4 Daftar Vitamin yang Membantu Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Menjaga kesehatan sistem pernapasan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari berhenti merokok, mengurangi paparan polusi, menjaga kebersihan rumah, hingga mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin yang baik untuk pernapasan. Apa saja vitamin tersebut? Yuk, intip daftarnya pada ulasan berikut ini.

Daftar vitamin yang menjaga sistem pernapasan tetap sehat

Sistem pernapasan yang sehat membuat Anda bernapas lebih lega. Anda bisa menghirup udara dengan bebas, mencium aroma harum dari masakan, dan dapat melakukan aktivitas tanpa diganggu dengan hidung tersumbat, batuk, maupun sesak napas.

Agar sistem pernapasan selalu sehat, Anda bisa menjaganya dengan memenuhi asupan makanan bervitamin. Berikut daftar vitamin yang sehat untuk pernapasan Anda.

1. Vitamin C

kebutuhan vitamin C saat puasa

Vitamin C adalah vitamin larut air yang mendukung sistem kekebalan tubuh lebih kuat dan melindungi sel-sel tubuh dari zat berbahaya. Dengan meningkatkan asupan vitamin C pada makanan, Anda dapat mengurangi risiko terkena masalah pernapasan.

Menurut sebuah studi pada jurnal Nutrients, vitamin C sangat bermanfaat untuk perawatan sekaligus pencegahan terhadap penyakit asma. Vitamin ini diketahui dapat meningkatkan fungsi paru-paru, mengurangi stres oksidatif, dan mengurangi kerusakan jaringan di paru-paru.

Tak hanya suplemen, manfaat vitamin C yang sehat untuk pernapasan ini tentunya juga bisa didapat dari makanan. Contoh makanan tinggi vitamin C yang bisa Anda pilih adalah buah jeruk, stroberi, mangga, kiwi, jambu biji, paprika, dan sayuran berdaun hijau.

2. Vitamin E

Selain vitamin C, vitamin E juga sehat untuk sistem pernapasan. Keduanya bekerja sama mengurangi peradangan pada paru-paru dan mengurangi stres oksidatif pada tubuh.

Studi yang sama menunjukkan bahwa asupan vitamin E yang rendah selama kehamilan bisa meningkatkan risiko alergi pada sang ibu dan asma pada bayinya.

Untungnya, hampir semua kacang-kacangan, seperti almond atau kenari, kaya dengan vitamin E dan Anda bisa menikmatinya dengan beragam sajian. Kacang-kacangan langsung atau dijadikan topping yogurt dan salad.

3. Vitamin D

vitamin D saat puasa

Vitamin D tidak hanya menjaga tulang tetap sehat, tapi juga baik untuk sistem pernapasan. Vitamin ini diketahui memberi perlindungan tubuh dari infeksi bakteri terkait masalah pernapasan, mempercepat penyembuhan luka, serta mendukung paru-paru untuk bekerja dengan normal.

Anak-anak yang memiliki asma juga diketahui mendapatkan asupan vitamin D yang rendah. Begitu pula dengan kurangnya asupan vitamin D selama kehamilan.

Hal tersebut dapat menghambat perkembangan paru-paru janin dan meningkatkan risiko asma pada anak tersebut ketika ia berusia 6 tahun.

Anda bisa mendapatkan vitamin yang menyehatkan pernapasan ini dari ikan salmon, telur, keju, dan produk susu.

4. Vitamin A

fungsi vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak. Di dalam tubuh, vitamin ini bertugas untuk mendukung perkembangan janin, kekebalan tubuh, dan pembelahan sel.

Menurut studi yang dilakukan oleh Luiss Torres, vitamin A dibutuhkan untuk perkembangan paru-paru, pembentukan alveolar, pemelihara jaringan dan regenerasi sel. Kekurangan vitamin A diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit paru-paru.

Anda dapat memenuhi asupan vitamin yang sehat untuk pernapasan ini dari wortel, brokoli, paprika, dan telur.

Agar kebutuhan vitamin tercukupi perhatikan tips ini

Vitamin yang menyehatkan sistem pernapasan ini memang bisa Anda dapatkan dengan mudah dari makanan. Namun, kondisi makanan dan proses pengolahannya dapat merusak kandungan nutrisi, salah satunya vitamin.

Pilihlah sayur, buah, dan makanan lain yang kondisinya segar. Cuci dengan air bersih sebelum Anda memakan atau mengolahnya. Ingat jangan memasak sayur terlalu matang karena kandungan vitamin akan berkurang, sebaiknya masak hingga setengah matang.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca