5 Penyebab Kenapa Anda Bolak-balik Kena Flu

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26/06/2019
Bagikan sekarang

Rata-rata orang sering terkena flu pada saat perubahan cuaca. Tapi nyatanya, tidak selalu demikian. Orang-orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat akan mudah menghalang penyakit-penyakit seperti flu ataupun sakit tenggorokan. Selain itu, masih ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan Anda jadi mudah terkena flu. Kenapa tubuh jadi sering terkena flu, ya? Mari simak penyebab-penyebabnya di bawah ini.

Penyebab Anda sering terkena flu

1. Makanan Anda masih tidak sehat

Jika Anda masih suka makan makanan yang tidak higienis, jajan di luar sembarangan hal itu memungkinkan Anda untuk sering terkena flu. Pola makan yang buruk juga meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Hal lain yang juga bisa berpengaruh adalah ketika Anda makan makanan yang tidak mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Karena pada umumnya kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh akan berbeda tergantug kelompok usia. Untuk terhindar dari flu dan berbagai penyakit lainnya, ada baiknya Anda makan makan seperti berikut ini:

  • Buah dan sayur
  • Daging yang mengandung protein rendah lemak
  • Batasi asupan lemak, sodium, dan gula harian
  • Kacang-kacangan atau biji-bijian

2. Tubuh Anda kurang vitamin D

Jika Anda sering sakit, Anda mungkin buth untuk meningkatkan asupan vitamin D. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa suplemen vitamin D mungkin membuat seseorang cenderung berisiko rendah terkena saluran pernapasan akut. Kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Tingkatkan asupan vitamin D Anda dengan makanan seperti ikan, kuning telur, dan jamur. Berada di luar, atau di bawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit, juga bisa menjadi cara ampuh untuk mendapatkan vitamin D untuk tubuh.

3. Dehidrasi

Setiap jaringan dan organ di dalam tubuh Anda bergantung pada cairan dalam tubuh. Cairan tubuh bisa membantu membawa nutrisi dan mineral, serta berfungsi menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan Anda tetap lembab. Sedangkan mulut, hidung, dan tenggorokan yang kering jadi mudah untuk terserang penyakit.

Dehidrasi ringan gejalanya sulit dikenali, tapi memang ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan. Contohnya kalau Anda sering kena flu, sakit kepala, nyeri dibagian tubuh tertentu, cepat lelah dan bahkan sampai sembelit atau susah BAB.

4. Kurang tidur

Sistem kekebalan tubuh akan  melepaskan hormon sitokin saat Anda tidur. Hormon sitokin merupakan bagian dari protein alami yang berfungsi melawan peradangan dan penyakit dalam tubuh.

Perlu diketahui juga kalau tubuh Anda membutuhkan lebih banyak protein sitokin saat Anda sedang sakit atau stres. Tubuh Anda tidak dapat memproduksi cukup protein pelindung jika Anda kurang tidur. Kalau Anda kurang tidur, berarti Anda menurunkan kemampuan alami tubuh untuk melawan infeksi dan virus.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara 7 dan 8 jam tidur setiap hari, sedangkan remaja dan anak-anak membutuhkan tidur 10 jam setiap hari.

5. Tangan tidak bersih

Menjaga kebersihan tangan itu wajib hukumnya, karena tangan yang kotor dan tidak bersih akan memicu banyak penyakit. Umumnya, tangan akan bersentuhan dengan banyak kuman sepanjang hari. Bila Anda tidak mencuci tangan secara teratur, lalu dengan tidak sadar menyentuhs wajah, bibir, atau makanan Anda sekalipun, Anda bisa menyebarkan penyakit. Anda juga akhirnya akan menginfeksi diri Anda sendiri.

Maka dari itu, mulai sekarang, terapkan cuci tangan tiga kali sehari menggunakan air dengan sabun antibakteri selama 20 detik. Bila air bersih dan sabun tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Kurma bukan satu-satunya buah yang baik dimakan saat berbuka puasa. Lihat berbagai pilihan lainnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020