Panduan Cara Memakai dan Melepas Menstrual Cup

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 7 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Belakangan menstrual cup banyak dicari wanita untuk menggantikan fungsi pembalut sekali pakai. Selain lebih hemat, alat penampung darah haid ini juga dilirik karena sekaligus membantu meminimalisir jumlah sampah lingkungan. Namun, minimnya informasi soal menstrual cup membuat banyak wanita masih ragu-ragu untuk memakainya. Agar tak lagi bingung atau takut, yuk simak dulu cara memakai dan melepas menstrual cup.

Pakai menstrual cup, aman?

Ya. Menstrual cup sudah terbukti aman digunakan sebagai alternatif dari pembalut. Jadi, tak perlu takut untuk menggunakannya. Menstrual cup tidak akan membawa kerugian untuk Anda jika digunakan dengan benar.

Jika cara pakainya pun benar, Anda bahkan tidak merasa sedang memakai menstrual cup.

Cara memakai menstrual cup

Menstrual cup adalah alat berbentuk corong yang memiliki dua bagian utama; cangkir penampung dan batang tipis di bawahnya. Batang tipis tersebut akan memudahkan Anda menarik menstrual cup saat hendak dikeluarkan.

Sebelum menggunakannya, baca teliti dulu petunjuk cara pakainya yang disertakan dalam kemasan. Apalagi jika ini adalah kali pertama kalinya buat Anda. Kemudian, cuci dan sterilkan menstrual cup sesuai petunjuk yang tertera.

Setelah semuanya siap, cucilah tangan tangan dengan sabun dan air mengalir. Buka kaki selebar bahu, kemudian angkat satu kaki di dudukan toilet atau tepian bak mandi misalnya.

Cara memasukkan menstrual cup pertama-tama lipat bagian atas cangkir, kemudian dorong untuk memasukkannya ke dalam vagina. Jika mengalami kesulitan memasangnya sambil berdiri, cobalah berjongkok.

Gunakan pelumas berbahan air untuk membantu melumasi menstrual cup jika Anda baru pertama kali memakainya.

Jika cara di atas masih cukup sulit, cobalah beberapa trik di bawah ini:

C-fold atau U fold

Tekan sisi cangkir hingga bibirnya membentuk oval. Kemudian, lipat lagi bibir cangkir menjadi dua sehingga terlihat seperti huruf C atau U. Selanjutnya masukkan cangkir yang telah terlipat tadi ke dalam vagina secara perlahan.

Punch down fold

Letakkan jari di tepi atas cangkir kemudian dorong ke tengah sehingga membentuk seperti segitiga. Kemudian masukkan cup ke dalam vagina, pelan-pelan.

7 fold

Tekan badan cangkir dari kedua sisi sehingga bentuknya menjadi oval. Kemudian, lipat satu sisi ke bawah secara diagonal sehingga terlihat seperti angka 7. Setelah tepi cangkir masuk, dorong cangkir ke dalam vagina sampai seluruh cangkir dan batang berada di dalam.

Pakai cara yang mana pun, Anda selanjutnya harus memastikan cawan atau cup dalam keadaan terbuka setelah dimasukkan agar darah haid tidak bocor. Cara memastikannya adalah dengan pegang bagian pangkal cangkir kemudian putar satu lingkaran penuh secara perlahan.

Cara melepas menstrual cup

menstrual cup

Setelah tantangan memakainya terlewati, akan tiba tantangan lain yang perlu dihadapi untuk melepasnya. Bagi pemula, baik cara memakai atau melepas menstrual cup menjadi tantangan tersendiri yang kerap membuat ngeri.

Agar tak salah langkah, pertama posisikan dulu badan Anda seperti sedang berjongkok. Posisi ini akan memudahkan cangkir terdorong oleh otot-otot di vagina agar turun dan mudah diraih.

Kemudian gunakan telunjuk dan ibu jari untuk meraba ke dalam vagina guna mencubit batang cangkir. Setelah batangnya terpegang, tarik perlahan ke bawah sambil menjepit pangkal cangkir agar darah tidak tumpah.

Terkadang, menemukan batang cangkir tidak semudah kelihatannya apalagi di awal pemakaian. Namun kuncinya adalah tetap tenang dan ambil napas dalam. Jangan panik ketika Anda kesulitan melepasnya. Menstrual cup tidak akan hilang atau masuk terlalu dalam sampai ke rahim.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tak Kunjung Menstruasi Setelah Melahirkan, Apakah Normal?

Waktu ibu mendapatkan menstruasi pertama setelah melahirkan mungkin akan berbeda-beda. Kapan normalnya menstruasi setelah melahirkan terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Perawatan Ibu, Perawatan Setelah Persalinan, Kehamilan 5 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Jenis Olahraga yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi

Rutin olahraga saat menstruasi dapat meredakan berbagai gejala PMS yang menyengsarakan. Tapi tak semua olahraga baik dilakukan saat sedang haid.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Kesehatan Wanita, Menstruasi 1 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Haid Setelah Melahirkan: Berbagai Hal Penting yang Perlu Ibu Tahu

Haid setelah ibu melahirkan bisa berbeda dengan sebelum kehamilan. Lantas, kapan haid setelah melahirkan dan bagaimana siklus menstruasi seharusnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Melahirkan, Kehamilan 28 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Telat Haid

Telat haid atau datang bulan adalah kondisi yang terjadi ketika Anda melewatkan satu atau lebih siklus menstruasi. Cari tahu penyebabnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Wanita, Menstruasi 27 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit

Direkomendasikan untuk Anda

warna darah haid

Apakah Warna Darah Haid Anda Normal? Cek di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
membersihkan menstrual cup

Menstrual Cup: Seperti Ini Cara Membersihkan dan Menyimpannya

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 18 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
berhubungan saat haid

Sebelum Melakukannya, Perhatikan 3 Risiko Berhubungan Seks Saat Haid

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 11 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
menstrual cup atau pembalut

Berbagai Pertimbangan Sebelum Memakai Menstrual Cup

Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 9 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit