4 Manfaat Tulsi Alias Kemangi Suci Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Siapa yang tidak kenal dengan kemangi? Tanaman yang satu ini memang sering jadi pelengkap masakan lalap, contohnya pecel ayam atau ikan lele. Ternyata salah satu jenisnya, yaitu kemangi suci (tulsi) bermanfaat bagi tubuh. Loh, memangnya tulsi dengan kemangi biasa itu berbeda? Lantas, apa saja manfaat daun tulsi untuk kesehatan tubuh? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Beda kemangi biasa dengan daun tulsi

Sebelum membahas manfaat kemangi suci (daun tulsi), Anda perlu tahu perbedaan tanaman ini dengan kemangi biasa. Kemangi suci memiliki banyak sebutan, mulai dari tulsi, holy basil, hingga Ocimum sanctum. 

Tanaman obat ini memiliki daun yang kasar disentuh, tepinya berwarna kecokelatan, dengan gradasi warna kesuluruhan yang hijau keabu-abuan. Sementara kemangi biasa memiliki daun yang halus dan berwarna hijau tua. Bila diperhatikan, kemangi biasa memiliki daun berwarna putih sedangkan bunga tulsi berwarna ungu, seperti lavender.

Selain hijau keabuan, bagian batang kemangi suci kadang memiliki warna yang berbeda, bisa putih atau merah. Bila Anda cium baunya, kemangi suci akan beraroma manis. Beda dengan kemangi yang wanginya lebih kuat dan beraroma pedas. Bila kemangi biasa mudah ditemukan sebagai lalapan, tulsi lebih sering digunakan dalam masakan Thailand.

Manfaat daun tulsi (kemangi suci) untuk kesehatan

manfaat kemangi suci
Sumber: Organic India

Tahukah Anda kenapa tanaman ini dinamakan kemangi suci atau holy basil? Kata “suci” ditambahkan oleh umat Hindu sejak zaman dahulu karena manfaatnya dalam dunia pengobatan.

Menurut Ayurveda (ilmu kesehatan dari negara India), tulsi disebut juga dengan “The Incomparable One,” “Mother Medicine of Nature” dan “The Queen of Herbs”.

Berikut manfaat daun tulsi bagi kesehatan menurut penelitian yang diterbitkan pada Journal of Ayurveda and Integrative Medicine.

1. Berpontensi mengurangi stres fisik

Stres tidak hanya terjadi pada otak, tapi juga pada organ lainnya pada tubuh, contohnya otot. Bila otot digunakan secara terus-menerus, otot bisa stres dan rusak.

Bukan hanya itu paparan udara dingin juga bisa memicu terjadinya stres fisik.

Penelitian tersebut melaporkan manfaat daun tulsi dalam mengurangi stres fisik. Riset yang berbasis hewan ini memberikan tekanan, paparan kebisingan dan udara dingin.

Hewan tersebut kemudian diberikan ekstrak daun tulsi. Hasilnya menunjukkan bahwa kemangi suci mampu mengurangi efek stres fisik pada hewan dengan meningkatkan neurotransmitter dan respons imun.

2. Memiliki senyawa aktif yang berpotensi ampuh melawan infeksi

Studi ini juga melaporkan manfaat daun tulsi dalam melindungi tubuh dari infeksi. Tulsi memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur sehingga tanaman ini digunakan untuk memelihara hewan ternak.

Selain itu, tanaman ini juga dijadikan obat kumur herbal karena memiliki potensi untuk melawan bakteri Streptococcus yang menyebabkan kerusakan gigi. Keampuhannya sama dengan obat kumur.

Kombinasi dari zat aktif kemangi juga mendukung penyembuhan luka pada hewan, seperti halnya kerja obat aspirin, meloxicam, indometasin, dan serotonin.

3. Bersifat antidiabetes dan antiinflamasi

Manfaat daun tulsi selanjutnya adalah sifat antidiabetes yang dimilikinya. Sebuah percobaan berbasis hewan menunjukkan bahwa kemangi suci dapat mengurangi glukosa darah dan memperbaiki lipid (lemak) yang abnormal.

4. Berpotensi menjaga kesehatan mental

Manfaat daun tulsi yang diunggulkan lainnya adalah mendukung kesehatan mental. Kemangi suci memiliki senyawa aktif yang berpotensi mengurangi kecemasan dan stres di otak.

Berdasarkan studi, daun tulsi membantu mengurangi kecemasan dan stres dengan menenangkan sel-sel tubuh dan pikiran. Percobaan pada hewan menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki efek yang sebanding dengan diazepam, yaitu obat penenang.

Apakah manfaat daun tulsi juga berefek pada manusia?

Pada studi sebelumnya, manfaat tulsi baru diuji melalui hewan saja. Namun, studi terbaru pada jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine mengamati efek daun tulsi pada manusia.

Hasilnya, menunjukkan bahwa kemangi suci dapat dijadikan obat alternatif untuk membantu menormalkan kadar gula darah, tekanan darah, sistem imun, dan stres psikologis. Hanya saja, perlu peninjauan lebih lanjut karena penelitian tersebut masih berjangka pendek dan terbatas.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Khasiat Bawang Dayak dari Kalimantan yang Berpotensi Baik Buat Kesehatan

Manfaat bawang Dayak sudah sejak lama dibudidayakan untuk mengobati hipertensi dan diabetes. Namun, apakah klaim tersebut ada benarnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 27 Februari 2019 . Waktu baca 8 menit

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Daun Mint

Daun mint yang punya sensasi dingin menyegarkan ternyata punya banyak manfaat kesehatan. Katanya, bisa mengobati puting susu lecet. Penasaran apa lagi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 26 Februari 2019 . Waktu baca 5 menit

5 Tanaman Obat yang Mudah Dibudidayakan di Rumah, Plus Manfaatnya

Di Indonesia, tanaman obat alias tanaman biofarmaka lebih biasa dikenal dengan sebutan TOGA. Apa saja yang bisa ditanam sendiri di rumah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 29 Januari 2019 . Waktu baca 7 menit

Berkenalan Dengan Belladonna, Tanaman Beracun yang Bermanfaat untuk Tubuh

Belladonna dikenal sebagai tanaman beracun dan mematikan, namun ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk mabuk perjalanan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 13 Januari 2018 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat berkebun

5 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 31 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
manfaat temulawak untuk kesehatan obat

9 Manfaat Temulawak Sebagai Obat Alami

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 3 November 2020 . Waktu baca 13 menit
manfaat daun kemangi

Tak Hanya Nikmat Jadi Lalapan, Ini 5 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2019 . Waktu baca 6 menit
manfaat minyak kutus kutus

Benarkah Minyak Kutus Kutus Baik untuk Kesehatan? Cek Faktanya di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28 Februari 2019 . Waktu baca 9 menit