Ketika berbicara mengenai fashion bagi wanita, tidak ada yang dapat mengalahkan sepasang high heels yang menawan. Ya, sepatu hak tinggi atau high heels akan membuat kaki Anda terlihat lebih panjang, tubuh terlihat lebih ramping, dan keseluruhan penampilan Anda menjadi lebih rapih. Sayangnya bagi beberapa wanita, hal itu juga membuat mereka tersiksa. Untuk memakai sepatu-sepatu ini dengan nyaman, Anda memerlukan strategi untuk membuat heels-nya bekerja untuk Anda, bukan melawan Anda. Lantas, bagaimana caranya?

Simak beberapa kiat berikut untuk memastikan sepatu high heels yang Anda gunakan tetap terlihat modis tanpa perlu menjerit kesakitan di dalam hati.

Tips nyaman pakai sepatu hak tinggi

1. Hindari pointed shoes alias sepatu dengan ujung jari runcing

Sepatu hak tinggi jenis ini akan menekan jari-jari kaki Anda bersamaan dan akan menimbulkan benjolan pada kaki atau bahkan cedera.

Selain itu, hindari juga sepatu yang memiliki heels sangat tipis karena sepatu ini memberikan tekanan yang besar untuk kaki Anda dan mata kaki Anda. Cara untuk mengetahui apakah jari kaki Anda memiliki ruang yang cukup adalah apabila jika Anda bisa menggoyangkannya dengan leluasa tanpa masalah.

2. Belilah ukuran yang tepat

Ini sudah jelas. Tetapi kapan terakhir kali kaki Anda diukur saat membeli sepatu? Para ahli sependapat bahwa kaki dapat membesar seiring dengan pertambahan usia, bahkan kondisi seperti kehamilan juga memengaruhi ukuran sepatu Anda.

Itulah mengapa sangatlah penting untuk mengukur kaki setiap saat membeli sepatu baru. Pastikan ada jarak antara jari terpanjang Anda dengan ujung sepatu, untuk memberikan ruang bagi jari kaki Anda. Untuk sepatu hak tinggi, hal ini berarti Anda harus mengambil ukuran yang lebih besar agar nyaman.

3. Ujung sepatu bulat adalah yang terbaik

Ya, sepatu hak tinggi model rounded-toed, alias sepatu berujung bulat memang memberikan ruang yang cukup untuk jari-jari kaki sehingga membuat kaki Anda berada pada posisi yang alami.

Selain menghindari sakit pada jari kaki terutama jempol, sepatu high heels model ini juga nyaman untuk dipakai sehari-hari. Beruntungnya model sepatu dengan ujung kaki bulat nampaknya selalu tren di setiap musim. Jadi, Anda pun tak akan kesulitan untuk menemukan sepatu hak tinggi model seperti ini.

4. Jangan gunakan yang terlalu tinggi

Anda dapat menggunakan heels dengan tinggi 2-5 cm yang masih cukup nyaman saat dikenakan. Hindari heels dengan tinggi 7-10 cm atau bahkan lebih, yang akan menempatkan tekanan pada mata kaki dan tulang di bagian depan kaki Anda.

5. Ukur lebar kaki Anda

Lebar kaki Anda tak kalah penting dari panjangnya. Banyak sepatu yang menggunakan lebar kaki standar. Tetapi jika Anda memiliki kaki yang lebih lebar, sepatu dengan lebar standar tidak akan membuat Anda nyaman.

Ketika Anda menemukan sepasang sepatu yang Anda suka, lihat apakah mereka memiliki lebar sepatu yang cukup; jika tidak, pembuat sepatu biasanya dapat melebarkan sepatu untuk memberikan ruang bagi kaki, meningkatkan kenyamanan pada kaki Anda.

6. Gunakan bantalan

Jika sepatu Anda kurang nyaman, saatnya mempertimbangkan bantalan. Banyak sepatu yang tidak menyediakan bantalan yang cukup pada bagian-bagian yang memerlukan bantalan, misalnya tepat di bawah mata kaki Anda.

Bantalan dapat menopang kaki dan membuatnya lebih nyaman, terutama ketika Anda menggunakan sepatu hak tinggi, di mana semua berat tertumpu pada bawah mata kaki Anda. Anda dapat membeli bantalan atau in-sole ini di beberapa toko sepatu atau di tempat reparasi sepatu.

7. Pakai secara bergantian

Menggunakan sepatu high heels selama seminggu berturut-turut dapat membuat kaki Anda terasa sakit. Untuk memberikan rasa nyaman, ganti-gantilah dengan sepatu flat atau sneakers.

Walaupun heels memperpanjang kaki Anda saat menggunakan rok, mereka tidak terlalu penting saat Anda memakai celana panjang, jadi berikan waktu istirahat untuk kaki Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca