Ternyata Sering Bercinta Bisa Bikin Awet Muda. Ini Alasannya

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Benar tidak, katanya kalau sering bercinta bikin awet muda? Nah, sebuah penelitian dari Rumah Sakit Edinburgh Skotlandia menemukan, bahwa seseorang yang melakukan hubungan seks tiga kali seminggu dapat membuat dirinya terlihat hampir 30 tahun lebih muda. Hal itu disebabkan karena 3 faktor kuat yang mendasari, pola hidup yang sehat, genetiknya memang awet muda, dan karena sering bercinta secara teratur.

Kenapa sering bercinta bikin awet muda?

Berhubungan seks rutin dengan pasangan dengan penuh hasrat dan kasih menandakan bahwa Anda sedang dalam masa yang bahagia. Tentu saja kebahagiaan saat berhubungan seks itu dapat mengurangi tingkat stress serta kecemasan yang bisa menjadi sumber dan bibit penyakit kondisi tubuh yang tidak sehat. Nah, ketika sering bercinta itu akan membuat kesehatan  fisik dan mental Anda terjaga serta terlindungi.

Dari segi fisiologis, sering bercinta bikin awet muda juga memang memiliki alasan tertenu. Pelepasan hormon tubuh yang keluar ketika berhubungan seks akan melepaskan hormon testosteron dan hormon pertumbuhan yang akan membuat kulit bersinar serta mencegah jerawat akan tumbuh. Tetapi para ilmuwan juga percaya, bahwa ketika bercinta dengan pasangan, yang juga sebagai komitmen dalam menyalurkan kasih sayang, lebih besar efek awet mudanya daripada mereka yang melakukan hubungan seks tanpa ada rasa sayang.

Sering bercinta bikin awet muda, namun banyak juga beberapa manfaat lainnya

1. Seks membuat kulit Anda bercahaya

Rajin bercinta ternyata meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan dapat meningkatkan sirkulasi darah yang keduanya berkontribusi untuk memampilkan sinar dan kecerahan pada kulit Anda. Sering bercinta juga meningkatkan kadar estrogen pada wanita yang mencegah kulit kering berlebihan sehingga wanita terlihat tampak lebih tua.

2. Stess dan kecemasan berkurang

Sering bercinta nyatanya dapat mengurangi kadar stress dan cemas dalam tubuh. Berada di hubungan intim dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Ketika tubuh mengalami stress adalah penyumbang utama terjadinya penuaan dini. Selanjutnya, ketika sering bercinta dapat  melepaskan hormon seperti oksitosin dan dopamin yang dikenal berguna menurunkan tingkat stres.

3. Bercinta bikin otot dan tubuh sehat

Berhubungan seks dua kali seminggu juga menandakan bahwa tubuh Anda aktif secara fisik. Nah, selain itu ketika bercinta mengharuskan Anda untuk bergerak dan melakukan segelintir upaya yang melibatkan otot-otot Anda. Beberapa ahli juga menyatakan bahwa seks meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan manusia pada wanita yang dapat membantu mereka meningkatkan massa otot. Hal ini berlaku jika Anda sering berolahraga dan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi.

4. Ketika sering bercinta, kulit wajah Anda akan lebih sehat

Seks membantu menyeimbangkan kadar hormon dan dengan demikian juga mengurangi munculnya jerawat hormonal. Saat melakukan seks akan meningkatkan sirkulasi darah yang membantu kulit menghilangkan racun dan membantu kulit mendapatkan nutrisi. Lalu kadar imoglobin Anda juga akan meningkat, kadar imoglobin adalah sebuah antibodi yang dapat menangkal peradangan dalam tubuh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Nokturia, Penyebab Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Apakah di tengah malam, Anda lebih dari dua kali pergi untuk buang air kecil? Hati-hati, bisa jadi nokturia. Kenali penyebabnya!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Hati-hati, tidak menjaga kesehatan kandung kemih membuat Anda rentan kena berbagai gangguan sistem kemih seperti infeksi saluran kencing hingga kanker.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar, Wajarkah Bila Sakit?

Sebagian wanita mengeluhkan hubungan seks setelah operasi caesar terasa sakit. Benarkah demikian? Kemudian, apa yang harus dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Seks & Asmara 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ginseng Korea diyakini bisa mengatasi masalah pria, dari impotensi hingga ejakulasi dini. Tapi apakah manfaat ginseng ini sudah terbukti dan teruji klinis?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengobati infeksi saluran kencing obat cefixime antibiotik

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit
cara menghilangkan varises dengan skleroterapi

Sering Menggoyang-goyangkan Kaki Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 3 menit
sering kencing di malam hari

7 Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil yang Mengganggu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
penyebab infeksi saluran kencing

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit