4 Camilan Sehat yang Aman untuk Penderita DiabetesIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Siapa bilang pengidap diabetes tidak boleh ngemil? Diabetes tidak harus menghentikan Anda untuk makan makanan ringan di sela-sela jadwal makan utama Anda. Berusaha menjaga kadar gula tetap normal memang suatu keharusan, namun bukan berarti Anda menghindari camilan dan lebih memilih menahan rasa lapar, hal ini justru keliru. Anda hanya perlu memilih camilan yang tepat untuk diabetes.

Seperti apa camilan sehat untuk diabetes?

Sama seperti makanan utama, snack yang baik juga sebaiknya terdiri dari kombinasi karbohidrat, serat, lemak dan protein. Yang perlu diperhatikan adalah porsi atau takaran saji dari snack tersebut, jangan melebihi takaran saji yang diinformasikan. Nah, apa saja contoh camilan sehat untuk diabetes? Berikut beberapa snack dengan takaran yang pas dapat membantu para penderita diabetes menanggulangi rasa laparnya.

1. Yogurt dengan kismis

Siapkan setengah cangkir yogurt plain (tanpa rasa), dan taburi dengan sesendok kismis. Jika Anda menggunakan Greek yogurt, ini lebih baik lagi.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada Maret 2014, para peneliti di Yunani meneliti penderita diabetes yang rutin makan kismis, yang adalah makanan kaya antioksidan namun juga mengandung karbohidrat. Hasilnya, meski manis, kismis dalam jumlah secukupnya tidak akan meningkatkan gula darah, dan malah bisa menurunkan tekanan darah.

2. Popcorn

Popcorn juga bisa jadi camilan sehat untuk diabetes. Popcorn terbuat dari jagung yang kaya serat, rendah kalori dan bergizi. Jika dibuat tanpa tambahan mentega, popcorn bisa menjadi camilan sehat Anda.

Popcorn yang dimasak di kompor menggunakan minyak zaitun atau kanola tanpa perasa buatan jauh lebih sehat dan enak dibandingkan popcorn microwave. Caranya, tuangkan satu sendok makan minyak zaitun atau minyak kanola ke dalam panci, tunggu sebentar hingga panas, lalu tuangan jagung kernel ke dalam panci. Jangan lupa untuk menutup panci, lalu goyangkan panci beberapa saat sampai jagung meletus, buka tutup panci setelah semua jagung telah meletus.

Disarankan jangan memasak popcorn terlalu lama. Setelah semuanya matang, Anda bisa taburi seperempat sendok teh garam, seperempat sendok teh bubuk bawang putih, satu sendok makan keju parmesan parut. Camilan sehat untuk diabetes ini memiliki 40 kalori, 5,8 g (2%) karbohidrat, serat makanan 1,0 gr (4%), dan gula 0,1 gr dalam satu cangkirnya.

3. Apel dan keju

Pengidap diabetes tidak bisa makan buah sesuka hati mereka, karena buah tertentu mengandung gula yang tinggi. Saat Anda ingin menambahkan buah ke dalam menu harian Anda, pilihlah buah yang rendah gula, seperti melon dan apel, dan usahakan selalu pilih buah utuh yang lebih kecil, atau potong buah menjadi dua, atau beberapa bagian tergantung ukuran buah.

Anda bisa mencampurkan potongan apel dengan keju. Keju mengandung protein yang membantu menstabilkan gula darah, mengurangi rasa lapar, dan memberi kalsium pada tulang yang kuat. Potong satu apel ukuran kecil menjadi 4 irisan. Lalu, potong satu irisan keju yang rendah lemak menjadi empat bagian dan letakkan di potongan apel. Jangan terlalu banyak menambahkan keju, karena keju mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi.

4. Snack yang mengandung kedelai

Tahukah Anda mengonsumsi kedelai atau makanan yang mengandung kedelai sebelum makan besar bisa mengendalikan nafsu makan? Kedelai adalah makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga dicerna secara perlahan oleh tubuh dan membuat kenyang lebih lama.

Mengapa indeks glikemik rendah penting? Indeks glikemik (IG) adalah sistem peringkat makanan yang mengandung karbohidrat. Angka ini menjadi indikator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Makanan dengan indeks glikemik rendah tidak cepat meningkatkan gula darah jika dikonsumsi sesuai takaran saji. Mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai secara teratur memberikan dampak signifikan dalam membantu menjaga kadar gula darah dan membantu mengendalikan nafsu makan.

Tidak seperti camilan lainnya yang sedikit repot untuk membuatnya, Anda bisa memilih snack yang mengandung kedelai. Pilihlah yang terbuat dari kedelai ini memiliki indeks glikemik rendah, tinggi serat dan protein, sehingga cocok  sebagai snack sehat untuk diabetes.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca