Penyebab Wajah Berjamur dan Langkah-langkah Mengobatinya

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14/05/2020
Bagikan sekarang

Infeksi jamur bisa menyerang bagian mana saja dari tubuh Anda — mulai dari vagina, penis, mulut, hingga kuku tangan dan kaki. Satu area tubuh yang juga tidak luput dari jajahan jamur adalah wajah. Apa tandanya kalau wajah jamuran, dan bagaimana mengatasinya?

Dua jenis infeksi jamur pada wajah

Infeksi jamur pada wajah ada dua jenis, yaitu tinea faciei dan tinea barbae. Yang menjadi perbedaan adalah lokasi infeksinya.

Infeksi tinea faciei hanya terbatas pada daerah wajah yang tidak berambut, misalnya pipi, dahi, serta batang hidung dan sekitarnya. Pada infeksi tinea barbae, infeksi lebih umum menyerang daerah yang berambut, seperti daerah kumis dan jenggot.

Apa penyebab wajah jamuran?

Spesies jamur yang paling umum menginfeksi wajah adalah Microsporum canis, Tricophyton mentagrophytes, dan Tricophyton rubrum. Jenis jamur ini biasanya ditularkan melalui binatang-binatang peliharaan di rumah. Binatang yang dapat memperantarai penyebaran penyakit ini ke manusia umumnya adalah binatang pengerat seperti hamster, marmut, tikus, dan juga binatang-binatang lain seperti kelinci, anjing, kucing, sampai kuda.

Tetapi, infeksi juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan orang lain yang mengalami infeksi jamur.

Apa tanda dan gejala infeksi jamur pada wajah?

Tanda dan gejala wajah jamuran umumnya hampir mirip dengan gejala infeksi jamur pada kulit area lainnya — yaitu berupa bercak-bercak kulit kemerahan yang biasanya kasar, berkerak atau ‘beruntusan’, dan dikelilingi oleh bintil atau krusta (luka basah yang sudah mengering). Tanda lainnya yang mungkin timbul adalah tektur kulit yang tidak rata, sedikit meninggi pada tepi bercak. Bercak ini biasanya berbentuk anular atau melingkar.

Selain itu, infeksi jamur juga menyebabkan rasa gatal dan panas pada daerah yang terinfeksi. Gejala ini bisa makin parah ketika terpapar sinar matahari.

Infeksi jamur paling sering menyerang di daerah pipi, selain itu dapat juga menyerang bagian hidung, sekitar mata, dagu, dan dahi. Infeksi ini juga dapat menyerang beberapa area sekaligus.

Bagaimana cara menyembuhkannya?

Bila Anda atau kerabat dekat Anda memiliki wajah jamuran, segeralah ke dokter untuk diobati, Penobatan infeksi jamur pada wajah biasanya berupa salep atau krim antijamur. Jika infeksi sudah sangat menyebar, dokter dapat meresepkan obat antijamur yang diminum.

Bagaimana cara mencegah supaya wajah tidak jamuran?

Pencegahan infeksi ini dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan sekitar. Rajinlah cuci muka dua kali sehari. Jangan lupa juga untuk rutin mengganti sarung bantal, sarung guling, selimut, dan seprai Anda.

Selain itu, jika Anda punya binatang peliharaan, jangan lupa untuk merawat kebersihannya. Pastikan si Manis di rumah selalu di-groom dan rutin diperiksakan ke dokter untuk memastikan ia tidak membawa penyakit. Jika peliharaan Anda sakit, pisahkan ia sementara dari orang-orang rumah agar tidak menyebabkan penularan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Masalah Kesehatan yang Dapat Muncul Jika Tembok Rumah Anda Berjamur

Tidak hanya mengganggu pandangan, ternyata ada bahaya dari tembok rumah yang berjamur dan bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda. Apa saja efeknya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

5 Cara yang Salah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Mengoleskan vitamin E bukannya menghilangkan bekas jerawat, tapi malah akan menghambat proses penyembuhannya, bahkan memicu dermatitis.

Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team

3 Tanda Utama yang Terlihat Ketika Kulit Terlalu Sering Dieksfoliasi (Scrubbing)

Eksfoliasi berlebihan tidak ada manfaatnya untuk kulit, malah justru memicu masalah baru. Kenali tanda saat Anda sudah melakukan eksfoliasi terlalu sering.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Hobi Pakai Sneakers? Yuk, Kenali Cara Menghalau Munculnya Jamur di Kaki

Pakai sneakers memang akan membuat tampilan lebih menarik. Namun, sneakers berisiko menimbulkan jamur di kaki. Bagaimana cara mencegah dan mengatasinya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Direkomendasikan untuk Anda

obat untuk infeksi jamur kulit

Cara Memilih Obat untuk Kulit yang Gatal Karena Infeksi Jamur Kulit

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020
obat alami oral thrush

Pilihan Obat Alami Oral Thrush atau Infeksi Jamur di Mulut

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 20/04/2020
asam lemak untuk wajah

Sebenarnya, Perlukah Pakai Asam Lemak Esensial untuk Merawat Wajah?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 01/12/2019