Lutut Menghitam Setelah Liburan, Bisakah Cerah Kembali dengan Baking Soda?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 07/01/2020
Bagikan sekarang

Selain siku dan ketiak, lutut merupakan area kulit yang amat sulit dicerahkan. Terutama bila Anda banyak menghabiskan waktu liburan di bawah teriknya sinar matahari. Ada sejumlah bahan yang kerap digunakan untuk mencerahkan lutut setelah berlibur, salah satunya baking soda. Apakah cara ini terbukti efektif?

Mengapa baking soda digunakan untuk mencerahkan lutut?

osteoarthritis lutut

Warna kusam pada lutut setelah liburan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, kulit lutut mengalami hiperpigmentasi, yakni kondisi ketika kulit memproduksi pigmen melanin secara berlebihan. Semakin banyak pigmen melanin, semakin gelap warna kulit.

Kedua, lutut sering terkena sinar matahari selama Anda berlibur. Melansir laman UCSB Science Line, sinar matahari dapat merusak DNA tubuh. Kulit pun melindungi diri dengan memproduksi lebih banyak melanin. Dampaknya, lutut tampak semakin gelap.

Jika warna hitam pada lutut Anda disebabkan oleh kedua faktor tersebut, baking soda mungkin tidak cukup ampuh untuk mengatasinya. Namun, ada penyebab ketiga dari lutut hitam yang bisa diatasi dengan baking soda, yakni penumpukan sel kulit mati.

Lapisan teratas kulit terisi oleh sel-sel kulit mati yang seharusnya mengelupas dengan sendirinya. Akan tetapi, lapisan kulit mati terkadang juga dapat menumpuk sehingga membuat kulit lutut tampak kusam dan gelap.

Untuk mengatasinya, banyak orang biasanya menggunakan eksfoliator seperti scrub dalam produk perawatan kulit, atau bahkan baking soda. Eksfoliator adalah berbagai bahan yang mampu membersihkan lapisan kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah.

Cara kerja baking soda untuk mencerahkan lutut

baking soda untuk rambut

Baking soda dinilai sebagai eksfoliator ampuh bagi lutut karena mengandung natrium bikarbonat yang bersifat abrasif bagi kulit. Artinya, senyawa ini mampu mengikis bagian tertentu pada kulit, termasuk lapisan kulit mati yang seharusnya mengelupas.

Selain itu, baking soda juga bisa mencerahkan kulit dengan cara menetralisasi pH kulit. Kulit terlindungi oleh lapisan pelindung yang disebut acid mantle. Lapisan ini membuat pH kulit menjadi agak asam, yakni sekitar 4,5 hingga 5,5.

Sementara itu, baking soda memiliki pH sebesar 9. Baking soda akan menetralisasi pH acid mantle dan menghilangkan lapisan ini. Jika acid mantle menghilang, debu, kotoran, dan minyak berlebih yang menempel di dalamnya juga akan luruh.

Apakah baking soda aman digunakan untuk kulit?

natrium bikarbonat

Baking soda memang dapat mencerahkan kulit lutut yang gelap setelah liburan, tapi cara ini tidak dianjurkan. Meskipun bermanfaat, eksfoliasi secara berlebihan justru bisa menyebabkan kemerahan, sensasi terbakar, peradangan, hingga kerusakan pada kulit.

Perubahan pH kulit juga bisa mengakibatkan kulit kering, iritasi, serta hilangnya minyak alami yang diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit.  

Alih-alih menggunakan baking soda, cobalah memilih eksfoliator yang lebih aman untuk mencerahkan kulit lutut. Bila kulit Anda normal dan tidak mudah mengalami iritasi, Anda dapat menggunakan eksfoliator mekanik seperti scrub, spons, ataupun sikat.

Sebaliknya, pemilik kulit sensitif bisa memilih eksfoliator kimiawi seperti AHA dan BHA, asam salisilat, atau glycolic acid. Gunakan eksfoliator dengan rutin hingga hasilnya terlihat. Jika terdapat gejala iritasi, hentikan pemakaian produk dan konsultasikan dengan dokter.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

Why does the sun affect the pigment in your skin? https://wwwscienceline.ucsb.edu/getkey.php?key=541 Diakses pada 19 November 2019.

What Causes Dark Knees and How to Lighten Them Naturally. https://www.healthline.com/health/dark-knees Diakses pada 19 November 2019.

Baking Soda for Acne Treatment. https://www.healthline.com/health/baking-soda-acne Diakses pada 19 November 2019.

Is Baking Soda Safe and Effective for Skin? https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/baking-soda-for-skin Diakses pada 19 November 2019.

Can I Use Baking Soda for Face Wash? https://www.healthline.com/health/baking-soda-for-face#1 Diakses pada 19 November 2019.

Baking Soda Skin Exfoliants: Efficacy, Safety and Alternatives. https://dermcollective.com/baking-soda-skin-exfoliants/ Diakses pada 19 November 2019.

Surber, C., Humbert, P., Abels, C. and Maibach, H. (2018). The Acid Mantle: A Myth or an Essential Part of Skin Health? pH of the Skin: Issues and Challenges, pp.1-10.

How to Safely Exfoliate at Home. https://www.aad.org/skin-care-secrets/safely-exfoliate-at-home Diakses pada 19 November 2019.

Yang juga perlu Anda baca

Saraf Kejepit yang Menyerang Lutut, Bisa Diatasi dengan 5 Cara Ini

Saraf kejepit bisa menyerang lutut Anda. Lantas, apa saja perawatan untuk meredakan gejala saraf kejepit di lutut? Baca selengkapnya di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Suntik Vitamin C untuk Mencerahkan Kulit, Benarkah Aman dan Efektif?

Banyak orang ikut-ikutan melakukan suntik vitamin C untuk mencerahkan kulit tanpa tahu faktanya. Agar tak salah langkah, yuk simak informasi dari ahlinya.

Ditulis oleh: Widya Citra Andini
dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK

Beredar Foto Gas Air Mata Kedaluwarsa, Apa Bahayanya Bagi Tubuh?

Masyarakat dibuat geram setelah beredarnya foto selongsong gas air mata yang sudah kedaluwarsa. Apakah gas ini lebih berbahaya bagi tubuh?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu

Tips Melindungi Diri Saat Diserang Gas Air Mata

Gas air mata sering digunakan untuk membubarkan massa dan mengantisipasi kerusuhan. Bagaimana cara yang benar mengatasi efek kena gas air mata?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila

Direkomendasikan untuk Anda

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020
Bahaya Menyemprot Disinfektan Langsung ke Tubuh Manusia

Bahaya Menyemprot Disinfektan Langsung ke Tubuh Manusia

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 02/04/2020
Manfaat Skin Care Berbahan Alpha Arbutin untuk Kulit Wajah

Manfaat Skin Care Berbahan Alpha Arbutin untuk Kulit Wajah

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 30/01/2020
Berbagai Penyebab Hiperpigmentasi Kulit dan Cara Mengatasinya

Berbagai Penyebab Hiperpigmentasi Kulit dan Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 12/11/2019