Rambut Anda Berminyak? Ini 3 Hal yang Jadi Penyebabnya

Oleh

Rambut seperti apa yang Anda lebih sukai, rambut yang berminyak atau rambut yang kering? Rambut yang kering dikenal dapat menurunkan nilai penampilan seseorang, namun bukan berarti memiliki rambut berminyak takkan menimbulkan masalah. Kehadiran minyak pada kulit kepala sebenarnya dapat memberikan kesan berkilau pada rambut Anda, namun tidak saat produksi minyak yang dihasilkan justru berlebihan. Apa yang menjadi penyebab rambut berminyak?

Penyebab rambut berminyak

Rambut berminyak yang kronis bahkan dapat membuat rambut terlihat kusam dan rentan mengalami kerontokan. Rambut berminyak dapat terjadi karena beberapa hal, di antaranya:

1. Kelenjar keringat yang bertugas dalam memproduksi minyak

Setiap pori-pori pada tubuh Anda memiliki kelenjar keringat yang berperan memproduksi keringat yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit, termasuk pori-pori kulit kepala. Hadirnya keringat pada kulit juga berguna untuk melindungi kulit dari masuknya bakteri. Rambut yang berminyak terjadi karena adanya proses produksi keringat pada kulit kepala. Produksi minyak ini dilakukan agar rambut lebih lembut dan mudah dibentuk.

Namun beberapa orang memproduksi keringat pada kulit kepala lebih banyak daripada yang lain, bahkan meskipun orang tersebut telah membersihkan rambutnya nyaris setiap hari. Bila Anda memiliki jenis kulit yang berminyak, maka kulit kepala Anda pun cenderung akan berminyak.

2. Hormon dalam tubuh

Hormon merupakan salah satu penyebab rambut berminyak. Hal ini didukung oleh seorang konsultan dermatologi, Dokter Gervaise Gerstner, yang mengatakan bahwa kulit Anda, termasuk kulit kepala Anda menjadi semakin mudah berminyak dikarenakan terjadinya fluktuasi hormon dalam tubuh Anda, terutama dalam tubuh perempuan. Peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh diyakini berdampak terhadap kadar minyak pada kulit Anda.

3. Rutinitas perawatan rambut yang salah

Bagaimana Anda merawat rambut Anda bisa jadi salah satu penyebab rambut berminyak, karena rutinitas yang salah dapat meningkatkan produksi keringat pada kulit kepala Anda. Menggaruk kulit kepala saat membersihkan rambut dengan berlebihan, justru dapat menyebabkan kulit kepala iritasi sehingga memproduksi minyak yang lebih banyak. Begitu pula bila Anda membersihkan rambut terlalu sering, hingga lebih dari satu kali dalam satu hari. Hal ini justru akan memperparah kondisi kulit kepala Anda yang berminyak.

Bagaimana cara mengatasi rambut berminyak?

  • Sebelum menggunakan suatu shampoo, sebaiknya Anda pelajari lebih dulu kandungan yang dimiliki shampoo tersebut. Penggunaan shampoo dengan kandungan tertentu justru dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala Anda. Sehingga penggunaan shampoo dengan kandungan yang lembut dan didesain untuk mengendalikan minyak pada rambut dapat mengatasi rambut yang berminyak ini.
  • Bila ternyata rambut Anda justru terlihat semakin kusam bahkan setelah dibersihkan, bisa jadi frekuensi Anda membersihkan rambut yang terlalu sering, yang menyebabkan tingginya produksi minyak pada kulit rambut Anda.
  • Penggunaan terlalu banyak produk pada rambut dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala.
  • Mengurangi makanan yang mengandung minyak dipercaya dapat mengurangi produksi minyak pada kulit, termasuk kulit kepala.
  • Penggunaan beberapa bahan alami juga diyakini dapat mengatasi rambut berminyak.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca