Mana yang Lebih Baik, Olahraga di Rumah atau Gym?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/09/2017 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Seberapa sering Anda melakukan olahraga dalam satu minggu? Ya, mungkin Anda sudah berniat untuk berolahraga dengan rutin dari beberapa waktu lalu, tetapi belum terlaksana juga sampai sekarang. Ada beberapa hal yang bisa membuat niat Anda mengendur, seperti waktu Anda yang sibuk sehingga tidak tahu kapan melakukannya dan tempat melakukan olahraga itu sendiri, apakah bisa di rumah atau harus ke gym. Sebenarnya itu tergantung dengan Anda. Berikut adalah kekurangan dan kelebihan melakukan olahraga di rumah dan di gym sebagai panduan Anda untuk memilih.

Kelebihan olahraga di gym

1. Memiliki lebih banyak pilihan.

Apabila Anda memutuskan untuk melakukan olahraga di gym, maka Anda dapat memilih olahraga apa yang akan Anda lakukan, karena tersedia banyak alat olahraga yang memudahkan Anda untuk berolahraga.

2. Motivasi ekstra

Dengan Anda melakukan olahraga di gym maka mau tidak mau Anda harus mendaftar menjadi anggota di gym tersebut, sehingga Anda setidaknya mengeluarkan uang untuk itu. Hal ini bisa menjadi motivasi bagi Anda, karena Anda tidak mau uang yang sudah dikeluarkan menjadi sia-sia, bukan? Selain itu, lingkungan gym yang penuh dengan orang-orang yang sedang berolahraga juga dapat membuat Anda lebih terpacu untuk lebih sering melakukan olahraga.

3. Lebih fokus dan konsentrasi

Lingkungan gym membuat fokus dan konsentrasi lebih mudah terbentuk jika dibandingkan dengan di rumah. Tidak banyak hal yang bisa membuat Anda terganggu, jika melakukannya di gym.

4. Bisa ikut dalam program yang tersedia

Tidak hanya punya banyak pilihan peralatan serta sarana olahraga, biasanya di gym juga terdapat seseorang yang profesional atau pelatih yang bisa membantu program Anda lebih cepat tercapai.

Kekurangan olahraga di gym

1. Biaya besar

Salah satu yang membuat sebagian besar berpikir dua kali untuk melakukan olahraga di gym adalah biaya yang harus dikeluarkan selama berolahraga di gym cukup besar.

2. Perlu persiapan

Tidak seperti melakukan olahraga di rumah, apabila Anda memilih untuk berolahraga di gym maka yang harus Anda lakukan sebelum pergi ke gym adalah mempersiapkan semua barang bawaan Anda, seperti pakaian ganti, mengisi botol minum, serta membawa barang lainnya.

Kelebihan melakukan olahraga di rumah

1. Murah

Perbedaan terbesar antara melakukan olahraga di rumah atau gym adalah biayanya. Tentu saja jika Anda memilih untuk berolahraga di rumah, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

2. Lebih nyaman

Mungkin sebagian besar orang kurang nyaman jika harus berolahraga bersama-sama atau di dalam keramaian. Tetapi jika melakukan olahraga di rumah, Anda tidak perlu memikirkan baju apa yang harus Anda pakai, tidak peduli dengan gaya apa Anda akan berolahraga, atau seberapa lama Anda menghabiskan waktu untuk berolahraga. Anda akan merasa santai jika melakukannya di rumah.

3. Pilihan yang bermacam-macam

Anda tidak perlu bingung olahraga apa yang bisa Anda lakukan di rumah. Ada begitu banyak olahraga yang bisa Anda lakukan, seperti bersepeda, berlari, jalan santai di sekitar rumah, ataupun melakukan aerobik di dalam kamar. Beberapa kegiatan rumah seperti berkebun juga bisa termasuk aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan di rumah.

4. Dapat menggabungkan beberapa jenis olahraga

Jika memang Anda ingin melatih jantung, tetapi juga ingin melatih otot-otot kaki, maka Anda dapat menggabungkan beberapa gerakan atau jenis olahraga dalam satu waktu. Beberapa aplikasi di telepon pintar Anda dapat membantu menunjukkan gerakan mana saja yang termasuk olahraga jantung atau olahraga yang berguna untuk mengencangkan otot kaki. Kemudian Anda dapat menyatukan beberapa gerakan tersebut dengan bebas, tidak terikat waktu.

Kekurangan olahraga di rumah

1. Susah untuk fokus, terlalu banyak alasan

Apabila Anda memutuskan untuk melakukan olahraga di rumah, maka luruskan niat Anda terlebih dahulu. Banyak sekali orang yang tidak bisa melakukan olahraga di rumah karena terlalu banyak alasan untuk menghindari latihan rutin.

2. Tidak ada pelatih

Pelatih atau seseorang yang profesional sangat diperlukan jika memang Anda sedang melakukan program, seperti penurunan berat badan, atau peningkatan massa otot. Jika Anda melakukannya di rumah, maka hal ini menjadi agak sulit untuk dilakukan.

3. Tempat dan fasilitas terbatas

Melakukan olahraga di rumah memang tidak memerlukan tempat atau ruangan yang luas. Tetapi jika Anda memang ingin menggunakan alat olahraga seperti treadmill atau alat lainnya, maka alat tersebut membutuhkan ruang yang agak luas untuk menyimpannya.

Lalu, saya harus melakukan olahraga di rumah atau di gym?

Sebenarnya, hal ini tergantung dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Jika memang Anda sedang menjalani program dan tidak punya waktu yang cukup untuk berolahraga, maka gym adalah tempat yang pas untuk Anda, karena di gym Anda akan lebih fokus dan bisa menjalankan program lebih cepat dibandingkan di rumah. Tetapi jika waktu Anda cukup banyak dan budget yang tersedia terbatas, maka olahraga di rumah adalah solusinya. Tidak peduli tempat olahraganya, namun kualitas serta frekuensi olahraga yang harus diperhatikan.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Diet Eliminasi (Elimination Diet) untuk Tahu Intoleransi Makanan

Diet eliminasi akan membantu Anda untuk menemukan beberapa jenis makanan yang memperburuk kondisi tubuh Anda. Seperti apa dietnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Alergi, Health Centers 05/07/2020 . Waktu baca 5 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

Olahraga yang dilakukan di luar rumah bisa bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan mental. Tapi apakah aman olahraga di luar rumah saat pandemi COVID-19?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 30/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit