Nonton Video Kucing Lucu di Kantor Bikin Kerja Tambah Produktif

Oleh

Lain kali Anda ketangkap basah oleh si bos besar sedang nonton video kucing lucu di YouTube padahal kerjaan lagi banyak-banyaknya, kini Anda bisa menangkis tudingan “malas-malasan” dengan alasan kuat yang didukung oleh sains.

Penelitian baru menunjukkan melihat gambar-gambar atau video bayi binatang lucu benar-benar dapat meningkatkan efektivitas dan kecepatan performa kerja Anda, ketajaman fokus, dan perilaku yang lebih berhati-hati. Apa alasannya?

Menonton video kucing lucu meningkatkan konsentrasi dan performa kerja

Melihat wajah bayi dikenal sebagai pemicu dorongan rasa kepedulian dan ingin merawat pada manusia, dan bahkan beberapa penelitian telah menyarankan bahwa gambar-gambar lucu dapat mengeluarkan sifar ramah pada manusia. Pada studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE, peneliti menunjukkan bahwa dorongan-dorongan ini dapat dialihkan ke situasi lain di luar pengasuhan bayi dan situasi sosial lainnya untuk tugas-tugas yang membutuhkan fokus sempit dan konsentrasi tinggi.

Tim peneliti dari Hiroshima University yang dipimpin Hiroshi Nittono ini membagi 48 siswa laki-laki dan perempuan untuk menjalani tiga eksperimen visual terpisah: terlibat dalam permainan bedah operasi bertujuan untuk menyelamatkan si “pasien” (guna mengukur ketangkasan motorik), untuk mencari dua digit angka dalam serangkaian barisan angka acak (mengukur ketangkasan visual), dan mengukur fokus dan perhatian dengan menyusun huruf dan angka. Masing-masing grup diminta untuk melihat gambar video kucing lucu, melihat gambar binatang dewasa, dan sisanya menatapi gambar netral (seperti makanan).

Kelompok siswa yang melihat video bayi binatang lucu memperlihatkan performa tugas yang lebih baik mengalahkan rekan-rekan lainnya yang hanya mengamati hewan dewasa atau makanan. Perbedaan kualitas performa kerja ini bahkan diketahui sangat jauh dengan perbedaan margin yang signifikan.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa gambar bayi binatang membuat peserta penelitian lebih terfokus dan lebih berhati-hati karena dirangsang oleh emosi positif dari rasa gemas melihat sesuatu yang imut-imut.

Manfaat lain dari menonton video kucing lucu

Karakter-karakter kartun lucu, seperti Hello Kitty atau Pikachu, menurut tim peneliti memicu sejumlah perasaan positif karena karakter imut-imut ini menyerupai karakteristik bayi dengan mata besar berkilau dan kepala yang juga besar.

“Makhluk-makhluk lucu seperti anak kucing dan anak anjing tidak hanya membuat peserta penelitian lebih tampak bersahabat dan ramah, tapi juga menimbulkan kecenderungan untuk bersikap ekstra hati-hati,” ungkap para peneliti dalam laporannya, dilansir dari Everyday Health, “Dan jika melihat video kucing lucu membuat penontonnya lebih memusatkan perhatian, performa pada tugas-tugas persepsi non-motorik akan meningkat juga.”

Ada beberapa teori di balik temuan ini. Salah satu alasannya adalah manusia dewasa sering tanpa sadar memperlihatkan emosi positif dan memperlambat bicaranya saat berbicara dengan anak kucing atau anak anjing, dan para peneliti Jepang berspekulasi bahwa melihat gambar lucu mungkin memiliki efek yang sama — memperlambat perilaku siswa yang menonton video kucing lucu sehingga meningkatkan akurasi mereka dalam tes tersebut.

Alasan lainnya mungkin lebih terkait pada naluri induk — naluri melindungi dan merawat — sesuatu yang mungkin akan menguntungkan kinerja dalam tugas terkait perawatan yang melibatkan membantu seseorang (bahkan jika “seseorang” tersebut hanyalah pasien dari permainan papan plastik).

“Studi ini menunjukkan bahwa melihat hal-hal yang lucu nan menggemaskan meningkatkan kinerja selanjutnya dalam tugas-tugas yang membutuhkan ketelitian perilaku, mungkin dengan mempersempit luasnya fokus perhatian,” ungkap Hiroshi Nittono, kepala penulis studi, dilansir dari Live Science.

Tak hanya menonton video kucing lucu, video kocak lainnya juga bisa

Studi terdahulu telah menunjukkan bahwa break sejenak dari pekerjaan, apapun bentuknya, misalnya browsing gambar anjing-anjing lucu di instagram, nonton video kucing lucu di youtube, atau parodi video klip musik hits dapat menjaga Anda agar lebih fokus sepanjang hari kerja.

“Web browsing dapat benar-benar menyegarkan pekerja yang kelelahan dan meningkatkan produktivitas mereka, dibandingkan dengan melakukan kegiatan lainnya seperti menelepon orang terkasih, membalas chat atau email teman, apalagi bekerja terus menerus tanpa istirahat sama sekali,” dilansir dari The Huffington Post.

Gagasan ini didukung oleh studi tahun 2009 dari University of Melbourne yang menyimpulkan bahwa istirahat singkat dan tidak mengganggu membuat pekerja lebih produktif daripada rekan-rekan yang menolak untuk menyerah pada godaan video kucing lucu barang 30 detik saja.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca