Cara Melindungi Rambut dan Kulit Jika Sering Berenang

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Berenang adalah aktivitas yang menyenangkan dan menyegarkan untuk melatih fisik Anda. Selain itu, berenang baik untuk kesehatan tubuh, mental, dan jantung. Anda bisa melakukan olahraga air ini setiap hari untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang lebih segar. Namun, berenang setiap hari memiliki dampaknya tersendiri. Air dalam kolam renang biasanya mengandung bahan-bahan kimia yang berpotensi merusak rambut dan kulit Anda, apalagi jika Anda berenang di bawah paparan sinar matahari. Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk memberi perlindungan bagi rambut dan kulit Anda.

Apa saja yang ada di air kolam renang?

Untuk membunuh berbagai bakteri, kuman, dan lumut yang hidup dalam air kolam renang, bahan-bahan kimia seperti disinfektan dan sanitizer akan dicampurkan pada air. Soda abu (natrium karbonat) juga kerap dicampurkan untuk meningkatkan pH air. Yang paling umum dipakai sebagai disinfektan dan sanitizer adalah klorin. Proses pelepasan zat klorin dalam air disebut dengan klorinasi. Ada berbagai jenis klorin yang biasanya digunakan, misalnya klorin cair, klorin padat (tersedia dalam bentuk tablet yang akan larut dalam air), dan gas klorin untuk kolam renang yang berukuran sangat besar.

Bahaya klorin bagi rambut dan kulit

Meskipun klorin sangat berguna untuk membunuh bakteri, bukan berarti klorin tidak akan memberikan efek apa pun pada rambut dan kulit manusia yang langsung bersentuhan dengan air kolam. Jika Anda sering berenang, tentu lama-lama dampak klorin pada rambut dan kulit akan semakin terasa. Klorin bisa menyebabkan rambut dan kulit kering karena reaksi oksidasi yang dihasilkan. Bahkan bagi sebagian orang yang sensitif terhadap bahan-bahan kimia yang kuat, klorin dalam air kolam renang akan menimbulkan rasa gatal dan kulit yang kemerahan. Maka, penting bagi Anda yang sering berenang untuk memberikan proteksi ekstra pada rambut dan kulit sehingga Anda tetap bisa menjaga kesehatan rambut dan kulit sambil menikmati segarnya kolam renang.

Melindungi kulit saat berenang

Kulit yang terlalu sering terpapar klorin akan kehilangan kelembapan alaminya. Untuk menghindari kulit yang kering atau kasar karena sering berenang, terapkan langkah-langkah di bawah ini sebelum dan sesudah berenang.

Gunakan sunblock atau pelembap tahan air

Sebelum Anda masuk ke dalam air, lapisi dulu kulit Anda dengan sunblock yang tahan air sehingga sinar matahari dan klorin tidak akan langsung terserap oleh kulit Anda. Pilih sunblock dengan angka SPF tinggi jika Anda ingin menghabiskan waktu yang cukup lama berenang.

Bilas sebelum berenang

Kebiasaan membilas diri sebelum masuk ke dalam kolam berenang ternyata sangat berguna bagi kulit Anda. Setelah melapisi diri dengan sunblock, tunggu beberapa menit hinga sunblock terserap dengan baik oleh kulit dan bilas diri Anda. Kulit pun akan menyesuaikan diri dulu dengan suhu dan sifat air sebelum Anda masuk ke dalam air kolam yang mengandung berbagai bahan kimia.

Minum banyak air

Untuk menjaga kelembapan alami kulit, minum banyak air putih akan membantu Anda dari dalam tubuh. Jangan lupa untuk minum banyak air sebelum dan sesudah Anda berenang.

Langsung mandi setelah selesai

Setelah Anda selesai berenang, segera mandi dan bersihkan tubuh Anda hingga tuntas. Jika memungkinkan, mandilah dengan air hangat karena akan lebih mempercepat proses pelepasan bahan kimia yang menempel pada tubuh Anda. Untuk menghindari iritasi, keringkan tubuh dengan cara menepuk pelan handuk yang lembut, jangan digosok pada kulit.

Gunakan pelembap setelah mandi

Pilihlah losion dengan kandungan pelembap yang tinggi untuk diaplikasikan setelah mandi. Jika kulit Anda terasa gatal atau tampak kemerahan, jangan digaruk. Oleskan saja losion pelembap atau minyak zaitun pada bagian yang mengalami iritasi dan biarkan selama beberapa saat.

Melindungi rambut saat berenang

Rambut yang terlalu sering bersentuhan dengan bahan-bahan kimia dalam kolam renang atau terpapar sinar matahari akan terasa kering, gatal, atau mudah patah dan bercabang. Maka, Anda perlu memerhatikan langkah-langkah perlindungan di bawah ini.

Lindungi dengan kondisioner atau minyak zaitun

Bilas rambut Anda sebelum masuk ke dalam kolam dan lapisi rambut Anda dengan kondisioner atau minyak zaitun. Oleskan tipis dan ratakan hingga seluruh ujung rambut Anda terlindungi. Dengan demikian, klorin atau zat-zat berbahaya lainnya akan tertahan oleh kondisioner atau minyak zaitun, tidak langsung menyerang rambut Anda.

Memakai topi renang

Untuk memberikan perlindungan ekstra pada rambut dan kulit kepala, Anda juga bisa memakai topi renang. Topi renang memang tidak akan menjamin rambut bersih sama sekali dari klorin, tapi paling tidak Anda terlindung dari sengatan matahari dan Anda bisa memperlambat dampak berbahaya klorin bagi rambut. Selain itu, Anda juga bisa berenang dengan lebih bebas dan nyaman karena rambut Anda sudah terbungkus rapi dalam topi renang.

Langsung keramas hingga bersih

Setelah berenang, cuci rambut Anda dengan bersih dan aplikasikan kondisioner untuk melembapkan. Kalau bisa, gunakan air hangat agar bisa lebih cepat membersihkan bahan-bahan kimia yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Keringkan dengan handuk dan hindari dulu penggunaan pengering rambut atau alat catok supaya kulit kepala Anda bisa memproduksi minyak yang akan melembutkan rambut secara alami.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Gejala Penyakit Urologi, Dari Nyeri Buang Air Kecil Hingga Impotensi

    Gejala penyakit urologi kerap berhubungan dengan proses kencing yang tidak normal seperti kesulitan atau malah terlalu sering. Apa gejala lainnya?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Urologi 7 September 2020 . Waktu baca 10 menit

    Bagaimana Cara Kerja Sunblock dalam Melindungi Kulit?

    Radiasi UV dari sinar matahari berbahaya bagi kulit. Jadi, jangan remehkan sunblock. Tapi sebenarnya bagaimana cara kerja sunblock dalam melindungi kulit?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Tips Sehat 3 September 2020 . Waktu baca 4 menit

    6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

    Urat menonjol pada permukaan kulit memang kerap ditemui pada orang berusia lanjut. Lalu apa artinya kalau masih muda sudah mengalami kondisi ini?

    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Fakta Unik 25 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

    7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

    Bibir hitam dan gelap bisa mengurangi penampilan Anda. Tahukah Anda ternyata tidak hanya merokok saja yang bisa jadi penyebab bibir hitam? Lalu apa saja?

    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Hidup Sehat, Kecantikan 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    terapi urine minum air kencing

    Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
    penyebab penyakit kulit

    Penyebab Penyakit Kulit Beserta Faktor yang Meningkatkan Risikonya

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 11 menit
    transplantasi ginjal

    Transplantasi Ginjal

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Dipublikasikan tanggal: 15 September 2020 . Waktu baca 11 menit
    penyebab mengatasi kulit mengelupas

    5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit