muncul pada vagina Anda

Sementara itu, agar Anda bisa mencegah penumpukan noda bercak putih di vagina, pastikan Anda selalu membersihkan vagina dan rambut kemaluan Anda dengan air sampai benar-benar tuntas, terutama setelah berhubungan seks dan buang air kecil.

Setelah membersihkan vagina, jangan lupa keringkan area kewanitaan Anda. Selalu jaga agar area tersebut tetap kering, tidak lembap. Tepukkan handuk lembut atau tisu pada vagina, jangan digosok keras-keras karena bisa menimbulkan luka atau infeksi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ciri-ciri Infeksi Jamur di Mulut Anda

Infeksi jamur di mulut biasa disebut juga oral thrush atau kandidiasis. Simak penyebab, tanda dan gejala, serta cara pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 30 November 2020 . Waktu baca 9 menit

Menjaga Tekanan Bola Mata Sebagai Langkah Pencegahan Glaukoma

Tekanan bola mata tinggi adalah penyebab penyakit glaukoma Apa saja langkah pencegahan tekanan bola mata tinggi agar tak kena glaukoma?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Mata, Glaukoma 30 November 2020 . Waktu baca 6 menit

6 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Belum Anda Tahu

Meski bisa berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak, garam sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh manusia. Apa saja manfaat garam bagi kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 29 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Sederet Fungsi Vitamin B untuk Kecantikan

Kalau menyangkut kesehatan kulit dan rambut, vitamin E selalu jadi idola. Padahal vitamin B untuk kecantikan tak kalah pentingnya. Untuk apa?

Ditulis oleh: Tiara Putri
Hidup Sehat, Kecantikan 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

krim perontok bulu

Menggunakan Krim untuk Menghilangkan Bulu, Amankah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
tekanan darah normal berdasarkan usiaasarkan usia

Apa Perbedaan Tekanan Darah di Pagi, Siang, dan Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
fakta sarapan bubur ayam

5 Fakta Menarik Seputar Sarapan Bubur Ayam

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
mood swing saat menstruasi

Tips Mengendalikan Mood Swing Saat PMS

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 30 November 2020 . Waktu baca 4 menit