Rambut Anda Berminyak? Ini 3 Hal yang Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Rambut seperti apa yang Anda lebih sukai, rambut yang berminyak atau rambut yang kering? Rambut yang kering dikenal dapat menurunkan nilai penampilan seseorang, namun bukan berarti memiliki rambut berminyak takkan menimbulkan masalah. Kehadiran minyak pada kulit kepala sebenarnya dapat memberikan kesan berkilau pada rambut Anda, namun tidak saat produksi minyak yang dihasilkan justru berlebihan. Apa yang menjadi penyebab rambut berminyak?

Penyebab rambut berminyak

Rambut berminyak yang kronis bahkan dapat membuat rambut terlihat kusam dan rentan mengalami kerontokan. Rambut berminyak dapat terjadi karena beberapa hal, di antaranya:

1. Kelenjar keringat yang bertugas dalam memproduksi minyak

Setiap pori-pori pada tubuh Anda memiliki kelenjar keringat yang berperan memproduksi keringat yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit, termasuk pori-pori kulit kepala. Hadirnya keringat pada kulit juga berguna untuk melindungi kulit dari masuknya bakteri. Rambut yang berminyak terjadi karena adanya proses produksi keringat pada kulit kepala. Produksi minyak ini dilakukan agar rambut lebih lembut dan mudah dibentuk.

Namun beberapa orang memproduksi keringat pada kulit kepala lebih banyak daripada yang lain, bahkan meskipun orang tersebut telah membersihkan rambutnya nyaris setiap hari. Bila Anda memiliki jenis kulit yang berminyak, maka kulit kepala Anda pun cenderung akan berminyak.

2. Hormon dalam tubuh

Hormon merupakan salah satu penyebab rambut berminyak. Hal ini didukung oleh seorang konsultan dermatologi, Dokter Gervaise Gerstner, yang mengatakan bahwa kulit Anda, termasuk kulit kepala Anda menjadi semakin mudah berminyak dikarenakan terjadinya fluktuasi hormon dalam tubuh Anda, terutama dalam tubuh perempuan. Peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh diyakini berdampak terhadap kadar minyak pada kulit Anda.

3. Rutinitas perawatan rambut yang salah

Bagaimana Anda merawat rambut Anda bisa jadi salah satu penyebab rambut berminyak, karena rutinitas yang salah dapat meningkatkan produksi keringat pada kulit kepala Anda. Menggaruk kulit kepala saat membersihkan rambut dengan berlebihan, justru dapat menyebabkan kulit kepala iritasi sehingga memproduksi minyak yang lebih banyak. Begitu pula bila Anda membersihkan rambut terlalu sering, hingga lebih dari satu kali dalam satu hari. Hal ini justru akan memperparah kondisi kulit kepala Anda yang berminyak.

Bagaimana cara mengatasi rambut berminyak?

  • Sebelum menggunakan suatu shampoo, sebaiknya Anda pelajari lebih dulu kandungan yang dimiliki shampoo tersebut. Penggunaan shampoo dengan kandungan tertentu justru dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala Anda. Sehingga penggunaan shampoo dengan kandungan yang lembut dan didesain untuk mengendalikan minyak pada rambut dapat mengatasi rambut yang berminyak ini.
  • Bila ternyata rambut Anda justru terlihat semakin kusam bahkan setelah dibersihkan, bisa jadi frekuensi Anda membersihkan rambut yang terlalu sering, yang menyebabkan tingginya produksi minyak pada kulit rambut Anda.
  • Penggunaan terlalu banyak produk pada rambut dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala.
  • Mengurangi makanan yang mengandung minyak dipercaya dapat mengurangi produksi minyak pada kulit, termasuk kulit kepala.
  • Penggunaan beberapa bahan alami juga diyakini dapat mengatasi rambut berminyak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Bibir hitam dan gelap bisa mengurangi penampilan Anda. Tahukah Anda ternyata tidak hanya merokok saja yang bisa jadi penyebab bibir hitam? Lalu apa saja?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Kecantikan 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit

7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Produk krim wajah yang populer saat ini adalah jenis anti-aging. Tapi apa saja bahan krim anti-aging yang bisa mencegah penuaan pada kulit Anda?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ada banyak penyebab kulit kepala gatal, tapi banyak juga bahan-bahan alami dan sederhana yang ampuh mengusir kulit kepala gatal.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 9 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Kulit kering ternyata bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Begini cara mengatasi gatal karena kulit kering, serta mencegah kulit jadi semakin kering.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dermatologi, Health Centers 1 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat ampas teh bagi kecantikan

7 Cara Memanfaatkan Ampas Teh untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
penyebab mengatasi kulit mengelupas

5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
bahaya tidur dengan rambut basah

Bahayakah Tidur dengan Rambut Basah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit