7 Cara Alami Memutihkan Kuku Kuning Akibat Keseringan Pakai Kuteks

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23/05/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jika Anda sering mendiamkan kuteks terlalu lama di kuku Anda, jangan heran jika Anda menemukan kuku kuning setelah membersihkan kuteks. Dan seringnya, untuk menutupi warna menjijikan ini, Anda memutuskan untuk melapisinya dengan warna yang lain. Terus, terus, dan terus.

Yang tidak Anda sadari, kebiasaan ini jadi menjebak Anda dalam sebuah lingkaran setan. Jika Anda tidak membiarkan kuku Anda “telanjang” barang sebentar saja, kuman dan bakteri bisa berkumpul untuk menggerogoti kuku Anda. Hasilnya? Kuku Anda akan tampak lebih menjijikan dari yang sudah-sudah.

Untungnya, ada banyak cara mudah memutihkan kuku kuning yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Bagaimana cara memutihkan kuku kuning karena keseringan pake kuteks?

Sebelum menjajal salah satu cara di bawah ini, bersihkan dulu kuku Anda dari sisa-sisa kotoran dan cat kuku yang mungkin masih menempel. Kalau sudah, silakan scroll ke bawah.

1. Gosok dengan jus lemon

Lemon adalah agen pemutih alami terbaik yang Anda bisa temukan. Cukup tuang perasan air lemon dari satu buah lemon besar ke dalam mangkuk, dan rendam kuku Anda di dalamnya selama beberapa menit. Kemudian, gosok permukaan kuku dengan sikat gigi bulu halus dengan perlahan. Bilas bersih. Akhiri dengan pijat kuku Anda dengan minyak kutikel.

2. Gosok dengan pasta campuran hidrogen peroksida dan baking soda

Campurkan 1 sdm asam peroksida dan 2 1/2 sdm baking soda dalam mangkuk kecil. Aduk hingga menjadi pasta. Dengan menggunakan cotton bud bersih, lumuri permukaan kuku Anda dengan pasta tersebut. Diamkan selama 5-10 menit. Bilas bersih dan pijat kuku jari dengan hand cream atau minyak kutikel. Ulangi treatment ini pada kuku kuning Anda setiap 6-8 minggu sekali.

3. Gosok dengan pasta campuran jus lemon dan baking soda

Campurkan satu sdm perasan jus lemon dan 2 sdm baking soda hingga menjadi pasta halus. Dengan menggunakan cotton bud bersih, lumuri permukaan kuku Anda dengan pasta tersebut. Pijat dan diamkan selama tiga menit. Bilas bersih dan pijat kuku jari dengan hand cream atau minyak kutikel. Ulangi treatment ini pada kuku kuning Anda setiap 4-6 minggu sekali.

4. Oleskan pasta gigi pemutih

Gosok permukaan kuku Anda dengan pasta gigi pemutih dengan sikat kuku. Diamkan beberapa menit, dan bilas. Sekadar mengingatkan, cara ini khususnya hanya ampuh untuk noda kuning yang baru saja terjadi.

5. Bersihkan dengan cuka apel

Cuka apel tidak hanya mengeliminasi warna kuku kuning Anda, cairan kecut ini juga menyingkirkan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di kuku Anda. Cukup rendam kuku anda dalam 1/2 cangkir cuka apel selama 20 menit. Keringkan dengan baik; Anda bisa ulangi treatment ini tiga kali sehari selama sebulan.

6. Haluskan dengan pengikir kuku

Teteskan minyak lavender atau jus emon di kuku Anda dan gosok permukaannya dengan tongkat buffer (pengikir kuku bagian yang halus kesat). Lap dengan baik setelahnya. Lakukan cara ini dengan rutin hingga Anda melihat hasilnya yang paling optimal.

7. Gosok dengan kulit jeruk

Anda bisa menyingkirkan kuku kuning dekil dengan menggosokkan bagian dalam kulit jeruk langsung di permukaan kuku Anda. Alternatifnya, Anda bisa membuat pasta halus dari kulit jeruk yang sudah dikeringkan dan ditumbuk halus, kemudian campur dengan sedikit air. Oleskan pasta jeruk langsung di kuku anda. Bilas bersih dan oleskan minyak kutikel. Ulangi treatment ini dua kali sehari selama beberapa minggu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Penyebab mulut terasa pahit saat puasa biasanya tidak berbahaya. Bisa jadi, mulut terasa pahit karena Anda lalai melakukan hal yang satu ini! Apa ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 19/05/2020 . Waktu baca 3 menit

4 Cara Mencegah Keluar Air Mani Saat Puasa

Bagi beberapa pria, air mani bisa bocor bahkan saat sedang tidak dirangsang. Ada beberapa cara mudah untuk mencegah air mani keluar saat puasa.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . Waktu baca 5 menit

5 Tips Aman Tetap Jogging Saat Puasa

Jika Anda berencana untuk tetap jogging saat puasa, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan guna menghindari risiko cedera. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hari Raya, Ramadan 13/05/2020 . Waktu baca 3 menit

Cara Membersihkan Gunting Kuku yang Tepat dan Mudah

Tahukah Anda kalau gunting kuku juga perlu dibersihkan? Berikut beberapa cara untuk membersihkan gunting kuku yang tepat tanpa membuat karatan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Hidup Sehat, Fakta Unik 11/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat prostat

Obat-obatan yang Bisa Digunakan untuk Mengatasi Penyakit Prostat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 8 menit
penyebab cantengan; kuku cantengan

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit
yoga untuk pria

Tidak Hanya Wanita, Inilah 7 Manfaat Yoga untuk Pria

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 10/06/2020 . Waktu baca 7 menit
perbedaan stres dan depresi, gangguan kecemasan

Cara Membedakan Stres, Depresi, dan Gangguan Kecemasan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 09/06/2020 . Waktu baca 6 menit