5 Pilihan Cara Menghilangkan Kumis yang Aman dan Efektif untuk Wanita

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Tak cuma pria yang punya rambut di atas bibir. Wanita pun kerap memilikinya. Namun tidak seperti pria, kumis wanita biasanya lebih tampak halus yang tipis. Tidak pula seperti pria yang menganggap kumis sebagai tanda kejantanan, wanita justru menganggapnya sangat mengganggu penampilan. Maka tidak heran banyak wanita mencari 1001 cara untuk menghilangkan kumis di wajahnya.

Cara menghilangkan kumis wanita yang aman dan efektif

gatal sehabis mencukur

Menghilangkan kumis pada wanita prinsipnya sebenarnya sama saja dengan pria. Namun, wanita perlu lebih berhati-hati karena kumisnya cenderung lebih tipis.

Berikut berbagai cara yang bisa Anda coba di rumah:

1. Pakai pisau cukur

Mencukur adalah cara paling mudah dan terjangkau untuk menghilangkan rambut di bibir atas. Anda bisa menggunakan pisau cukur biasa atau yang listrik.

Sebelum mencukur kumis, basahi dulu kulit dengan menggunakan sabun atau krim cukur. Jangan lupa membersihkan pisau cukurnya terlebih dahulu sebelum digunakan. Jangan gunakan pisau cukur yang sudah tumpul atau berkarat.

Setelah mengoleskan area kumis dengan krim, cukurlah searah tumbuhnya rambut. Jangan dengan gerakan menggosok, tapi seret pelan lalu angkat kemudian ulang dari arah tumbuh rambut.

Jangan lupa untuk sedikit menarik bibir atas Anda ke bawah agar kulit mengencang. Ini akan memudahkan proses pencukuran dan hasilnya pun nanti lebih bersih.

2. Oles krim hair removal

Produk krim hair removal (krim penghilang rambut) biasanya aman digunakan untuk kulit wajah yang sensitif, termasuk bibir atas.

Krim ini ini merupakan larutan yang sangat basa dan mampu memecah ikatan protein di rambut hingga membuatnya larut. Dengan begitu, rambut di area atas bibir menjadi lebih mudah rontok.

Oleskan krim ke kulit bibir atas sesuai petunjuk penggunaan. Kemudian, diamkan selama beberapa menit dan bilas setelahnya.

Menggunakan krim menjadi cara menghilangkan kumis pada wanita yang mudah tetapi efeknya tidak lama. Pasalnya, krim tidak mencabut rambut hingga ke akar sehingga bisa dengan mudah tumbuh kembali.

Untuk menghindari iritasi kulit, pastikan untuk melakukaan tes alergi terlebih dahulu. Oleskan krim ini ke area kulit lainnya sebelum mengoleskannya ka area atas bibir.

3. Mencabut dengan pinset

Pakai pinset juga bisa jadi cara menghilangkan kumis pada wanita yang cukup efektif.

Pinset adalah penjepit kecil untuk mencabut rambut-rambut halus yang tumbuh di kulit dan sulit diberantas oleh pisau cukur. Dengan menggunakan pinset, rambut biasanya akan tercabut hingga akarnya.

Metode ini cocok digunakan untuk menghilangkan rambut di area yang tidak terlalu luas.

Sebelum mencabut kumis, bersihkan kulit terlebih dahulu. Kemudian, gunakan pinset bersih untuk mencabut helaian rambut dari bibir atas dengan cara:

  1. Tahan kulit dengan menarik bibir atas ke arah bawah
  2. Jepit rambut dengan pinset dan tarik searah tumbuhnya rambut
  3. Bilas area kulit yang rambutnya dicabuti dengan air dingin

4. Elektrolisis

Elektrolisis adalah cara menghilangkan kumis wanita dengan menggunakan arus listrik. Cara ini dilakukan dengan menempatkan jarum kecil di folikel rambut untuk menghancurkan akar rambut dengan bantuan arus listrik.

Kerusakan ini membantu mencegah rambut untuk tumbuh kembali. Oleh karena itu, prosedur yang satu ini dianjurkan untuk Anda yang ingin menghilangkan rambut secara permanen.

Elektrolisis cocok digunakan di area sensitif kulit seperti bibir atas. Biasanya perawatan perlu diulang selama beberapa kali sampai rambut bener-benar hilang.

5. Laser hair removal

Laser hair removal adalah cara efektif untuk menghilangkan kumis atau rambut di atas bibir. Selama prosedur ini, dokter akan menggunakan cahaya laser yang terkonsentrasi pada folikel untuk menghancurkan rambut.

Laser hair removal bukanlah metode yang permanen tetapi hasilnya bisa bertahan selama beberapa bulan. Biasanya Anda 2-6 kali perawatan untuk menghilangkan kumis. Pastikan melakukan prosedur ini di klinik dengan terapis terpercaya untuk menghindari risiko kerusakan kulit.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca