Pernah dengar salah satu cara diet yang mengharuskan Anda menghitung kalori semua makanan yang Anda konsumsi? Ya, penghitungan kalori makanan disebut-sebut dapat membantu Anda yang sedang dalam diet ketat. Tapi, tahukah Anda bagaimana cara menghitung kalori makanan yang tepat agar diet cepat berhasil dan dapat mencapai target yang diinginkan?

Kenapa perlu menghitung kalori makanan?

Memang, kunci utama dari segala jenis diet adalah pengaturan porsi, jadwal, serta jenis makanan yang akan dikonsumsi dan berolahraga rutin. Semua hal itu adalah hal yang paling dasar untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat diet cepat berhasil, misalnya dengan cara menghitung kalori makanan yang Anda makan.

Sebenarnya, metode ini sama saja seperti Anda membuat diari makanan setiap harinya. Ya, tujuan dari menghitung kalori makanan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran Anda terhadap apa yang Anda makan. Dengan mengetahui semua kalori dari makan yang Anda konsumsi, Anda bisa lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dimakan.

Yang harus dilakukan dan dihindari dalam menghitung kalori makanan

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, bila ingin menggunakan metode ini agar diet cepat berhasil. Sebab, salah-salah Anda justru bisa mengalami kenaikan berat badan. Tentu tak mau kan hal ini terjadi? Berikut adalah hal yang harus diperhatikan ketika menghitung kalori makanan.

  • Jangan hanya mengandalkan ingatan Anda saja. Mungkin Anda percaya bahwa ingatan Anda kuat dan bisa mengingat berapa kalori makanan yang telah dikonsumsi sebelumnya. Tetapi, sebaiknya memang Anda memiliki catatan khusus untuk itu.
  • Gunakan alat pencatat kalori. Anda tak memerlukan alat yang canggih hanya untuk mencatat kalori Anda, yang dibutuhkan hanyalah sebuah buku catatan kecil dan alat tulis yang bisa Anda bawa ke mana pun, sehingga memudahkan Anda dalam menghitung serta mencatat kalori.
  • Jangan menggunakan ukuran ‘kira-kira’ saja. Kelebihan asupan kalori bisa berasal dari perkiraan Anda yang selalu meleset. Banyak makanan yang justru Anda nilai kalorinya sedikit karena Anda tak menggunakan porsi aslinya. Hitunglah porsi menggunakan ukuran rumah tangga untuk memudahkan Anda, misalnya sendok makan, sendok teh, centong nasi, satu gelas belimbing, dan sebagainya.
  • kalori untuk menambah berat badanPakai timbangan makanan. Jika ingin lebih akurat, Anda bisa menggunakan timbangan makanan dalam menghitung kalori. Jadi, sebelum Anda mengonsumsi suatu makanan, timbang lah makanan tersebut sehingga mudah dikonversikan ke dalam kalori dan zat gizi lainnya. Anda bisa menggunakan alat konversi online untuk mengetahui kalori dari makanan Anda.
  • Jangan lupa untuk menghitung kalori makanan ringan juga. Sering kali Anda lupa bahwa Anda makan makanan kecil dan hal ini yang mungkin bisa membuat diet Anda gagal. Meskipun Anda ngemil dalam jumlah yang sedikit, tetapi tetap saja terkandung kalori di dalamnya. Anda juga bisa melihat informasi nilai gizi dari kemasan camilan yang Anda makan, sehingga Anda tak perlu repot untuk menghitungnya ulang.
  • Biasakan untuk langsung mencatat setelah mengonsumsi suatu makanan. Jangan menunda-nunda dalam mencatat kalori makanan yang akan atau telah Anda makan. Oleh karena itu, bawa buku catatan kecil ke mana-mana atau catat di gadget Anda terlebih dahulu.

Sebenarnya, tidak masalah jika anda menghitung kalori menggunakan cara manual dengan kertas dan alat tulis, atau memakai gadget. Hal yang terpenting adalah konsisten dalam menghitung kalori yang anda makan, apapun itu. Maka Anda akan cepat mendapatkan berat badan yang ideal.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca