Yoga Ternyata Efektif Mengatasi Skoliosis

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Skoliosis adalah kondisi di mana tulang belakang memiliki lekukan yang tidak normal. Kelainan ini dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit pada bagian punggung belakang dan terhambat untuk melakukan berbagai aktivitas.

Sampai saat ini, pengobatan skoliosis dilakukan dengan cara medis, padahal pasien skoliosis juga bisa melakukan hal lain yang dapat membantunya dalam mengobati skoliosis yang dialami. Berikut adalah cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi kondisi gangguan tulang belakang ini.

Gerakan yoga dapat bantu mengobati skoliosis

Pengobatan yang diterapkan pada pasien dengan skoliosis biasanya beragam, ada operasi, terapi, serta konsumsi obat-obatan – untuk menghilangkan rasa sakitnya. Hal ini tergantung dengan kondisi tulang belakang masing-masing pasien.

Namun, sekarang ini pasien dengan skoliosis – apalagi dengan tingkat yang ringan – dapat mencoba untuk melakukan olahraga demi memperbaiki bentuk tulang belakangnya. Sementara, tidak semua olahraga bisa dilakukan oleh orang yang mengalami skoliosis. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba melakukan yoga untuk mengobati skoliosis.

Bagaimana yoga bisa membantu penderita skoliosis

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti Columbia University College of Physicians and Surgeons, menemukan cara baru untuk membantu mengobati skoliosis. Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Global Advances in Health and Medicine, menyatakan bahwa ternyata olahraga, khususnya yoga sangat efektif dalam membantu orang yang mengalami kelainan tulang belakang seperti skoliosis.

Dalam penelitian ini, para ahli mengajak sebanyak 30 ribu peserta yang terdiri dari anak-anak dan remaja yang mengalami skoliosis dan diketahui menggunakan korset penyangga. Korset penyangga ini adalah salah satu terapi bagi orang yang mengalami skoliosis, agar tulang belakangnya kembali lurus dan normal.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa dari total pasien yang mengidap skoliosis, sebanyak 32% pasien telah mendapatkan kembali bentuk tulang belakang yang mendekati normal. Hal ini merupakan hasil dari melakukan gerakan yoga setidaknya 1,5 menit per hari selama 6 minggu.  

Sedangkan pada kelompok pasien lainnya diketahui bahwa bentuk tulang belakang semakin membaik setelah melakukan yoga selama 3 hari berturut-turut dengan durasi yang lebih lama.

Manfaat yoga selain untuk meluruskan bentuk tulang belakang

Terapi korset penyangga yang diterapkan dalam penelitian ini mengharuskan pasien memakai alat tersebut selama kurang lebih 40 sesi dalam waktu 3-4 bulan. Tentu jika dibandingkan dengan olahraga yoga, terapi tersebut mungkin akan lebih melelahkan.  

Gerakan yoga yang sederhana dan tak membutuhkan waktu yang banyak dalam satu hari, dapat diandalkan para pasien sebagai salah satu cara terapi baru untuk mengobati skoliosis. Selain itu, gerakan yoga ini baik untuk meningkatkan kelenturan, membuat Anda lebih mudah mengatur napas, meningkatkan stamina, bahkan membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca