4 Fakta dan Mitos Seputar Vitamin yang Perlu Anda Tahu

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Vitamin adalah zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan fungsi tubuh normal. Beberapa vitamin berperan dalam berbagai reaksi kimia penting dalam tubuh. Tak heran, Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin Anda dengan cukup. Tapi, banyak beredar kabar selama ini seputar vitamin. Apakah itu mitos atau fakta, ya?

1. Kekurangan dan kelebihan vitamin sama-sama dapat membahayakan

Jawaban : Fakta.

Ya, kekurangan atau kelebihan asupan vitamin, keduanya dapat membawa masalah untuk kesehatan Anda. Contohnya saja kekurangan vitamin A dapat menyebabkan masalah mata, kekurangan vitamin B dapat menyebabkan beri-beri, dan masih banyak lagi. Sedangkan, kelebihan vitamin larut lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K, telah dikaitkan dengan masalah hati, tulang menjadi lemah, kanker, dan kematian dini.

Vitamin larut air pun dapat menyebabkan masalah pada kesehatan Anda. Misalnya saja, kelebihan vitamin B6 dapat menyebabkan kerusakan saraf, kelebihan vitamin B3 menyebabkan masalah hati, dan kelebihan vitamin C dapat menyebabkan diare dan batu ginjal.

2. Tubuh memerlukan suplemen vitamin

Jawaban: Mitos.

Anda mungkin takut bahwa Anda akan kekurangan vitamin dari asupan Anda sehari-hari, sehingga Anda memutuskan untuk minum suplemen atau pil vitamin. Namun, sebenarnya tidak semua orang membutuhkan suplemen vitamin tambahan untuk mencukupi kebutuhan vitaminnya sehari-hari.

Beberapa kalangan mungkin memerlukan suplemen karena berisiko untuk mengalami kekurangan vitamin, di antaranya adalah ibu hamil, wanita yang sedang berencana untuk hamil, orang dengan penyakit tertentu, dan orang yang menderita kekurangan vitamin. Sebelum Anda memutuskan untuk minum suplemen, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda.

3. Suplemen vitamin dengan harga mahal pasti bagus

Jawaban: Mitos.

Anda pasti sudah banyak melihat berbagai merek suplemen vitamin di pasaran dengan harga murah sampai mahal. Namun, kualitas vitamin belum tentu ditentukan berdasarkan harganya. Suplemen vitamin yang murah pun sudah bisa mencukupi kebutuhan vitamin Anda asal mengandung kombinasi vitamin yang pas. Saat memilih suplemen vitamin, sebaiknya lihat juga kandungannya dan sesuaikan dengan kebiasaan makan Anda. Suplemen juga biasanya ditujukan untuk dipakai oleh kelompok berbeda, seperti untuk kelompok pria, wanita, ibu hamil, anak-anak, dan lansia.

4. Suplemen vitamin dapat mengganti makanan

Jawaban: Mitos.

Bagi Anda yang tidak suka sayuran dan buah-buahan, mungkin Anda berpikir, “Tenang saja, kan ada suplemen vitamin.” Tapi, tahukah Anda bahwa suplemen vitamin tidak serta merta dapat melengkapi kebutuhan Anda akan nutrisi dari sayuran dan buah? Pola makan yang sehat adalah lebih dari sekadar asupan harian vitamin yang direkomendasikan. Artinya, Anda bisa mendapatkan lebih dari vitamin dengan mengonsumsi sayur dan buah setiap hari.

Selain vitamin, Anda juga bisa mendapatkan serat, mineral, protein dari biji-bijian, dan lemak sehat dari pola makan yang sehat. Jadi, suplemen apapun tidak bisa menggantikan nutrisi baik yang ada pada pola makan sehat. Ingat, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 5 porsi per hari guna mencukupi kebutuhan nutrisi Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Jenis Suplemen Penambah Energi yang Dapat Mendukung Stamina

Terkadang, Anda memerlukan tambahan energi untuk mendukung stamina tubuh. Apa saja jenis suplemen penambah energi yang dapat dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hidup Sehat, Tips Sehat 04/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Panduan Memilih Suplemen Vitamin agar Terlindung dari Infeksi Virus

Mencegah infeksi virus dapat dilakukan dengan memilih suplemen vitamin yang tepat. Namun, pemilihannya tidak boleh sembarangan. Berikut panduannya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Nutrisi, Hidup Sehat 24/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Apakah Vitamin Bisa Membantu Cegah Tertular COVID-19?

Dengan semakin banyaknya kasus positif COVID-19, penjualan suplemen dan vitamin ikut meroket. Tapi apakah konsumsi vitamin bisa cegah tertular COVID-19?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 18/03/2020 . Waktu baca 6 menit

Suplemen Vitamin untuk Bantu Mengurangi Stres

Ada beberapa suplemen vitamin yang direkomendasikan untuk mengatasi stres. Namun, tahukah Anda bagaimana cara kerjanya? Yuk, baca di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 15/12/2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

suplemen penambah berat badan

Selain Menambah Nafsu Makan, 3 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 09/05/2020 . Waktu baca 3 menit
vitamin c dan zinc untuk puasa

Dua Vitamin dan Mineral yang Paling Diperlukan Tubuh Selama Puasa

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 01/05/2020 . Waktu baca 4 menit
vitamin pencernaan anak

Vitamin Terbaik untuk Sistem Pencernaan Anak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020 . Waktu baca 6 menit
vitamin untuk anak balita

Kebutuhan Vitamin untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 13/04/2020 . Waktu baca 8 menit