Whey vs Soy: Sumber Protein Mana yang Lebih Ampuh untuk Membentuk Otot?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017
Bagikan sekarang

Makanan berprotein tinggi sering menjadi rekomendasi asupan utama bagi orang-orang yang ingin membentuk otot, bahkan hingga disarankan menggunakan suplemen protein. Kebanyakan suplemen protein diperkaya oleh dua jenis protein, yaitu soy dan whey. Keduanya sama-sama dibutuhkan tubuh, tapi manakah yang lebih baik untuk membentuk otot: protein whey atau soy?

Apa bedanya protein whey dan protein soy?

Sebenarnya, kedua jenis protein ini memiliki fungsi yang sama di dalam tubuh: untuk membangun dan membentuk jaringan, termasuk jaringan otot. Namun keduanya memiliki cara kerja yang berbeda di dalam tubuh.

Protein whey adalah protein yang didapatkan dari sumber makanan hewani dan banyak ditemukan pada susu serta produknya. Sementara protein soy ditemukan di dalam makanan nabati, seperti kacang-kacangan.

Karena didapatkan dari sumber yang berbeda, tentu bentuk protein whey dengan protein soy akan berbeda. Hal ini juga menyebabkan keduanya diserap dengan cara yang berbeda pula. Whey cenderung lebih mudah diserap dengan baik oleh tubuh ketimbang soy.

Protein whey atau protein soy, mana yang lebih baik untuk membentuk otot?

Sampai saat ini banyak yang menyatakan bahwa protein whey jauh lebih ampuh untuk membuat otot Anda terbentuk. Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Journal of the American College of Nutrition menyatakan bahwa whey memiliki rangkaian asam amino yang lengkap dan baik untuk membentuk otot.

Selain itu, dalam penelitian tersebut juga diketahui jika whey dapat menurunkan kadar kortisol yang dapat menurunkan massa otot. Sehingga sangat tepat jika Anda mengonsumsi protein jenis ini jika sedang berencana membesarkan otot.

Namun beberapa penelitian yang baru-baru ini dilakukan menyatakan bahwa manfaat protein soy terhadap pembentukkan otot tidak bisa diremehkan. Meski protein soy tidak memiliki rantai asam amino yang sempurna seperti protein whey, tetapi di dalam protein soy terdapat asam amino arginin dan glutamine.

Arginin merupakan asam amino yang berperan penting dalam membentuk jaringan otot. Begitu juga dengan glutamine yang dapat menurunkan kadar stres pada otot ketika melakukan olahraga – sehingga otot yang terbentuk lebih maksimal.

steroid untuk membesarkan otot

Apa yang harus saya pilih, protein whey ataukah soy?

Walau memang whey lebih terbukti lebih efektif untuk membuat otot Anda besar dan terbentuk, tetapi bukan berarti Anda bisa menghiraukan manfaat dari protein soy. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda dapat menggabungkan keduanya, yaitu mengonsumsi protein soy maupun whey.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan suplemen protein, Anda dapat memilih suplemen yang mengandung whey lebih banyak. Sementara, protein soy bisa Anda dapatkan dari makanan yang Anda konsumsi.

Tetapi ingat, mengonsumsi protein dalam jumlah banyak bukan lah kunci untuk mendapatkan bentuk otot yang Anda inginkan. Hal ini harus diiringi dengan latihan fisik yang rutin dan keras. Bila latihan fisik yang Anda lakukan tidak sebanding dengan protein yang Anda konsumsi, maka Anda akan sulit untuk mendapatkan bentuk otot yang ideal.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Kurma bukan satu-satunya buah yang baik dimakan saat berbuka puasa. Lihat berbagai pilihan lainnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020

7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

Jangan sampai karena puasa Anda jadi lemas, lesu, dan mudah sakit. Simak rutinitas yang bisa dilakukan agar tetap fit saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 09/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020