7 Manfaat Yoga Aerial Bagi Kesehatan yang Sayang Jika Dilewatkan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Yoga aerial atau yoga anti gravitasi ini adalah kombinasi dari asana yoga tradisional, akrobat, dan, gerakan tarian yang dilakukan dengan menggantung di udara. Tempat menggantung biasanya digunakan seperti kain panjang khusus yang kuat menjulur dari atas hingga mendekati lantai. Yoga aerial ini ternyata memiliki berbagai manfaat yang belum tentu dimiliki oleh yoga biasanya. Sudah tahu apa saja manfaat yoga aerial? Simak ulasannya yuk.

Berbagai manfaat yoga aerial bagi kesehatan

1. Meningkatkan kelenturan tubuh

cara mengukur komposisi dan kelenturan tubuh

Gerakan yoga aerial memberikan banyak kebebasan untuk bergerak. Anda dapat memindahkan tubuh ke posisi-posisi yang baru. Biasanya gerakan-gerakan yoga aerial bisa memberikan peregangan yang lebih dalam dan memuaskan daripada jenis yoga tradisional.

2. Membuat lebih fokus

manfaat yoga

Dengan menempatkan diri pada posisi yang menantang (menggantung) dari yoga biasanya, yoga aerial memaksa Anda untuk lebih awas dan fokus akan lingkungan sekitar Anda. Di sinilah Anda akan mencoba berkonsentrasi lebih keras saat latihan.

3. Menguatkan otot-otot

pose yoga untuk diabetes

Pada gerakan yoga ini gaya gravitasi bekerja lebih keras pada tubuh Anda. Gerakan pada yoga aerial membuat tubuh harus menahan lebih keras melawan gravitasi. Nah, karena harus menahan lebih keras, maka otot-otot Anda akan lebih kuat terbentuk saat melakukan yoga ini dibandingkan yoga biasanya.

Yoga aerial juga merupakan latihan untuk otot inti yang baik karena semua bagian otot inti terlibat untuk menyeimbangkan dan menstabilkan diri selama bergelantungan di kasur yoga.

4. Melepaskan stres

Manfaat yoga aerial yang tidak kalah pentingnya adalah mengatur stres. Sama seperti yoga tradisional, yoga aerial sangat bagus untuk menghilangkan stres. Anda tidak hanya menggunakan pose meregangkan tubuh yoga saja pada latihan ini, tetapi Anda juga mengalami kegembiraan tersendiri karena bisa melakukan gerakan yang lebih baru dan menarik berbeda dari yoga biasanya.

5. Sebagai olahraga kardio

yoga untuk rematik

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Council of Exercise (ACE), ternyata ditemukan respon tubuh setelah melakukan olahraga seperti habis bersepeda atau berenang, ini seperti latihan kardio. Para peneliti menemukan bahwa dalam sesi yoga aerial selama 50 menit dapat membakar 320 kalori, ini sebanding dengan saat Anda berjalan kaki.

6. Lebih mudah menguasai gerakan yoga lainnya di atas matras

Apakah Anda pernah mencoba latihan headstand dalam yoga? Lalu memulai gerakan dengan menempelkan kaki ke dinding? Ketika Anda bisa menguasai gerakan yoga aerial gerakan yoga reguler bisa dilakukan lebih mudah.

Kain yang membungkus tubuh saat melakukan latihan yoga aerial memberikan bantuan pada tubuh untuk melakukan pose-pose sulit. Ibaratnya seperti pegangan. Maka itu, gerakan yoga aerial ini memberikan Anda pengalaman bagaimana tiap pose dilakukan termasuk pose yang sulit.

Dengan meningkatnya kemampuan Anda saat melakukan yoga aerial, kemampuan yoga reguler Anda juga biasanya akan meningkat dengan sendirinya.

7. Mengatasi skoliosis

yoga untuk mengobati skoliosis

Menurut Allan Stewart, MD, direktur dari divisi bedah aorta di pusat pembuluh darah Rumah sakit Mount Sinai New York, Ia mengatakan bahwa menggantung, terbalik, seperti gerakan yoga aerial dapat meredakan gejala nyeri pada orang yang mengalami skoliosis (melengkungnya tulang belakang ke samping secara tidak normal). Sebab, gerakan ini bisa memperpanjang ligamen dan membuat rileks sementara otot-otot.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juni 3, 2018 | Terakhir Diedit: Desember 3, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca