7 Tips Hubungan Seksual yang Sehat dan Menyenangkan

    7 Tips Hubungan Seksual yang Sehat dan Menyenangkan

    Masih banyak yang beranggapan bahwa kegiatan hubungan seksual hanyalah wadah untuk menyalurkan hawa nafsu. Itulah mengapa sebagian orang masih melupakan faktor-faktor penting lainnya dalam aktivitas tersebut.

    Padahal, jika dilakukan dengan benar, hubungan intim yang sehat akan terasa lebih menyenangkan dan menjadi kegiatan yang dinanti-nanti. Ikuti tips di bawah untuk tahu cara sehat berhubungan intim dengan pasangan Anda.

    Cara sehat berhubungan intim bersama pasangan

    ide quality time bersama pasangan

    Bagi sebagian atau mungkin banyak orang, seks bukanlah suatu faktor yang berpengaruh pada kesehatan, melainkan hanyalah penyaluran nafsu birahi yang memang harus dilampiaskan.

    Ini mengakibatkan banyak orang mengeluhkan hubungan seks terasa melelahkan, tidak menyenangkan, dan bahkan memicu stres.

    Hal tersebut tentu sangat disayangkan, mengingat seks seharusnya menjadi kegiatan yang dilakukan dengan senang hati. Seks bisa menjadi momen untuk mempererat hubungan emosional antara Anda dan pasangan.

    Maka itu, agar Anda dan pasangan bisa melakukan hubungan intim secara sehat, aman, dan menyenangkan, berikut beberapa tips yang perlu Anda coba.

    1. Lakukan hubungan seks dengan konsensual (persetujuan)

    Mungkin ini adalah hubungan seks yang pertama kali bagi Anda dan pasangan. Sekalipun Anda sudah pernah berhubungan seks dengan pasangan sebelumnya, seks tetaplah hal yang sangat pribadi.

    Hanya Anda yang bisa memutuskan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Maka dari itu, jangan memaksakan diri bila Anda masih belum merasa nyaman dengan hal ini.

    Seperti yang sudah disebutkan, seks seharusnya menjadi pengalaman yang positif. Pastikan Anda berhubungan intim ketika sudah siap sehingga Anda bisa melakukannya dengan cara yang benar.

    Begitu juga dengan pasangan Anda. Tanyakan kepada pasangan tentang apa yang ia rasakan.

    Jika ia tidak yakin, hormati pilihannya dan jangan menekan atau membuatnya merasa bersalah karena menolak ajakan berhubungan seks.

    Termasuk bila pasangan Anda sedang mabuk, bukan berarti Anda bisa langsung melakukannya tanpa persetujuan pasangan. Ingat, hubungan seks harus dilakukan atas kemauan Anda dan pasangan.

    2. Gunakan alat kontrasepsi

    Selain menyiapkan mental, Anda juga harus siap akan segala kemungkinan dan risiko yang bisa terjadi setelah berhubungan intim.

    Kehamilan yang tidak diinginkan atau penularan penyakit seksual akibat hubungan seks tanpa pengaman dapat menghantui jika Anda tidak berhati-hati saat melakukannya.

    Menggunakan kondom merupakan salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari berbagai risiko tersebut.

    Kondom dapat mencegah masuknya sperma ke dalam tubuh, jadi risiko penularan penyakit atau kehamilan pun berkurang.

    Untuk memudahkan penggunaannya, gunakan pelumas berbahan air agar kondom tidak mudah pecah.

    Selalu pakai kondom yang baru setiap Anda berhubungan seks atau saat berpindah antara seks vaginal, anal, atau oral.

    3. Lakukan foreplay

    Tips selanjutnya yang tak kalah penting saat hubungan intim yakni melakukanmelakukan foreplay, sebab seks sejatinya bukan cuma penetrasi.

    Untuk menuju ke sana, perlu pemanasan yang cukup agar tubuh lebih nyaman dan suasana lebih terbangun.

    Dari segi fisik, wanita butuh banyak rangsangan sebelum proses penetrasi. Vagina harus terlubrikasi supaya penetrasi tidak menyakitkan dan wanita lebih mudah orgasme.

    Ini bisa dicapai saat foreplay dengan memberikan ciuman dan berbagai sentuhan pada area sensitif, misalnya klitoris dan sekitarnya.

    Tidak hanya wanita, pria juga butuh foreplay. Selain meningkatkan kepuasan saat orgasme atau ejakulasi, foreplay juga dapat mencegah sulit ereksi dan menambah durasi ereksi.

    4. Ketahui apa yang Anda dan pasangan inginkan

    suplemen vitalitas pria atau obat kuat

    Ketahui dan bicarakan apa pun yang Anda dan pasangan inginkan ketika berhubungan intim, ini termasuk preferensi gaya bercinta, fantasi seksual, serta topik pembicaraan sebelum melakukannya.

    Katakan pada pasangan mengenai daerah sensitif seksual Anda, bagian mana yang senang disentuh atau yang ingin dipuaskan.

    Lakukan hal serupa pada pasangan, cari tahu kesukaannya dan beri sentuhan sesuai yang diinginkan. Melakukan hubungan intim dengan cara seperti ini amat baik untuk kepuasan seksual Anda berdua.

    Untuk wanita khususnya, pria butuh arahan dalam membantu Anda mencapai orgasme, jadi jangan malu memberikan instruksi.

    Anda bisa memegang tangan pasangan dan mengarahkan ke bagian tubuh yang bisa memuaskan hasrat seksual Anda.

    5. Coba hal yang berbeda di ranjang

    Seks yang sehat kadang tidak melulu harus dilakukan secara monoton, entah dari gaya, penampilan, ataupun lokasi bercinta.

    Variasi dalam bercinta bisa menambahkan keintiman dan mengurangi rasa jenuh akibat posisi seks yang itu-itu saja.

    Jangan ragu-ragu melakukan eksplorasi dan mencoba hal-hal yang baru untuk memanaskan kegiatan di ranjang.

    Sesekali cobalah bercinta di tempat-tempat tak biasa seperti dapur atau kamar mandi. Anda juga bisa berpakaian seksi untuk menarik perhatian pasangan.

    6. Gunakan pelumas buatan

    Tak semua vagina wanita mampu menghasilkan pelumas alami dengan baik. Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi kondisi tersebut.

    Maka itu, cara yang bisa Anda coba untuk berhubungan intim dengan sehat dan nyaman yakni dengan memakai pelumas vagina tambahan.

    Vagina sebenarnya akan mengeluarkan cairan, tergantung bagaimana rangsangan itu dihasilkan. Jika vagina tidak menghasilkan cairan, mungkin itu akibat kurangnya foreplay atau rendahnya gairah seksual yang dihasilkan.

    Agar tidak mengecewakan pasangan, lebih baik gunakan pelumas daripada harus menahan rasa sakit dan menghasilkan orgasme palsu.

    Dengan memakai pelumas, penetrasi juga akan terasa lebih nikmat dan menyenangkan bagi Anda dan pasangan.

    7. Olahraga bersama pasangan

    olahraga untuk kanker

    Siapa bilang olahraga tidak berpengaruh terhadap performa bercinta Anda? Nyatanya, berolahraga dapat meningkatkan vitalitas dan fungsi seksual Anda.

    Pria yang lebih sering berolahraga bahkan terbukti memiliki risiko yang lebih rendah terhadap disfungsi seksual. Jadi, agar hubungan seksual lebih menggairahkan, mulailah rutin berolahraga.

    Selain menyehatkan, olahraga seperti lari, mendaki, bersepeda, atau sekadar push up dan sit up yang dilakukan bersama bisa menjadi momen untuk lebih merekatkan hubungan Anda dan pasangan.

    Tak hanya berolahraga fisik, organ vital pun bisa dilatih, lho. Sebagai contoh, bila Anda merasa otot vagina mulai kendur, Anda bisa mencoba latihan senam Kegel dengan dibantu pasangan.

    Itulah berbagai tips yang bisa bantu membuat hubungan seksual Anda dan pasangan lebih menyenangkan.

    Bila Anda masih mengalami kendala seperti nyeri saat berhubungan seks walau sudah berhubungan intim dengan cara yang benar, konsultasikan pada dokter.

    Kesimpulan

    Hubungan seksual yang sehat dan menyenangkan harus dilakukan dengan konsensual, aman dan nyaman, serta saling memerhatikan kebutuhan satu sama lain.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

    General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


    Ditulis oleh Winona Katyusha · Tanggal diperbarui 23/08/2022

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan