Proptosis, Kondisi Ketika Mata Menonjol secara Abnormal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Mata menonjol atau proptosis bukanlah hal yang mudah untuk disadari. Apalagi jika penonjolan terjadi bersamaan pada kedua bola mata secara perlahan. Padahal, gejala menonjolnya bola mata keluar bisa jadi menandakan adanya kondisi kesehatan pada tubuh Anda. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu proptosis?

mata merah

Proptosis (exophthalmos) atau juga dikenal dengan mata menonjol adalah suatu kondisi yang menyebabkan mata menonjol dari soket (tempat bola mata bersandar) dan dapat terjadi pada satu atau kedua mata

Kondisi ini paling umum disebabkan oleh penyakit Graves, yang menyebabkan kelenjar tiroid terlalu aktif. Dikutip dari jurnal yang dipublikasikan di US National Library of Medicine, mata Anda disebut proptosis jika menonjol lebih dari 2 mm atau lebih besar. 

Jika Anda menderita proptosis, ada risiko kecil saraf optik Anda (yang mengirimkan sinyal antara mata dan otak) menjadi terkompresi, yang dapat memengaruhi penglihatan Anda secara permanen jika tidak ditangani dengan cepat. 

Apa saja gejala proptosis?

penyakit mata pada psoriasis

Berikut ini adalah gejala yang mungkin muncul jika Anda menderita proptosis:

Jika Anda menderita proptosis parah, Anda mungkin tidak dapat menutup mata dengan benar. Ini dapat merusak kornea (jaringan transparan yang menutupi bagian mata Anda) karena mengering. 

Jika karena Anda menjadi sangat kering, infeksi atau bisul dapat terjadi. Hal tersebut dapat merusak penglihatan Anda jika tidak segera ditangani. 

Segera hubungi dokter jika Anda melihat salah satu atau kedua mata Anda menonjol, terlebih jika Anda mengalami gejala di atas. Pengobatan yang dilakukan sesegera mungkin dapat membantu Anda mengatasi kondisi tersebut. 

Apa saja penyebab proptosis?

Mata yang terlihat seperti sedang melotot atau raut wajah yang terlihat seperti sedang marah merupakan keluhan yang sering terdengar pada orang yang memiliki kondisi mata menonjol atau proptosis mata.

Namun, perubahan raut wajah sebenarnya hanyalah sebagian kecil dari masalah yang ada. Sebab, penonjolan bola mata ini bisa jadi justru membawa kondisi kesehatan yang lebih serius daripada sekadar masalah ekspresi wajah. Kehilangan penglihatan bisa menjadi salah satu risiko yang perlu Anda waspadai.

Untuk mengetahui cara penanganan yang tepat, Anda harus terlebih dahulu mengetahui penyebabnya. Berikut adalah 4 penyebab yang harus diwaspadai.

1. Penyakit Graves

penyebab mata menonjol keluar

Penyebab mata Anda menonjol bisa jadi disebabkan oleh penyakit Graves. Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang kelenjar tiroid akibat sistem imun tubuh berbalik menyerang dirinya sendiri.

Proptosis mata akibat adanya gangguan pada hormon tiroid disebut juga exophthalmos/eksoftalmus.

Selain menyerang kelenjar tiroid, sistem imun juga menyerang daerah lemak dan otot di belakang bola mata. Akibatnya, terjadi pembesaran pada kedua jaringan tersebut dan membuat mata menonjol keluar.

Umumnya, kedua bola mata menonjol secara bersamaan disertai dengan tanda-tanda lainnya, seperti:

2. Tumor ganas atau jinak

kanker dan tumor

Terdapat berbagai jenis tumor yang dapat menyebabkan bola mata menonjol. Penonjolan umumnya terjadi pada salah satu mata secara perlahan. Beberapa jenis tumor tersebut antara lain:

  • Hemangioma. Tumor jinak yang terbentuk dari jaringan pembuluh darah. Pemeriksaan tambahan seperti USG atau CT-Scan diperlukan untuk memastikan ukuran tumor.
  • Leukemia akut tipe mieloid. Kanker darah yang dapat menyebabkan terjadinya penonjolan pada salah satu atau kedua bola mata karena adanya sel kanker, perdarahan di belakang bola mata, atau hambatan aliran darah vena. Penanganan dilakukan dengan mengatasi leukemia melalui tindakan kemoterapi.
  • Retinoblastoma. Kanker mata yang sering ditemukan pada anak-anak dengan gejala awal berupa warna putih pada daerah hitam mata (pupil). Proptosis bola mata merupakan tanda yang muncul belakangan dan umumnya memiliki angka kesembuhan yang lebih rendah.

3. Selulitis orbita

bercak merah pada mata

Selulitis orbita adalah peradangan yang terjadi pada bola mata dan organ-organ di sekitar mata. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh infeksi bakteri.

Selain mata yang menonjol, gejala lainnya biasanya berupa kemerahan pada kelopak mata, gangguan penglihatan yang cukup drastis, dan rasa nyeri hebat.

4. Benturan pada mata

Pukulan atau hantaman benda tumpul pada daerah mata dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada otot-otot bola mata, perdarahan di belakang bola mata, atau patahnya tulang-tulang penyangga bola mata. Hal ini akan menyebabkan bola mata menonjol.

Untuk mengetahui penyebab pastinya, Anda tentu harus berkonsultasi dengan dokter mata. Tak perlu menunggu sampai parah atau bahkan muncul proptosis mata, pemeriksaan secara rutin juga dapat membuat Anda dapat mengantisipasi kemungkinan yang bisa saja terjadi.

Apa saja pilihan pengobatan untuk mengatasi proptosis?

obat mata bintitan

Banyak gejala penyakit mata tiroid cenderung membaik seiring dengan berjalannya waktu. Namun, ada kemungkinan mata akan terus menonjol jika tidak ditangani dengan operasi. 

Beberapa orang dengan proptosis dibiarkan dengan masalah penglihatan jangka panjang, seperti penglihatan ganda. Namun, jika kondisinya didiagnosis dan ditangani dengan cepat, Anda cenderung tidak akan mengalami kehilangan penglihatan permanen. 

Jika penyebab proptosis adalah penyakit mata tiroid, pengobatan di bawah ini mungkin dapat membantu:

  • Obat untuk memperbaiki tingkat hormon tiroid dalam darah Anda. Pengobatan ini tidak selalu dapat memperbaiki masalah pada mata Anda, tetapi bisa menahan perkembangannya. 
  • Suntikan steroid ke pembuluh darah untuk membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan proptosis.
  • Pembedahan korektif yang dilakukan untuk memperbaiki penampilan mata setelah peradangan terkendali.

Selain itu, tergantung penyebabnya, pilihan pengobatan yang dapat mengatasi proptosis adalah:

  • Obat tetes mata untuk mengurangi kekeringan dan iritasi mata.
  • Lensa khusus untuk memperbaiki penglihatan ganda.
  • Radioterapi, kemoterapi, atau pembedahan untuk mengatasi proptosis yang disebabkan oleh tumor.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hati-hati, Penyakit Tiroid Pada Ibu Hamil Bisa Sebabkan Bayi Lahir Cacat

Gangguan pada kelenjar tiroid memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan. Pada wanita hamil, penyakit tiroid bahkan meningkatkan risiko bayi lahir cacat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Penyakit Tiroid, Health Centers 23 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Hipertiroid

Hipertiroid adalah kondisi kesehatan saat kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroksin. Temukan gejala, penyebab, dan pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 28 Oktober 2019 . Waktu baca 13 menit

Jenis Olahraga Apa yang Paling Cocok untuk Penderita Tiroid? Cek di Sini

Mengidap penyakit tiroid bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga. Nah, berikut ini beragam olahraga yang dapat penderita tiroid pilih.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Andini Anissa
Penyakit Tiroid, Health Centers 23 September 2019 . Waktu baca 4 menit

Selain Dingin, Ini 5 Kondisi yang Menyebabkan Badan Tiba-tiba Menggigil

Menggigil merupakan hal yang wajar bagi tubuh saat cuaca dingin. Tapi, bagaimana jika Anda mengalami badan tiba-tiba menggigil tanpa sebab yang jelas?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 21 Maret 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

praleukimia myelodysplastic syndrome (sindrom mielodisplasia)

Myelodysplastic Syndrome (Praleukemia)

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 9 November 2020 . Waktu baca 6 menit
kanker darah pada anak

Data Anak Penderita Kanker di Indonesia dan Pentingnya Menjaga Mental Mereka

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 7 Februari 2020 . Waktu baca 6 menit
penyakit tiroid stillbirth

Penyakit Hipertiroid Bisa Meningkatkan Risiko Stillbirth Alias Kematian Janin

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 8 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
cara mencegah hipertiroid

4 Cara untuk Menurunkan Risiko Hipertiroid (Kelenjar Tiroid yang Terlalu Aktif)

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2019 . Waktu baca 4 menit