Apa Perbedaan Body Butter, Lotion, Cream untuk Perawatan Kulit?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan

Saat ini, banyak produk perawatan kulit yang dijual di pasaran. Jenisnya juga beragam, misalnya, ada body butter, lotion, cream. Sebenarnya body butter, lotion dan cream memiliki fungsi yang sama, yaitu melembapkan kulit. Namun, dengan banyaknya jenis produk pelembap kulit, wajar jika Anda merasa kesulitan untuk memilih produk yang tepat untuk perawatan kulit Anda.

Dr. Michelle Copeland, seorang ahli bedah plastik, mengatakan bahwa kita butuh dua jenis pelembap untuk menjaga kulit tetap sehat, yaitu humektan dan pelumas (unsur yang dapat menghidrasi kulit). Kedua unsur tersebut dapat kita temukan di body butter dan body lotion.

Tapi kini muncul satu produk perawatan kulit lain yang sejenis, yaitu body cream. Melihat begitu banyak produk perawatan kulit yang serupa, sebenarnya apa perbedaan body butter, lotion, cream? Seperti apa manfaat body butter, lotion, cream untuk kesehatan dan perawatan kulit? Oleh karena itu, kita harus mempelajari lebih banyak mengenai ketiga jenis perawatan kulit ini.

Apa itu body butter?

Menurut Jeffrie Ann Hall, seorang ahli estetika, pelembap yang dikenal sebagai body butter cenderung memiliki tekstur yang lebih berat, lebih lembap, dan lebih kental dibandingkan dengan lotion.

Faktor yang membuat body butter teksturnya lebih padat karena body butter tidak mengandung air. Body butter terbentuk dari minyak esensial dan butter. Ketika pelembap mengandung bahan-bahan pelumas, seperti butter, shea butter, dan minyak alami (minyak kelapa, minyak zaitun, dan jojoba), mereka akan melindungi kulit dengan menciptakan sebuah penghalang antara permukaan kulit dan unsur luar. Penghalang tersebut menyegel kelembapan serta melindungi kulit dari kotoran dan kerusakan.

Manfaat body butter

1. Menghidrasi kulit

Body butter akan membentuk penghalang yang akan menyegel kelembapan, sehingga kulit Anda terhidrasi dari segala kondisi cuaca. Banyak lotion akan mengering, karena mereka mendorong pembuangan air di kulit. Tekstur body butter yang kental dan bernutrisi merupakan solusi sempurna untuk kulit yang sangat kering.

2. Melembutkan kulit

Ketika kulit Anda kering, Anda dapat mengoleskan body butter ke seluruh tubuh setelah mandi. Body butter yang kaya akan minyak esensial dan butter akan melembutkan dan melembapkan kulit yang kering. Menggunakan body butter di malam hari akan membuat kulit Anda lebih lembut dan bersinar di pagi harinya.

3. Melindungi kulit dari unsur luar

Body butter dapat melakukan tugas ganda sebagai pelindung kulit. Bahan-bahan seperti minyak dan butter dapat mencegah racun yang berasal dari luar sekaligus menjaga kelembapan kulit. Beberapa body butter mengandung asam lemak esensial, atau vitamin A, C, dan E. Body butter yang memiliki kandungan tersebut akan melindungi kulit dari berbagai unsur, juga menjaga kulit agar tetap halus dan lembut.

4. Mencegah kapalan dan kutil

Anda juga dapat menggunakan body butter sebagai penghilang kapalan dan kutil di kaki. Caranya adalah dengan menggunakan body butter secukupnya di telapak kaki Anda setelah mandi, pijat perlahan, lalu gunakanlah sepasang kaus kaki yang tebal. Di pagi hari, gunakan pengikis kulit kapalan untuk menghapus kulit kering dengan lembut. Lakukan hal ini hingga kulit kering menghilang.

Apa itu body lotion?

Produk yang diklasifikasikan sebagai lotion biasanya memiliki tekstur lebih ringan, memiliki kandungan minyak yang lebih rendah, tidak melumasi kulit, dan mengakomodasi seluruh jenis kulit. Lotion mengandung lebih banyak air dibandingkan dengan body butter, bahkan beberapa ada yang mengandung 70 persen air.

Salah satu manfaat utama dari lotion adalah melestarikan kelembapan kulit yang telah dimiliki. Menurut Hall, alpha hydroxy dan asam hyaluronic yang merupakan humektan umum di lotion dapat membawa sumber air alami kulit dari dermis (lapisan tengah kulit) ke epidermis (lapisan luar kulit).

Manfaat body lotion

1. Mengikat kelembapan kulit

Lotion yang digunakan sehari-hari dapat menyegel kelembapan yang sudah ada di kulit Anda. Cuaca dingin adalah salah satu penyebab utama yang menjauhkan kulit dari kelembapan alaminya, sehingga menyebabkan kekeringan ekstrem. Menggunakan lotion sebelum terkena suhu yang dingin akan membantu mengunci kelembapan kulit dan melindunginya dari cuaca.

2. Menunda penuaan

Lotion yang baik akan melawan efek penuaan pada kulit, sering kali dengan bahan-bahan anti penuaan seperti hydrolyzed silk yang dapat meningkatkan elastisitas kulit yang mengendur seiring bertambahnya usia. Kulit yang lebih elastis akan tampak kencang dan memiliki keriput lebih sedikit.

3. Relaksasi tubuh

Manfaat lain penggunaan lotion setiap hari adalah membuat tubuh menjadi rileks. Aromaterapi telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kondisi emosional dan mental seseorang.  Aroma yang menyenangkan seperti lavender telah terbukti dapat menenangkan dan memberi kenyamanan. Dengan menggunakan lotion yang beraroma lavender, Anda akan dikelilingi oleh udara relaksasi.

4. Memperbaiki kulit kering

Lotion juga dapat memperbaiki kulit yang kering, namun jika Anda hanya memakainya sesekali saja, kulit akan kembali menjadi kering setelah beberapa waktu. Jika Anda memakai lotion setiap hari, Anda akan merasakan peningkatan pada kondisi kulit Anda, dan dalam beberapa waktu akan menjadi lembut dan halus. Maka, disarankan untuk memakai lotion sesering mungkin untuk menjaga kelembapan kulit lebih lama.

Apa itu body cream?

Berbeda dengan body lotion yang memiliki tekstur ringan, body cream teksturnya lebih lengket, agak berat dan padat. Menurut Skin Care Physician dalam website Livestrong dijelaskan, body cream mengandung campuran air dan minyak yang tinggi. Biasanya, komposisi air dan minyak di dalam body cream masing-masing 50 persen. Meski teksturnya berat, body cream justru mampu menjaga kelembapan kulit lebih lama dibanding body lotion sehingga kulit lebih terhidrasi. 

Manfaat body cream

1. Meningkatkan kelembapan kulit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, body cream memiliki tekstur yang lebih padat yang mampu meningkatkan kelembapan kulit. Body cream sangat cocok digunakan ketika udara sedang sangat kering atau di dalam ruangan berpendingin yang bisa membuat kulit menjadi pecah-pecah.

Bila Anda akan berpergian ke luar negeri ketika sedang musim dingin, body cream sangat direkomendasikan untuk diaplikasikan pada kulit karena cuaca dingin cenderung membuat kulit lebih kering.

2. Fokus melembapkan kulit yang sangat kering

Bila Anda terganggu dengan tekstur krim yang padat dan tidak ingin memakai di seluruh badan, Anda bisa memakainya untuk area yang kering. Misalnya, kulit di area siku, sela-sela jari tangan dan kaki, atau lutut. Body cream memilik formula yang sangat baik untuk menghindrasi kulit, terutama di area kulit yang sangat kering bahkan sampai pecah-pecah.

3. Cocok dipakai di malam hari sebelum tidur

Berbeda dengan lotion yang teksturnya ringan dan bisa dipakai di siang hari, body cream disarankan untuk diaplikasikan ketika malam hari sebelum tidur. Ini karena tekstur body cream yang padat, bila dipakai di siang hari dengan matahari terik, teksturnya akan sangat lengket dan mengganggu kenyamanan. Terlebih, Indonesia adalah negara tropis yang mataharinya cukup terik.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Agustus 2, 2016 | Terakhir Diedit: November 13, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca