12 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Rambut Anda

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

“Rambut adalah mahkota perempuan,” begitulah kata orang. Memang benar, wanita pada umumnya sangat peduli terhadap rambut mereka. Di sisi lain, banyak pria yang mulai merasa panik bila tanda-tanda kebotakan muncul. Selama ini, kebanyakan orang terlalu berpatok pada produk-produk kesehatan rambut (seperti shampoo, conditioner, dan lain sebagainya) dalam merawat rambut mereka. Padahal, makanan yang Anda makan juga mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Berikut adalah daftar-daftar makanan yang dapat berguna untuk kesehatan rambut Anda:

1. Ikan salmon

Jenis-jenis ikan seperti salmon, sarden, dan mackerel adalah jenis-jenis ikan yang kaya dengan asam lemak omega-3. Sebanyak 3% dari helai rambut Anda tediri dari asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 ini terdapat pada membran sel di kulit kepala dan pada minyak di rambut Anda yang membuat rambut Anda tetap terhidrasi. Mengonsumsi ikan salmon (yang kaya akan asam lemak omega-3) sangat berguna untuk membuat rambut Anda terlihat lebih berkilau dan lebat. Selain itu, asam lemak omega-3 juga berguna untuk membantu pertumbuhan rambut Anda. Sayangnya, asam lemak omega-3 ini adalah jenis lemak yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Oleh karena itu, Anda perlu mendapatkan asupan lemak ini dari makanan yang Anda makan.

2. Greek yogurt

Jenis yogurt ini kaya akan protein. Selain itu, greek yogurt kaya akan vitamin B5 (atau yang sering dikenal dengan sebutan asam pantotenik). Vitamin B5 ini dapat membantu aliran darah yang menuju ke kulit kepala Anda dan membantu pertumbuhan rambut Anda. Vitamin ini juga dapat membantu melawan rambut rontok.

3. Bayam

Sama halnya dengan berbagai jenis sayuran hijau yang lain, bayam kaya akan nutrisi-nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Bayam kaya akan vitamin A, zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C. Semua nutrisi yang sudah disebutkan bekerja sama untuk kesehatan kulit kepala Anda. Nutrisi-nutrisi ini akan membuat rambut Anda tetap lembap dan tidak kering, sehingga rambut Anda tidak pecah-pecah atau patah-patah. Sebagai alternatif lain, Anda juga bisa mengonsumsi kale sebagai pengganti bayam.

4. Jambu

Buah tropis ini mengandung vitamin C yang melimpah. Hal ini dapat melindungi rambut Anda patah-patah. Tahukah Anda bahwa segelas jambu mengandung 377 mg vitamin C? Jumlah tersebut 4 kali lebih banyak daripada jumlah vitamin C yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap harinya!

5. Sereal yang terfortifikasi zat besi

Kalau Anda kekurangan zat besi pada tubuh Anda, maka rambut rontok yang jadi konsekuensinya. Akan tetapi, Anda bisa mendapatkan zat besi dari makanan-makanan seperti sereal yang terfortifikasi, gandum, pasta, susu kacang, dan lentil. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan zat besi dari daging sapi, terutama dari ati. Anda juga bisa mengonsumsi kerang dan sayuran hijau untuk mendapatkan zat besi ini.

6. Daging tak berlemak

Kalau tubuh Anda kekurangan protein, maka pertumbuhan rambut Anda juga melambat atau bahkan berhenti. Bila rambut Anda berhenti bertumbuh dan rambut yang sudah ada di kepala Anda rontok, maka dapat mengakibatkan kebotakan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa tubuh Anda tetap memiliki protein yang cukup. Anda bisa mendapatkan protein ini dari daging tak berlemak, seperti daging ayam dan daging kalkun, yaitu jenis-jenis daging yang tidak mengandung terlalu banyak lemak jenuh bila dibandingkan dengan daging sapi dan daging babi.

7. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung antioksidan yang disebut beta karoten, di mana tubuh Anda akan mengubah beta karoten ini menjadi vitamin A. Hal ini dapat membantu tubuh Anda menhindari rambut kering. Vitamin A ini juga merangsang kelenjar di kulit kepala Anda untuk memproduksi sebum (cairan minyak) untuk membantu rambut Anda tidak kering.

8. Cinnamon (kayu manis)

Anda dapat menaburkan cinnamon di oatmeal, roti panggang, atau di kopi Anda. Cinnamon ini dapat membantu sirkulasi darah ke kulit kepala Anda. Di dalam sirkulasi tersebut, darah akan membawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kantung rambut Anda.

9. Telur

Telur adalah makanan yang sangat penting untuk membantu kesehatan rambut Anda. Salah satu kandungan yang terpenting adalah sulfur, nutrisi yang sangat penting untuk membantu penyerapan vitamin B. Selain itu, telur ini sendiri juga kaya akan vitamin B yang disebut biotin. Biotin ini dapat membantu pertumbuhan rambut.

10. Tiram

Tiram kaya akan mineral yang disebut zinc. Kalau tubuh Anda kekurangan zinc ini, maka Anda akan kehilangan rambut Anda, bahkan rambut pada bulu mata Anda. Sel -sel yang membangun rambut Anda bergantung pada zinc untuk membantu mereka bekerja secara maksimal. Anda juga bisa mendapatkan zink ini dari daging sapi, kepiting, lobster, dan sereal yang difortifikasi.

11. Kelapa

Air kelapa adalah pembantu hidrasi yang natural serta mengandung kalium, yaitu elektrolit untuk membantu perpindahan nutrisi di sel tubuh Anda. Selain itu, minyak kelapa kaya akan lemak sehat, vitamin E, vitamin K, dan mineral. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat berguna untuk rambut Anda, seperti untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat kulit kepala Anda tidak kering.

12. Oats

Oats kaya akan zinc, biotin, magnesium, dan kalium. Kalau Anda kekurangan nutrisi-nutrisi tersebut, maka rambut Anda akan rapuh dan mudah patah. Para ahli merekomendasikan Anda untuk mengendapkan oats terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Contohnya, campurkan oats dengan susu, lalu biarkan oats ini terserap susu semalaman di dalam kulkas. Lalu paginya, baru konsumsi susu yang telah mengandung oats ini.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

Entah karena terbakar matahari, perawatan wajah, atau alasan lain, Anda mungkin menemukan kulit mengelupas tiba-tiba. Bagaimana merawatnya agar tak rusak?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Kecantikan 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Diet Gagal Ginjal: Seberapa Penting dan Bagaimana Caranya?

Selain menjalani perawatan, pasien gagal ginjal ternyata juga perlu melakukan diet khusus. Apa saja hal yang perlu dipersiapkan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Urologi, Ginjal 31 Agustus 2020 . Waktu baca 9 menit

Ketagihan Mie Instan? Ini 6 Trik Jitu Mengatasinya

Bagi Anda yang ketagihan mie instan, sekadar diingatkan apa bahaya kebanyakan mie instan saja tak akan mempan. Lebih baik coba pakai cara ampuh ini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Malah Naik

Bubur gandum (oatmeal) adalah pilihan makanan yang baik untuk diet. Tapi hati-hati, bisa jadi oatmeal bikin gemuk karena hal-hal berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 18 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan untuk kolesterol, serat menurunkan kolesterol

Makanan yang Membantu Menurunkan Kolesterol, Plus Cara Memasak yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 8 menit
terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
makanan yang dapat menyembuhkan kanker otak

Jenis Makanan Sehat untuk Membantu Menyembuhkan Kanker Otak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Makanan setelah operasi

Jenis Makanan Setelah Operasi yang Dapat Membantu Pemulihan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 3 menit