Berbagai Jenis Dokter Spesialis yang Perlu Anda Ketahui

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Dokter tidak hanya terdiri dari satu keahlian saja. Ada dokter umum dan dokter spesialis. Dokter ahli atau spesialis ini, akan memeriksa, mendiagnosis, serta mengobati masalah kesehatan berdasarkan kompetensi yang mereka punya. Kira-kira, dokter apa saja yang harus Anda ketahui?

Apa saja jenis dokter spesialis di Indonesia?

1. Dokter spesialis penyakit dalam

Ahli kardiovaskular

Kardiolog adalah dokter untuk menangani masalah jantung dan pembuluh darah. Kardiolog pun dapat dibedakan menjadi dokter ahli yang fokus mendiagnosis dan mengobati penyakit jantung atau dokter yang menangani masalah detak jantung tidak normal dan beberapa jenis fokus ilmu jantung lainnya.

Berbeda dengan kardiolog, dokter bedah jantung lebih fokus pada pengobatan penyakit jantung, dada, atau keduanya. Dokter bedah jantung bisa mengoperasi jantung, area dada, dan dalam beberapa kasus adalah masalah paru.

Sedangkan dokter yang menangani masalah paru disebut juga dengan pulmonologist. Sesuai namanya, dokter spesialis ini menangani masalah kanker paru, pneumonia, dan penyakit lain yang menyerang organ tersebut.

Ahli endokrinologi

Endokrinolog adalah adalah dokter yang mempelajari tentang kelenjar endokrin pada manusia, khususnya mengenai hormon yang dihasilkan dan pengaruhnya. Contoh penyakit yang ditangani oleh endokrinolog adalah diabetes mellitus, penyakit tiroid, cushing syndrome, dan sebagainya.

2. Dokter  THT

THT merupakan kepanjangan dari telinga, hidung, dan tenggorokan. Dokter THT pun bertanggung jawab atas ketiga hal tersebut. 

Biasanya, ketika Anda mengalami gangguan di hidung maka akan memengaruhi fungsi telinga, begitupun ketika tenggorokan atau telinga yang mengalami masalah tertentu. Bila hal ini terjadi, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter THT.

3. Dokter kesehatan gigi dan mulut

Dokter gigi dan mulut adalah dokter yang fokus dengan masalah kesehatan isi mulut. Area perawatan dokter gigi tidak hanya mencakup gigi dan gusi saja, mereka juga menangani masalah otot bagian kepala, leher dan rahang, lidah, kelenjar ludah, sistem saraf kepala dan leher dan daerah lainnya.

Selama pemeriksaan menyeluruh, dokter gigi biasanya akan memeriksa gigi dan gusi,  mencari benjolan, pembengkakan, perubahan warna dan kelainan apapun. Bila sesuai, mereka melakukan prosedur seperti biopsi, tes diagnostik (yang dilakukan untuk menegakkan diagnosis), dan tes skrining (yang dilakukan di awal untuk mendeteksi suatu masalah tertentu) bila ditemukan gejala kanker pada bagian mulut.

4. Dokter kandungan atau ginekologi

Segala macam masalah reproduksi wanita bisa dikonsultasikan pada ginekolog. Sebab, ginekologi akan menangani masalah seputar fungsi alat tubuh dan penyakit khusus pada wanita. Ginekolog merupakan dokter yang akan memeriksa mengenai kehamilan, kondisi rahim, atau hanya sekedar pemeriksaan rutin kesehatan organ intim. 

5. Dokter spesialis tulang

kanker payudara menyebar ke tulang

Ortopedi adalah dokter yang punya keahlian mengenai masalah tulang. Dokter akan fokus pada diagnosis, koreksi, pencegahan, dan perawatan tulang. Tak luput juga, dokter akan mendiagnosis adanyan gangguan pada tulang, sendi, otot, ligamen, tendon, saraf dan kulit.

Ahli ortopedi sekarang merawat pasien dari segala usia, mulai dari yang baru lahir dengan clubfoot, hingga atlet muda yang memerlukan operasi arthroscopic. 

6. Dokter  anak

Pediatri atau dokter spesialis anak, adalah dokter yang merawat dan mendiagnosis tentang anak atau bayi. Bayi dan anak-anak pada nyatanya berbeda dengan orang dewasa. Cacat bawaan, masalah genetik, dan masalah perkembangan anak lainnya akan diperiksa lewat dokter anak.  

7. Psikiater

Psikiater adalah dokter spesialis yang menangani masalah kejiwaan. Umumnya, psikiater akan melakukan diagnosis, terapi, dan konseling. Gejala adanya gangguan kejiwaan yang membutuhkan psikiater antara lain, seperti serangan panik, halusinasi yang menakutkan, pikiran untuk bunuh diri, atau Anda suka mendengar suara halusinasi yang orang lain tidak dengar.

8. Dokter spesialis saraf

Dokter ahli saraf disebut juga neurologis. Dokter ini akan fokus memeriksa dan menangani sistem saraf manusia, termasuk di dalamnya otak dan saraf tulang belakang. Seorang ahli saraf akan memeriksa bagian saraf yang penting bagi tubuh manusia. Antara lain seperti:

  • otak
  • saraf tulang belakang

9. Dokter kulit dan kelamin

Dokter kulit dan kelamin, adalah dokter yang akan menangani kesehatan kulit dan kelamin Anda. Penyakit-penyakit yang bisa ditangani oleh spesialis kulit dan kelamin adalah penyakit kulit, mulut, rambut, kuku, kelenjar keringat, kelenjar minyak, dan pastinya masalah yang berhubungan dengan kelamin Anda.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca