Olahraga Dapat Mencegah Tubuh Mengalami Penuaan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Sebuah studi tahun 2013 yang dilakukan di Harvard, menemukan bahwa olahraga mencegah penuaan dini dan efektif mencegah kondisi umum seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Sejak lama diketahui bahwa olahraga mencegah penuaan dan dapat menangkal penyaki terkait usia lanjut. Namun sebuah penelitian menunjukkan, bahwa aktivitas fisik rutin memiliki efek anti penuaan pada sel-sel dalam tubuh.

Bagaimana olahraga bisa mencegah penuaan dini?

Sekelompok peneliti dari McMaster University Kanada meneliti tikus yang diuji untuk melakukan olahraga guna menghambat proses penuaan. Sebelumnya, tikus sudah direkayasa agar lebih cepat tua. Setelah beberapa bulan diberikan latihan treadmill secara rutin, tikus-tikus ini ternyata tetap muda sebagaimana tikus yang normal dan tidak direkayasa.

Selain hal itu, para peneliti juga menemukan bahwa olahraga mencegah penuaan dini pada hampir semua organ tubuh tikus yang diuji. Dalam beberapa kasus, organ tubuh bahkan menjadi lebih baik dengan berolahraga. Secara keseluruhan penelitian mencatat bahwa latihan dan olahraga rutin dapat memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap semua otot dan pengerutan otak, bahkan mencegah berubannya rambut.

Lalu, periset lain dari Saarland University di Jerman, juga mengemukakan kalau olahraga rutin dapat mencegah pemendekan telomere. Pemendekan telomere sendiri berlangsung sepanjang hayat manusia dan dikaitkan dengan penuaan dini. Ini dikarenakan semakin pendek telomere, berarti semakin pendek DNA dan ini dapat mengacaukan metabolisme tubuh sehingga menimbulkan kerusakan.

Beberapa jenis latihan dan olahraga untuk mencegah penuaan

1. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang bisa dicoba untuk membuat Anda tetap awet muda. Mungkin Anda akan beranggapan bahwa manfaat yoga untuk pencegah penuaan maupun untuk kesehatan tidaklah terlalu besar, karena yoga tidak melakukan gerakan-gerakan yang mengeluarkan keringat. Namun anggapan itu salah.

Gerakan-gerakan yang terdapat dalam yoga menurut Dr. Jeanette Graf, M.D, bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah. Aliran nutrisi dan juga oksigen dari seluruh tubuh termaksud kulit pun ikut menjadi lancar ketika Anda memperaktekkan gerakan yoga. Tidak hanya itu, dengan melakukan yoga Anda juga akan membuat anda mendapatkan ketenangan pikiran tersendiri yang akan membuat Anda terhindar dari stress berlebih.

2. Jogging

Jogging juga bisa membuat Anda tetap awet muda sembari menjaga fungsi organ tubuh. Hal ini dibuktikan oleh Humboldt State University dan University of Colorado yang telah menyatakan bahwa para manula memiliki fungsi tubuh yang terjaga sama seperti seorang yang berusia 20-30 tahun karena mereka rajin jogging.

Para manula yang tidak berolahraga, fungsi tubuhnya tidak berubah dan tetap mengalami penuaan. Sedangkan, mereka yang berjoging fungsi tubuhnya mengalami peningkatan dan sama seperti mereka yang berusia 20 tahun. Jadi, bagi Anda yang ingin awet muda dan fungsi tubuh lebih terjaga, sebaiknya mulai rutin melakukan jogging yang secara ilmiah lebih efektif melawan penuaan.

 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Kenikmatan kopi sudah tidak diragukan. Namun, tahukan Anda ada beberapa cara membuat kopi yang dapat menjadikan manfaatnya lebih baik untuk kesehatan.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Kenapa Ada Orang yang Mengalami Alergi Bawang Putih dan Bisakah Diobati?

Selain alergi susu dan kacang, ada juga alergi bawang putih. Apa penyebabnya dan adakah cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Alergi, Alergi Makanan 20 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Anda suka nekat makan daging ayam belum matang? Awas, akibatnya bisa fatal. Ini dia berbagai bahaya dan ciri-ciri daging ayam yang belum dimasak sempurna.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Kenali Kejang Otot, Mulai dari Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nyeri akibat kejang otot punggung bisa terasa makin parah ketika Anda membungkukkan badan. Simak berbagai cara mudah mengatasi kejang otot punggung di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Muskuloskeletal, Myalgia (Nyeri Otot) 19 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

KDRT konflik rumah tangga

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
tips menghindari perceraian

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
masalah seks pada pria

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
pekerjaan rumah tangga saat hamil

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit