7 Siasat Supaya Tetap Nyaman Berjalan dengan Sepatu Hak Tinggi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/01/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ketika berbicara mengenai fashion bagi wanita, tidak ada yang dapat mengalahkan sepasang high heels yang menawan. Ya, sepatu hak tinggi atau high heels akan membuat kaki Anda terlihat lebih panjang, tubuh terlihat lebih ramping, dan keseluruhan penampilan Anda menjadi lebih rapih. Sayangnya bagi beberapa wanita, hal itu juga membuat mereka tersiksa. Untuk memakai sepatu-sepatu ini dengan nyaman, Anda memerlukan strategi untuk membuat heels-nya bekerja untuk Anda, bukan melawan Anda. Lantas, bagaimana caranya?

Simak beberapa kiat berikut untuk memastikan sepatu high heels yang Anda gunakan tetap terlihat modis tanpa perlu menjerit kesakitan di dalam hati.

Tips nyaman pakai sepatu hak tinggi

1. Hindari pointed shoes alias sepatu dengan ujung jari runcing

Sepatu hak tinggi jenis ini akan menekan jari-jari kaki Anda bersamaan dan akan menimbulkan benjolan pada kaki atau bahkan cedera.

Selain itu, hindari juga sepatu yang memiliki heels sangat tipis karena sepatu ini memberikan tekanan yang besar untuk kaki Anda dan mata kaki Anda. Cara untuk mengetahui apakah jari kaki Anda memiliki ruang yang cukup adalah apabila jika Anda bisa menggoyangkannya dengan leluasa tanpa masalah.

2. Belilah ukuran yang tepat

Ini sudah jelas. Tetapi kapan terakhir kali kaki Anda diukur saat membeli sepatu? Para ahli sependapat bahwa kaki dapat membesar seiring dengan pertambahan usia, bahkan kondisi seperti kehamilan juga memengaruhi ukuran sepatu Anda.

Itulah mengapa sangatlah penting untuk mengukur kaki setiap saat membeli sepatu baru. Pastikan ada jarak antara jari terpanjang Anda dengan ujung sepatu, untuk memberikan ruang bagi jari kaki Anda. Untuk sepatu hak tinggi, hal ini berarti Anda harus mengambil ukuran yang lebih besar agar nyaman.

3. Ujung sepatu bulat adalah yang terbaik

Ya, sepatu hak tinggi model rounded-toed, alias sepatu berujung bulat memang memberikan ruang yang cukup untuk jari-jari kaki sehingga membuat kaki Anda berada pada posisi yang alami.

Selain menghindari sakit pada jari kaki terutama jempol, sepatu high heels model ini juga nyaman untuk dipakai sehari-hari. Beruntungnya model sepatu dengan ujung kaki bulat nampaknya selalu tren di setiap musim. Jadi, Anda pun tak akan kesulitan untuk menemukan sepatu hak tinggi model seperti ini.

4. Jangan gunakan yang terlalu tinggi

Anda dapat menggunakan heels dengan tinggi 2-5 cm yang masih cukup nyaman saat dikenakan. Hindari heels dengan tinggi 7-10 cm atau bahkan lebih, yang akan menempatkan tekanan pada mata kaki dan tulang di bagian depan kaki Anda.

5. Ukur lebar kaki Anda

Lebar kaki Anda tak kalah penting dari panjangnya. Banyak sepatu yang menggunakan lebar kaki standar. Tetapi jika Anda memiliki kaki yang lebih lebar, sepatu dengan lebar standar tidak akan membuat Anda nyaman.

Ketika Anda menemukan sepasang sepatu yang Anda suka, lihat apakah mereka memiliki lebar sepatu yang cukup; jika tidak, pembuat sepatu biasanya dapat melebarkan sepatu untuk memberikan ruang bagi kaki, meningkatkan kenyamanan pada kaki Anda.

6. Gunakan bantalan

Jika sepatu Anda kurang nyaman, saatnya mempertimbangkan bantalan. Banyak sepatu yang tidak menyediakan bantalan yang cukup pada bagian-bagian yang memerlukan bantalan, misalnya tepat di bawah mata kaki Anda.

Bantalan dapat menopang kaki dan membuatnya lebih nyaman, terutama ketika Anda menggunakan sepatu hak tinggi, di mana semua berat tertumpu pada bawah mata kaki Anda. Anda dapat membeli bantalan atau in-sole ini di beberapa toko sepatu atau di tempat reparasi sepatu.

7. Pakai secara bergantian

Menggunakan sepatu high heels selama seminggu berturut-turut dapat membuat kaki Anda terasa sakit. Untuk memberikan rasa nyaman, ganti-gantilah dengan sepatu flat atau sneakers.

Walaupun heels memperpanjang kaki Anda saat menggunakan rok, mereka tidak terlalu penting saat Anda memakai celana panjang, jadi berikan waktu istirahat untuk kaki Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bolehkan AHA BHA dan Vitamin C Digunakan Bersamaan?

AHA BHA dan vitamin C banyak ditemukan pada produk skin care. Tapi, apakah zat-zat tersebut aman untuk dikombinasikan? Simak ulasannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Hidup Sehat, Kecantikan 20/11/2019 . Waktu baca 4 menit

5 Cara yang Salah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Mengoleskan vitamin E bukannya menghilangkan bekas jerawat, tapi malah akan menghambat proses penyembuhannya, bahkan memicu dermatitis.

Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Penyakit Kulit, Jerawat, Health Centers 14/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Dua Metode Menghilangkan Noda Merah Bekas Jerawat

Saat jerawat hilang, bukan berarti masalah selesai. Masih ada noda merah yang mengganggu selama berminggu-minggu ke depan. Begini menghilangkannya.

Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Penyakit Kulit, Jerawat, Health Centers 14/11/2019 . Waktu baca 4 menit

7 Perawatan Kulit yang Ampuh Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Timbul bopeng bekas jerawat di wajah memang mengganggu penampilan. Tapi tenang, berikut cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang ampuh.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Penyakit Kulit, Jerawat, Health Centers 12/11/2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . Waktu baca 5 menit
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020 . Waktu baca 4 menit
cara pakai sheet mask

Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/01/2020 . Waktu baca 4 menit
skin care tidak bekerja

5 Hal yang Menyebabkan Rejime Skincare Anda Tidak Efektif

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/01/2020 . Waktu baca 4 menit