Berapa Lama Masa Pakai Menstrual Cup?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 25/04/2020
Bagikan sekarang

Menggunakan menstrual cup sebagai alternatif pembalut sekali pakai memang bisa menghemat biaya dan ramah lingkungan. Pasalnya, alat penampung darah ini bisa digunakan untuk jangka panjang. Namun, berapa lama masa pakai menstrual cup? Kapan waktu yang tepat untuk mengganti menstrual cup dengan yang baru?

Masa pakai menstrual cup yang disarankan

Menstrual cup merupakan alat berbentuk corong yang digunakan wanita saat haid atau menstruasi. Alat ini berukuran kecil dan umumnya terbuat dari silikon atau karet lateks serta bersifat fleksibel. Tidak seperti pembalut atau tampon, menstrual cup bekerja dengan menangkap dan mengumpulkan darah langsung di dalam vagina.

Salah satu kelebihan menstrual cup adalah umurnya yang panjang. Tidak seperti pembalut atau tampon yang sekali pakai, menstrual cup bisa dibersihkan untuk digunakan kembali pada waktu berikutnya. Oleh karena itu, menstrual cup dinilai lebih hemat biaya dan ramah lingkungan.

Healthline dan WebMD menyebut, masa pakai penggunaan menstrual cup yaitu sekitar 6 bulan – 10 tahun dengan perawatan yang tepat. Namun, beberapa merk merekomendasikan untuk mengganti menstrual cup setidaknya satu atau dua tahun sekali.

Selain memerhatikan masa pakai, penting juga untuk memperhatikan kondisi menstrual cup tersebut. Bila menstrual cup tampak rusak atau terdapat lubang di permukaannya, ada baiknya Anda segera menggantinya dengan yang baru.

Petunjuk menggunakan menstrual cup

Untuk memakai menstrual cup, Anda perlu melipat bagian atasnya dan memasukkannya ke dalam vagina. Anda pun mungkin perlu melumas menstrual cup terlebih dahulu dengan air agar mudah masuk ke vagina. Setelah 6-12 jam pemakaian, Anda harus melepaskannya dan membersihkan menstrual cup tersebut untuk dapat digunakan pada waktu berikutnya.

Oleh karena itu, menstrual cup disebut sebagai alat yang ramah lingkungan dan hemat biaya karena penggunaannya yang bisa untuk jangka waktu panjang. Tidak seperti pembalut atau tampon yang sekali pakai, yang mengeluarkan lebih banyak biaya dan menghasilkan sampah.

Meski bentuknya fleksibel, Anda tidak bisa sembarangan memilih menstrual cup yang akan digunakan. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum memilih menstrual cup yang tepat sesuai dengan diri Anda. Sebagai contoh usia, ukuran dan bentuk vagina, ukuran menstrual cup, bahan menstrual cup, apakah aliran darah Anda saat haid deras atau tidak, atau apakah Anda pernah melahirkan secara normal.

Dampak pemakaian menstrual cup yang tidak tepat

Menstrual cup memang sudah diakui aman secara medis. Namun, penggunaan menstrual cup yang tidak tepat dapat memberikan efek samping bagi para pemakainya. Dikutip dari Healthline, berikut dampak yang mungkin terjadi bila menggunakan menstrual cup secara tidak tepat.

  • Iritasi

Iritasi pada vagina dapat terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya, yaitu tidak melumasi menstrual cup terlebih dahulu dengan air sehingga menjadi sedikit perih dan tidak nyaman saat dimasukkan. Iritasi juga dapat terjadi ketika menstrual cup yang digunakan tidak sesuai ukuran atau tidak dibersihkan dengan benar sebelum digunakan.

  • Infeksi

Infeksi pada vagina  bisa terjadi ketika tangan Anda tidak bersih saat memasukkan menstrual cup. Bakteri yang ada di tangan Anda dapat berpindah ke menstrual cup sehingga kemudian dapat menginfeksi vagina Anda. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan tangan dan menstrual cup Anda dengan air dan sabun antibakteri sebelum digunakan.

  • Toxic shock syndrome atau TSS

Toxic Shock Syndrom (TSS) merupakan komplikasi yang disebabkan oleh infeksi bakteri staphylococcus atau streptococcus. TSS dapat terjadi bila ada goresan di dalam vagina akibat penggunaan tampon atau menstrual cup dan kemudian terinfeksi bakteri. Meski jarang terjadi, Anda tetap perlu menjaga kebersihan tangan dan menstrual cup untuk mencegah terjadinya TSS.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

Healthline. 2020. Are Menstrual Cups Dangerous?. [online] Available at: <https://www.healthline.com/health/menstrual-cup-dangers#cups-vs-pads-and-tampons> [Accessed 6 April 2020].

Healthline. 2020. Everything You Need To Know About Using Menstrual Cups. [online] Available at: <https://www.healthline.com/health/womens-health/menstrual-cup#advantages> [Accessed 6 April 2020].

WebMD. 2020. What’S A Menstrual Cup?. [online] Available at: <https://www.webmd.com/women/guide/menstrual-cup#1> [Accessed 6 April 2020].

SELF. 2020. 9 Questions You Might Have If You’Re Totally Baffled By This Whole Period Cup Thing. [online] Available at: <https://www.self.com/story/how-to-use-a-period-cup> [Accessed 6 April 2020].

 

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Cara Memakai dan Melepas Menstrual Cup

Tertarik menggunakan menstrual cup tapi masih takut? Jangan takut, memakai dan melepas menstrual cup dengan cara yang benar tidak seseram bayangan Anda kok.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

4 Tips Jitu Mencegah Selangkangan Menghitam Akibat Pakai Pembalut Wings

Selangkangan bisa hitam karena Anda terbiasa pakai pembalut bersayap alias wings. Baca dulu caranya mencegah selangkangan menghitam di sini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Benarkah Pil KB Meringankan Gejala PMS?

Pil KB digunakan untuk mencegah kehamilan, tapi disebut-sebut memiliki manfaat meringankan gejala pramenstruasi (PMS). Benarkah demikian?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari

Kok, Perut Kram Padahal Haid Sudah Selesai? Ternyata Ini Penyebabnya

Kram biasanya terjadi sebelum dan selama haid. Namun, jika Anda juga mengalami kram setelah haid, beberapa kondisi berikut mungkin menjadi penyebabnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

Menstrual Cup: Seperti Ini Cara Membersihkan dan Menyimpannya

Menstrual Cup: Seperti Ini Cara Membersihkan dan Menyimpannya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 09/01/2020
Jangan Salah Beli, Perhatikan 3 Hal Ini Saat Memilih Menstrual Cup

Jangan Salah Beli, Perhatikan 3 Hal Ini Saat Memilih Menstrual Cup

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 08/11/2019
Kapan Bisa Mulai Haid Lagi Setelah Aborsi?

Kapan Bisa Mulai Haid Lagi Setelah Aborsi?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 07/09/2019
Manfaat Olahraga Saat Haid Sekaligus Tips Menjalaninya dengan Nyaman

Manfaat Olahraga Saat Haid Sekaligus Tips Menjalaninya dengan Nyaman

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 21/07/2019