3 Manfaat Minum Teh Thyme Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Menikmati teh di pagi atau sore hari memang menyenangkan. Nah, selain dengan daun teh biasa, Anda juga bisa menikmati teh dari rebusan daun thyme. Selain menghangatkan tubuh, minum teh thyme juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Manfaat minum teh thyme bagi kesehatan

Thyme adalah tanaman berdaun kecil berwarna hijau yang tumbuh subur di daratan Asia, Afrika, dan Eropa. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Thymus vulgaris yang sudah turun-temurun digunakan sebagai rempah dan obat-obatan. Tanaman ini memiliki aroma yang khas sehingga bisa menyedapkan makanan.

Thyme sengaja dibuat teh karena kandungan bahan aktifnya yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan minum teh thyme.

1. Kaya antioksidan

Radikal bebas, si penyebab kanker

Sama seperti teh, thyme juga mengandung senyawa antioksidan yang kuat yaitu thymol. Selain thymol, thyme juga dilengkapi dengan berbagai antioksidan lainnya, seperti flavonoid apigenin, naringenin, luteolin, dan thymonin.

Menurut studi pada jurnal Phytotherapy Research menyebutkan bahwa thymol dapat menyerap dan menetralkan radikal bebas. Khasiatnya ini mengurangi terbentuknya peradangan di tubuh akibat stres oksidatif.

Perlu Anda ketahui bahwa radikal bebas adalah zat yang bisa merusak sel, protein, DNA, dan mengganggu keseimbangan tubuh. Zat berbahaya ini dapat berupa polusi, asap rokok, atau sinar matahari.

Bila tubuh terus terpapar oleh radikal bebas, risiko berbagai penyakit dapat meningkat. Contohnya radang sendi, stroke, hipertensi, dan penyakit Alzheimer. Nah, dengan minum teh thyme, Anda bisa mendapatkan manfaat antioksidan ini pada tubuh.

2. Meredakan pilek dan batuk

penyebab batuk berdahak dan batuk kering

Selain thymol, tanaman thyme juga mengandung carvacrol. Keduanya merupakan bahan aktif yang bersifat ekspektoran.

Berdasarkan studi yang sama, sifat ekspektoran dari thyme dapat memecah lendir yang menyumbat saluran pernapasan. Jika thyme disajikan sebagai teh hangat, sensasi hangat dari air bisa meningkatkan kinerja antiseptik untuk memecah thyme.

Batuk dan pilek menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak lendir sehingga bisa menghambat saluran pernapasan, yakni di hidung atau tenggorokan.

Manfaat minum teh thyme ini akan semakin maksimal bila diminum obat yang mengandung ekspektoran. Anda bisa menikmati hangatnya teh ini saat sedang flu, pilek, atau sakit tenggorokan.

3. Berkhasiat menjaga kesehatan jantung

minum teh setelah makan

Pada penelitian berbasis hewan, pemberian ekstrak air thyme sebanyak 8 kali berturut-turut ternyata berhasil menjaga kolesterol dan tekanan darah tetap stabil serta mengurangi terbentuknya plak.

Semua potensinya itu dapat menurunkan risiko hipertensi dan penumpukan plak di pembuluh jantung (aterosklerosis). Meski begitu, butuh penelitian lebih lanjut pada manusia untuk mengetahui manfaatnya dengan tepat.

Cara membuat teh thyme di rumah

minum teh hijau

Untuk mendapatkan manfaat teh thyme ini, Anda bisa membuat teh ini di rumah. Anda hanya perlu membeli tanaman thyme yang kering di pasar atau toko. Kemudian, ikuti resep pembuatannya berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan

  • 4 sendok teh thyme kering
  • 4 gelas air ukuran 250 ml
  • Madu secukupnya
  • Beberapa batang kayu manis

Cara membuat

  • Panaskan air dalam wadah, biarkan hingga mendidih.
  • Setelah mendidih angkat air tersebut dan tambahkan semua bahan.
  • Tunggu hingga 15 menit kemudian saring rempah-rempah tersebut.
  • Teh sudah jadi dan siap Anda nikmati.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca