Mengenal Manfaat Body Butter, Plus Cara Membuatnya di Rumah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Body butter adalah jenis pelembap yang memberikan hidrasi jangka panjang ke kulit. Body butter dikenal sebagai krim yang lebih lembut dan biasanya mengandung bahan alami, seperti minyak esensial. Manfaat body butter umumnya sebagai pembatas antara permukaan kulit dan faktor lingkungan di luar, serta menjaga kelembapan kulit Anda.

Manfaat body butter untuk kulit

kandungan body lotion

Menjaga hidrasi kulit

Body butter akan membentuk penghalang yang akan mengunci kelembapan kulit Anda dan memberikan perlindungan bagi kulit dari segala macam kondisi cuaca.

Tekstur body butter yang kental dan bernutrisi merupakan solusi sempurna untuk kulit yang sangat kering.

Melembutkan kulit

Body butter kaya akan minyak esensial yang akan melembutkan serta melembapkan kulit yang kering. Menggunakan body butter di malam hari akan membuat kulit Anda lebih lembut dan bersinar di pagi harinya.

Melindungi kulit dari unsur luar

Manfaat body butter lainnya adalah sebagai pelindung kulit dari unsur luar dan membuat kulit Anda terhindar dari kerusakan. Bahan-bahan seperti minyak dan butter dapat mencegah racun yang berasal dari luar sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Body butter yang memiliki kandungan asam lemak dan beberapa vitamin, seperti vitamin A, C, dan E akan melindungi kulit dari berbagai unsur, juga menjaga kulit agar tetap halus dan lembut.

Pilihan bahan untuk membuat body butter sendiri

mengatasi kulit terbakar matahari

Tak perlu merogoh kantong yang banyak untuk bisa memiliki body butter. Anda bisa membuat sendiri di rumah, dengan bahan-bahan yang juga tentunya mudah didapatkan.

Bahan body butter yang umum digunakan adalah shea butter. Ini adalah bahan yang juga sering digunakan dalam beberepa produk perawatan kulit.

Shea butter memiliki kandungan asam lemak yang membuatnya sangat berguna dalam pembuatan krim kulit hingga lip balm. Shea butter juga memiliki kandungan vitamin A dan E yang dapat menenangkan dan melembapkan kulit kering.

Bahan body butter yang biasa digunakan adalah minyak alpukat, minyak kedelai (soy milk), dan minyak kelapa. Anda bisa mendapatkan minyak esensial ini di toko herbal atau toko online.

Minyak esensial ini memiliki manfaat yang baik untuk kulit.

Manfaat minyak kedelai

Kedelai adalah salah satu minyak esensial yang populer dalam produk perawatan kulit karena dapat membantu menghaluskan kerutan dan mengatasi perubahan warna kulit. Kedelai juga kaya dengan vitamin E yang mampu menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari iritasi.

Selain itu, kedelai juga mengandung asam lemak omega-3, lesitin, sterolin, dan isoflavon untuk meningkatkan hidrasi kulit.

Manfaat minyak alpukat

minyak untuk rambut

Minyak alpukat mengandung beta karoten, protein, lesitin, asam lemak, dan vitamin A, D, dan E, yang dapat membantu melembapkan dan melindungi kulit Anda dari kerusakan sinar ultraviolet. Selain itu, kandungan tersebut juga membantu meningkatkan metabolisme kolagen.

Antioksidan dan antiradang dalam minyak alpukat juga membantu kulit Anda tetap halus, kuat, dan kenyal.

Manfaat utama dari minyak alpukat adalah untuk menenangkan dan menambah kelembapan, sehingga lebih cocok digunakan oleh pemilik kulit kering.

Manfaat minyak kelapa

minyak kelapa untuk rambut

Minyak kelapa efektif digunakan sebagai pelembab kulit, terutama untuk orang yang memiliki kulit kering. Minyak kelapa dapat meningkatkan kelembapan dan kadar lemak pada kulit.

Minyak kelapa juga berfungsi sebagai exfoliator alami untuk mengelupaskan sel kulit mati. Minyak kelapa mampu mengikis kulit mati dan membersihkan kotoran yang menghambat pori-pori tanpa membuat kulit iritasi.

Cara membuat body butter sendiri di rumah

sumber: Christina Marrale

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat body butter antara lain:

  • shea butter
  • tepung maizena
  • minyak esensial, seperti minyak kedelai, minyak alpukat, dan minyak kelapa

Cara membuat:

  • Panaskan shea butter dan aduk terus-menerus, sampai benar-benar meleleh.
  • Campurkan salah satu minyak esensial (sesuai pilihan Anda) dan tepung maizena, aduk hingga merata.
  • Tuangkan campuran minyak kedelai dan tepung maizena ke dalam shea butter yang sudah meleleh, aduk hingga tercampur sempurna.
  • Pindahkan campuran body butter ke mangkuk yang lebih kecil di dalam mangkuk besar berisi es.
  • Aduk campuran tersebut dengan mixer hingga kental dan lembut.
  • Pindahkan body butter ke dalam toples, dan body butter siap digunakan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca