Olahraga adalah kebutuhan penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk dilakukan saat olahraga. Namun, jenis olahraga apa, ya, yang paling cocok untuk diri Anda sendiri? Nah, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan agar jadwal olahraga Anda nantinya berjalan lancar dan rutin, serta hasilnya maksimal. Ini dia ulasannya.

Pikirkan tentang apa tujuan Anda berolahraga

Sebelum Anda memulai olahraga, mulai dengan apa tujuan Anda melakukannya. Apakah untuk kebugaran tubuh secara keseluruhan, atau fokus pada otot tertentu, untuk pemulihan setelah cedera, menurunkan berat badan, dan lain-lain.

Contohnya, Anda merasa mudah sekali lelah, naik tangga saja membuat Anda terengah-engah berlebihan. Olahraga kardio seperti berlari, bersepeda, berenang bisa jadi pilihan Anda. Pasalnya, olahraga kardio bisa memacu kerja jantung agar semakin kuat memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Atau, mungkin jika Anda merasa sudah cukup tapi merasa postur badan masih kurang memuaskan, Anda bisa menambahkan olahraga lebih spesifik ke pembentukan otot.

Pilihlah aktivitas olahraga apa yang Anda sukai

Pilih aktivitas olahraga yang Anda sukai, bukan hanya yang bagus untuk Anda, tetapi Anda tidak menyukainya. Yang menjadi masalah adalah, jika tidak suka orang dengan mudah akan mengakhiri olahraga mereka karena tidak bisa menikmatinya. Jika sudah seperti ini, jadwal latihan bisa mulai banyak yang bolong-bolong, ujung-ujungnya tujuan pun tidak tercapai.

Jika masih bingung mau olahraga apa, pikirkan kembali apa aktivitas olahraga yang sering Anda lakukan atau yang Anda sukai ketika kecil. Misalnya bermain basket atau bulu tangkis. Anda bisa memulainya dengan menjalankan aktivitas itu kembali.

Pertimbangkan waktu olahraga Anda

Waktu juga menjadi penentu penting mengenai olahraga apa yang tepat untuk Anda. Kapan Anda bisa melakukannya, sebelum berangkat bekerjakah, atau sepulang bekerja. Lalu seberapa lama juga waktu yang Anda miliki untuk tiap kali olahraga. Hal ini semua akan berkaitan dengan lokasi Anda berolahraga.

Jika waktu yang Anda miliki untuk tiap sesi sangat singkat, tentunya jangan pilih tempat yang terlalu jauh, pilihlah yang dekat, tapi bisa terjangkau dengan Anda setiap kali olahraga. Kuncinya adalah selalu termotivasi untuk menyiasati waktu berolahraga, dan jadikan olahraga sebagai prioritas juga dalam hidup.

manfaat olahraga TRX

Lebih suka olahraga sendiri atau bersama teman-teman?

Mungkin ini terlihat sepele, tapi inilah salah satu kunci keberhasilan olahraga Anda. Apakah saat Anda melakukan olahraga sendiri, Anda bisa menjalaninya dengan teratur dan fokus?

Jika ya, lakukanlah secara teratur untuk olahraga sendiri. Dengan metode ini, target Anda melakukan olahraga akan semakin tercapai. Contohnya, jika Anda lebih menyukai bersepeda sendirian setiap pagi, lakukanlah dengan rutin.

Jika Anda bukan orang yang memiliki motivasi tinggi untuk melakukan olahraga secara mandiri, melainkan harus bersama satu atau dua orang teman, jadwalkan untuk olahraga bersama teman Anda yang memiliki motivasi sama.

Contohnya, jika Anda hanya ingin bersama beberapa teman saja, Anda bisa berolahraga di rumah melakukan gerakan senam secara rutin dari video. Namun tentunya dari video oleh instruktur senam terkualifikasi, bukan sembarang orang yang melakukan senam biasa.

Jika Anda menyukai berolahraga bersama-sama dengan banyak teman baru, pilihlah olahraga di gym atau zumba. 

Beberapa orang akan lebih disiplin melakukan olahraga jika mereka memiliki kelas atau kursus rutin dengan komunitas. Jika Anda merupakan tipe orang yang seperti itu, ikutilah kelas-kelas di gym sekitar Anda, atau ikuti olahraga rutin bersama komunitas. Contohnya, Anda menyukai lari bersama teman-teman, ikutilah komunitas lari agar Anda memiliki motivasi untuk berolahraga.

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan juga

Dilansir dalam laman Better Health, ada beberapa hal tambahan yang perlu Anda pertimbangkan juga yaitu:

  • Bersikap realistis saat memilih beratnya latihan Anda nanti. Jika Anda pemula, sesuaikan dengan kemampuan Anda. Contohnya, jika berlari 100 meter saja sangat berat untuk Anda, cobalah untuk berjalan cepat dahulu. Baru selanjutnya tingkatkan lebih berat lagi.
  • Pilihlah aktivitas olahraga sesuai kondisi cuaca di tempat Anda. Pilih aktivitas olahraga dalam ruangan jika cuaca tidak bersahabat, terlalu dingin atau terlalu panas di luar.
  • Pilih lebih dari satu jenis aktivitas untuk mencegah kebosanan. Selingi dengan olahraga inti Anda. Selain untuk mencegah kebosanan, hal ini juga dapat melatih bagian otot-otot lainnya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca