Lutut Menghitam Setelah Liburan, Bisakah Cerah Kembali dengan Baking Soda?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Selain siku dan ketiak, lutut merupakan area kulit yang amat sulit dicerahkan. Terutama bila Anda banyak menghabiskan waktu liburan di bawah teriknya sinar matahari. Ada sejumlah bahan yang kerap digunakan untuk mencerahkan lutut setelah berlibur, salah satunya baking soda. Apakah cara ini terbukti efektif?

Mengapa baking soda digunakan untuk mencerahkan lutut?

osteoarthritis lutut

Warna kusam pada lutut setelah liburan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, kulit lutut mengalami hiperpigmentasi, yakni kondisi ketika kulit memproduksi pigmen melanin secara berlebihan. Semakin banyak pigmen melanin, semakin gelap warna kulit.

Kedua, lutut sering terkena sinar matahari selama Anda berlibur. Melansir laman UCSB Science Line, sinar matahari dapat merusak DNA tubuh. Kulit pun melindungi diri dengan memproduksi lebih banyak melanin. Dampaknya, lutut tampak semakin gelap.

Jika warna hitam pada lutut Anda disebabkan oleh kedua faktor tersebut, baking soda mungkin tidak cukup ampuh untuk mengatasinya. Namun, ada penyebab ketiga dari lutut hitam yang bisa diatasi dengan baking soda, yakni penumpukan sel kulit mati.

Lapisan teratas kulit terisi oleh sel-sel kulit mati yang seharusnya mengelupas dengan sendirinya. Akan tetapi, lapisan kulit mati terkadang juga dapat menumpuk sehingga membuat kulit lutut tampak kusam dan gelap.

Untuk mengatasinya, banyak orang biasanya menggunakan eksfoliator seperti scrub dalam produk perawatan kulit, atau bahkan baking soda. Eksfoliator adalah berbagai bahan yang mampu membersihkan lapisan kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah.

Cara kerja baking soda untuk mencerahkan lutut

baking soda untuk rambut

Baking soda dinilai sebagai eksfoliator ampuh bagi lutut karena mengandung natrium bikarbonat yang bersifat abrasif bagi kulit. Artinya, senyawa ini mampu mengikis bagian tertentu pada kulit, termasuk lapisan kulit mati yang seharusnya mengelupas.

Selain itu, baking soda juga bisa mencerahkan kulit dengan cara menetralisasi pH kulit. Kulit terlindungi oleh lapisan pelindung yang disebut acid mantle. Lapisan ini membuat pH kulit menjadi agak asam, yakni sekitar 4,5 hingga 5,5.

Sementara itu, baking soda memiliki pH sebesar 9. Baking soda akan menetralisasi pH acid mantle dan menghilangkan lapisan ini. Jika acid mantle menghilang, debu, kotoran, dan minyak berlebih yang menempel di dalamnya juga akan luruh.

Apakah baking soda aman digunakan untuk kulit?

natrium bikarbonat

Baking soda memang dapat mencerahkan kulit lutut yang gelap setelah liburan, tapi cara ini tidak dianjurkan. Meskipun bermanfaat, eksfoliasi secara berlebihan justru bisa menyebabkan kemerahan, sensasi terbakar, peradangan, hingga kerusakan pada kulit.

Perubahan pH kulit juga bisa mengakibatkan kulit kering, iritasi, serta hilangnya minyak alami yang diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit.  

Alih-alih menggunakan baking soda, cobalah memilih eksfoliator yang lebih aman untuk mencerahkan kulit lutut. Bila kulit Anda normal dan tidak mudah mengalami iritasi, Anda dapat menggunakan eksfoliator mekanik seperti scrub, spons, ataupun sikat.

Sebaliknya, pemilik kulit sensitif bisa memilih eksfoliator kimiawi seperti AHA dan BHA, asam salisilat, atau glycolic acid. Gunakan eksfoliator dengan rutin hingga hasilnya terlihat. Jika terdapat gejala iritasi, hentikan pemakaian produk dan konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 7, 2020 | Terakhir Diedit: Januari 2, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca