Bau Mulut Tak Hilang-Hilang? Bisa Jadi Karena Gigi Anda Berlubang

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 01/05/2020
Bagikan sekarang

Bau mulut dapat timbul akibat makanan yang dikonsumsi, kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi, hingga gangguan kesehatan tertentu. Pada beberapa orang, bau tak sedap juga bisa tercium dari mulut karena ada gigi yang berlubang meski Anda tidak merasakan sakit gigi. Simak penjelasan dan cara mengatasinya di bawah ini!

Bau mulut karena gigi berlubang, kok bisa?

Mulut merupakan tempat tinggal berbagai jenis bakteri. Bakteri-bakteri ini hidup dengan memakan gula dari sisa makanan dan minuman yang terselip di antara celah gigi.

Pencernaan bakteri kemudian menghasilkan zat asam yang dapat mengikis permukaan gigi dan membuat gigi keropos. Asam ini akan terus mengikis gigi hingga ke dalamnya dan lambat laun menyebabkan pembusukan.

Permukaan gigi akhirnya hancur secara perlahan dan lubang-lubang kecil terbentuk pada gigi. Semakin lama bakteri dan asam menempel pada gigi, semakin bertambah pula ukuran lubang dan kerusakan yang terjadi.

Bakteri-bakteri ini terus hidup dan memperbanyak diri di dalam gigi yang berlubang. Saat mencerna makanan, bakteri dalam gigi berlubang juga memproduksi zat sisa yang menimbulkan bau mulut.

Melansir Mayo Clinic, kondisi yang dalam dunia media juga disebut sebagai halitosis ini bisa membuat kepercayaan diri Anda jadi menurun. Apalagi juga mempengaruhi sekitar 25 persen orang. Mengonsumsi makanan tertentu serta adanya kondisi tertentu juga bisa menjadi penyebab bau mulut.

Situs Oral Health Education Unit Department of Health milik pemerintah Hongkong menyebutkan, aroma bau dapat bertambah parah jika mulut dipenuhi bakteri seperti FusobacteriumP. intermedia, dan T. denticola. Ketiga bakteri itu mengurai protein menjadi senyawa sulfida. Senyawa inilah yang membuat terjadinya bau mulut karena gigi berlubang dan napas menjadi tak sedap.

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang

Sekitar 80% kasus bau mulut berawal dari masalah pada mulut dan gigi. Oleh sebab itu, solusinya perlu dimulai dari kesehatan mulut dan gigi Anda.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah bau mulut karena gigi berlubang:

1. Menjaga kebersihan mulut dan gigi

Jika Anda jarang membersihkan mulut dan gigi, bakteri akan terus berkembang biak dan membuat bau mulut semakin parah. Anda dapat menghindari bau mulut karena gigi berlubang dengan menerapkan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, lalu dilanjutkan dengan menggunakan benang gigi.
  • Menyikat gigi menggunakan sikat gigi elektrik atau berujung kecil untuk membersihkan bagian gigi yang sulit dijangkau.
  • Menggunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi berlubang
  • Berkumur menggunakan larutan kumur antiseptik setelah menggosok gigi.
  • Membersihkan permukaan lidah dari bakteri, kotoran, dan sel-sel mati.

2. Rutin memeriksakan diri ke dokter gigi

Pemeriksaan rutin minimal 6 bulan sekali sangat penting untuk mencegah bau mulut karena gigi berlubang. Hal ini dikarenakan menggosok gigi secara rutin pun tudak cukup untuk menjaga kebersihan mulut secara maksimal.

Saat kunjungan, dokter gigi akan menggunakan alat dan teknik khusus untuk membersihkan mulut serta gigi secara menyeluruh. Alat yang digunakan mampu untuk menghilangkan plak lebih efisien.

Selain itu, dokter gigi juga dapat mendeteksi risiko pembentukan lubang baru pada gigi dan masalah kesehatan lain, seperti penyakit gusi, infeksi, serta pembusukan pada gigi.

3. Minum cukup air

Minum air akan menjaga mulut tetap lembap sekaligus membersihkan mulut dari bakteri dan kotoran yang terselip. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi paparan bakteri maupun zat asam yang mengikis permukaan gigi.

Anda juga bisa meminum susu untuk meminimalisasi bau mulut yang tidak sedap. Hindari minuman manis mengandung gula, soda, minuman berperisa, dan sejenisnya agar tidak ada gula yang menempel pada celah gigi.

4. Berkumur dengan mouthwash

Apabila Anda telah rutin menggosok gigi dengan cara yang tepat namun bau mulut karena gigi berlubang tidak juga hilang, tidak ada salahnya untuk mencoba cara lain. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan berkumur dengan menggunakan mouthwash.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa mouthwash atau obat kumur antibakteri diklaim sangat baik dalam mengendalikan bau mulut. Perhatikan obat kumur yang mempunyai kandungan chlorehexidine serta cetylpyridinium karena bermanfaat untuk mengurangi jumlah bakteri di mulut.

Lalu, Anda bisa juga memilih obat kumur dengan kandungan klorin dioksida serta zinc karena membantu menghilangkan bau tidak sedap dengan cara menetralkan bau tidak sedap.

5. Kurangi asupan kopi

Sebagian besar orang termasuk Anda mungkin membutuhkan asupan kafein dari kopi untuk memulai hari. Hal ini betujuan untuk meningkatkan semangat serta menghilangkan rasa kantuk.

Namun, saat Anda sedang mengalami bau mulut karena gigi berlubang, coba untuk mengurang asupan kopi harian. Tidak hanya membuat gigi bernoda, tenyata kopi mempunyai kandungan sulfur yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan bau mulut.

Tidak hanya itu saja, kandungan kafein di dalam teh atau pun kopi dapat membuat mulut menjadi kering. Hal ini pula yang meningkatkan bau pada mulut.

6. Hindari mengonsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan tubuhmu. Salah satunya adalah dapat menambah bau mulut yang juga dikarenakan gigi berlubang.

Dalam sebuah penelitian di tahun 2018, diterbitkan dalam jurnal Microbiome, para peneliti menemukan konsentrasi bakteri jahat yang lebih tinggi. Hal ini berkaitan dengan masalah pada gigi seperti penyakit gusi dan menjadi pemicu bau mulut.

Ditambah, alkohol pun dapat menjadi pemicu refluks asam yang mengaibatkan asam lambung pun naik ke dalam tenggorokan dan menghasilkan bau.

Bau mulut karena gigi berlubang memang terasa begitu mengganggu. Jika tidak diatasi, kondisi ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih parah seperti penyakit gusi atau infeksi.

7. Konsumsi buah tertentu

Cara lain yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang adalah dengan mengonsumsi buah tertentu.

Seperti apel yang diklaim dapat memberikan efek positif terhadap bau mulut. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa apel mempunyai kandungan senyawa alami untuk menetralkan bau mulut. Selain itu, kandungannya juga bermanfaat untuk menghasilkan air liur yang berfungsi melawan bau mulut.

Meski demikian, Anda bisa mencegahnya dengan beberapa cara yang terbilang sederhana. Jika memang penyebabnya adalah gigi berlubang, segeralah ke dokter gigi untuk menambalnya. Setelah itu, jangan lupa jaga kebersihan mulut dan gigi Anda dengan cara-cara di atas.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Tips Menjaga Mulut Tetap Segar Saat Puasa di Bulan Ramadan

Kondisi mulut saat puasa mungkin terasa kurang segar. Untuk menghindari hal ini, berikut tips yang dapat Anda lakukan agar mulut tetap segar saat puasa!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki

Senang Makan Jengkol Saat Puasa? Ini 5 Tips Supaya Mulut Tetap Segar

Sebenarnya sah-sah saja untuk makan jengkol atau petai saat sedang puasa. Namun, pastikan Anda tahu tips menjaga agar aroma mulut tetap segar.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan Mei 5, 2020

4 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Saat Sedang Puasa

Puasa saat sakit gigi? Jangan khawatir! pasalnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit gigi saat puasa tanpa harus menelan obat!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan Mei 5, 2020

7 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut adalah masalah yang umum terjadi selama puasa. Tenang saja, Anda bisa menghilangkan bau mulut saat puasa dengan cara alami berikut ini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Hari Raya, Ramadan April 24, 2020

Direkomendasikan untuk Anda

daun eucalyptus dan ekstrak minyak eukaliptus yang berguna untuk usir bau mulut dan kesehatan gigi dan mulut

Manfaat Eucalyptus untuk Usir Bau Mulut saat Puasa

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Willyson Eveiro
Tanggal tayang Mei 20, 2020
mulut terasa pahit saat puasa

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal tayang Mei 19, 2020
obat sakit gigi berlubang

3 Pilihan Obat untuk Sakit Gigi Berlubang, Plus Cara Mengatasinya di Rumah dan di Dokter Gigi

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal tayang Mei 18, 2020
Frekuensi sikat gigi saat puasa dan pemilihan pasta gigi yang tepat dapat menjaga kesegaran mulut dan meminimalisasi bau mulut saat puasa

Agar Mulut Tak Bau, Haruskah Sikat Gigi Lebih Sering Selama Puasa?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Willyson Eveiro
Tanggal tayang Mei 13, 2020