home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Panduan Memilih Dokter Mata Terbaik dan Sesuai Kebutuhan

Panduan Memilih Dokter Mata Terbaik dan Sesuai Kebutuhan

Dari sekian banyak dokter mata yang ada, Anda pasti merasa kebingungan memilih salah satu yang terbaik. Untuk menemukan dokter mata yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut cara memilih dokter mata terbaik untuk Anda.

Cara memilih dokter mata yang bagus

bintik kuning pada mata

Untuk memilih dokter mata yang bagus dan cocok untuk Anda, yuk, tentukan dengan berbagai pertimbangan berikut:

1. Cari tahu jenis dokter yang dibutuhkan

Sebelum melangkah lebih jauh, hal pertama yang perlu Anda tentukan saat memilih yaitu jenis dokter mata yang dibutuhkan. Misalnya antara optometrist atau ophthalmologist. Dilansir dari WebMD, optometrist adalah seorang dokter yang biasanya mengobati masalah mata tanpa melakukan operasi. Biasanya optometrist memiliki kewenangan untuk:

  • Melakukan pemeriksaan dan tes penglihatan.
  • Mengatasi masalah rabun jauh (minus), rabun dekat (plus), dan astigmatisme.
  • Meresepkan kacamata dan lensa kotak.
  • Memberikan bantuan untuk Anda yang memiliki mata kurang awas (low vision) melalui terapi.
  • Mendeteksi penyakit, cedera, dan gangguan yang berkaitan dengan mata.

Sementara ophthalmologist adalah dokter yang memiliki spesialisasi khusus dalam perawatan mata dan penglihatan secara keseluruhan. Biasanya seorang ophthalmologist berwenang untuk:

  • Memberikan layanan penglihatan termasuk memeriksa mata.
  • Perawatan mata medis seperti glaukoma, iritis dan luka bakar kimia pada mata.
  • Melakukan bedah mata akibat trauma, mata juling, katarak, glaukoma, dan masalah lainnya.
  • Memberikan perawatan untuk masalah mata yang diakibatkan oleh penyakit lain seperti diabetes atau radang sendi.
  • Operasi plastik untuk mengangkat kelopak mata yang turun atau menghaluskan kerutan.

2. Minta rekomendasi

Setelah menentukan dokter mata mana yang Anda butuhkan, langkah selanjutnya yaitu meminta rekomendasi. Cobalah untuk minta rekomendasi dokter mata yang bagus dari teman, keluarga, dokter langganan, atau pihak penyedia layanan kesehatan yang berkaitan.

Tanyakan pada keluarga atau teman Anda mengenai pengalamannya selama berhubungan dengan dokter tersebut. Dari cerita-cerita tersebut, Anda akan bisa mengira-ngira apakah dokter tersebut cocok untuk Anda atau tidak.

3. Cari dokter mata yang bagus dan berpengalaman

Saat mencari dokter mata yang bagus, sebagian besar orang biasanya akan lebih percaya pada yang berpengalaman. Apalagi jika masalah mata yang Anda miliki cukup rumit. Untuk mengecek pengalaman serta spesialisasi dokter terkait, Anda bisa mengeceknya di situs rumah sakit khusus mata.

Biasanya, laman tersebut akan menampilkan profil lengkap tiap dokternya untuk memudahkan calon pasien menentukan pilihan. Oleh karena itu, jangan malas mengecek satu per satu website rumah sakit mata yang ada di daerah Anda untuk bisa memilih dokter mata terbaik.

3. Pertimbangkan kualitas rumah sakit terkait

Tak hanya kualitas dokternya saja yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih dokter mata tetapi juga rumah sakit tempatnya praktik. Jika Anda membutuhkan perawatan jangka panjang, Anda harus memilih rumah sakit dengan kualitas yang bagus baik dari segi lokasi, sarana dan prasarana, termasuk pelayanannya.

4. Pilih dokter yang bisa Anda percaya

Jika Anda sudah menentukan beberapa kandidat dokter mata yang bagus,, cobalah untuk berkonsultasi dahulu sebelum menjalani tindakan apa pun. Memilih dokter mata yang cocok untuk Anda memang tidak bisa instan dan hanya dari apa kata orang. Oleh karena itu, cobalah untuk mengobrol dan konsultasi terlebih dahulu pada beberapa dokter.

Kemudian, di antara beberapa kandidat tersebut pilihlah satu orang yang menurut Anda paling enak diajak bicara dengan cara menjelaskan yang Anda sukai. Jika Anda sudah merasa nyaman dengan dokter tersebut, proses pengobatan pun bisa dimulai.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Eye Doctors: Optometrists and Ophthalmologists https://www.webmd.com/eye-health/eye-doctors-optometrists-ophthalmologists accessed on February 26th 2019

How to Choose an Eye Doctor https://www.allaboutvision.com/eye-doctor/choose.htm accessed on February 26th 2019

8 Tips for Choosing an Ophthalmologist https://www.healthgrades.com/explore/8-tips-for-choosing-an-ophthalmologist  accessed on February 26th 2019

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 15/11/2019
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x