Kenapa Bisa Timbul Luka Memar di Kaki yang Terbentur Meja?

Oleh

Tanggal update November 29, 2019
Bagikan sekarang

Entah itu karena paha yang kejedot ujung meja atau lengan yang terbentur daun pintu, luka memar rasanya sudah menjadi makanan sehari-hari. Tapi pernahkah Anda penasaran, kenapa luka memar bisa terjadi, dan kenapa warnanya bisa berubah seiring waktu?

Apa penyebab luka memar?

Memar adalah jenis cedera kulit yang biasanya muncul akibat benturan/pukulan benda tumpul yang langsung mengenai kulit, menyebabkan pecahnya pembuluh darah kapiler (pembuluh darah kecil dekat permukaan kulit). Saat pembuluh darah pecah, maka darah akan bocor dan menyebar ke jaringan sekelilingnya, sehingga menyebabkan rasa nyeri dan perubahan warna pada kulit.

Seiring waktu tubuh Anda akan menyerap darah yang keluar dari pembuluh darah tersebut. Inilah yang menyebabkan perubahan tampilan dan warna dari luka memar.

Anda pasti pernah menemukan satu-dua luka memar acak di tubuh, dan tidak pernah bisa ingat kapan atau kenapa memar terjadi. Tapi tahukah Anda kalau “usia” luka memar bisa ditebak berdasarkan warnanya?  Dengan begini, mungkin akan memudahkan Anda untuk mengingat-ingat apa yang menjadi biang keladi penyebab memar menyebalkan tersebut. Begini cara mengetahuinya

Tahapan perubahan warna luka memar

Dari mulai terbentuk hingga benar-benar hilang, luka memar biasanya bertahan selama dua hingga tiga minggu. Pada beberapa kasus, memar mungkin saja memakan waktu yang lebih lama untuk sembuh.

Cepat lambatnya luka memar dapat sembuh bergantung dari seberapa parah benturan yang diterima tubuh dan di mana letak memar. Beberapa bagian tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh, terutama kaki dan tangan.

Berikut adalah tahapan proses perubahan warna luka memar, dari saat pertama terbentur hingga benar-benar sembuh total.

1. Merah muda hingga merah

Segera setelah benturan terjadi, kulit Anda akan terlihat memerah. Anda juga mungkin akan menyadari bahwa area yang terbentur menjadi sedikit bengkak dan nyeri saat ditekan.

2. Kebiruan hingga ungu gelap

Satu hari setelah benturan, warna memar Anda akan menggelap, berubah menjadi kebiruan atau ungu. Hal disebabkan karena minimnya asupan oksigen, sekaligus juga timbul pembengkakan di area sekitar memar. Akibatnya, hemoglobin yang biasanya berwarna merah akan berubah menjadi biru. Luka memar yang berwarna biru keunguan ini bisa bertahan hingga lima hari setelah benturan.

3. Hijau pucat

Sekitar hari keenam, warna memar di kulit berubah kehijauan. Hal ini menandakan bahwa hemoglobin yang terdapat dalam darah mulai terurai. Pada tahap ini, proses penyembuhan telah dimulai.

4. Kuning kecoklatan

Setelah seminggu memar akan berangsur berubah warna menjadi lebih terang, yaitu menjadi kuning pucat atau coklat muda. Tahap ini merupakan tahap terakhir dari proses penyembuhan memar. Memar Anda tidak akan berubah warna lagi, melainkan akan menghilang secara perlahan dan kembali ke warna kulit asli Anda.

Kapan luka memar harus diperiksakan ke dokter?

Pada beberapa kasus, memar bisa tidak berubah warna atau tidak kunjung sembuh. Memar yang terasa keras saat disentuh, semakin membesar, dan semakin menyakitkan dapat menandakan ada pembentukan hematoma.

Hematoma adalah benjolan yang terbentuk ketika darah mulai berkumpul di bawah kulit atau otot. Bukannya mengalami proses penguraian dan penyembuhan seperti yang telah dijelaskan di atas, darah pada hematoma justru menggumpal di dalam tubuh. Hematoma hanya bisa dikeluarkan dengan penanganan medis, jadi periksakan ke dokter jika Anda mengalami gejala memar yang tidak kunjung sembuh.

Apakah ada cara cepat menghilangkan luka memar?

Mencegah terjadinya memar mungkin tidak selalu dapat dilakukan, namun Anda dapat mempercepat penyembuhan memar di rumah dengan cara:

  • Gunakan kompres dingin atau es setelah benturan untuk mengurangi ukuran memar dan menekan proses inflamasi dan pembengkakan. Suhu dingin akan mengurangi aliran darah yang menuju ke area luka dan membantu meminimalisir jumlah darah yang keluar dari pembuluh darah ke jaringan sekitar
  • Angkat bagian tubuh lokasi memar berada, harus lebih tinggi dari jantung Anda. Gravitasi dapat membantu mencegah darah berkumpul di area memar
  • Cobalah untuk mengistirahatkan daerah yang terkena benturan sebanyak yang Anda bisa
  • Jika terasa nyeri, Anda dapat minum obat penghilang nyeri atau oleskan salep obat.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Glass skin adalah tren kecantikan kulit bening bercahaya berasal dari Korea Selatan. Bagaimana langkah perawatan kulit untuk mendapatkannya?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila

Penyebab Rambut Rontok pada Remaja dan Cara Mengatasinya

Rambut rontok pada remaja bisa disebabkan oleh beberapa kondisi. Tapi sering kali hanya sementara dan bisa tumbuh kembali jika diketahui penyebabnya.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Ulfa Rahayu

Dua Vitamin dan Mineral yang Paling Diperlukan Tubuh Selama Puasa

Ketika bulan puasa, banyak orang yang mudah sakit dan merasa cepat lemas. Karena itu, Anda butuh minum vitamin C dan zinc untuk mengatasinya. Mengapa?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Hari Raya, Ramadan Mei 1, 2020

Yang Terjadi Dalam Tubuh Saat Kita Berpuasa

Saat puasa kita tidak boleh makan dan minum. Penasaran tidak, apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh saat kita berpuasa?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh dr. Maizan Khairun Nissa
Hari Raya, Ramadan April 28, 2020

Direkomendasikan untuk Anda

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal tayang Mei 19, 2020
Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal tayang Mei 17, 2020
5 Fungsi Antiseptik Cair Selain untuk Mandi

5 Fungsi Antiseptik Cair Selain untuk Mandi

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Willyson Eveiro
Tanggal tayang Mei 12, 2020
Kenapa Kita Sering Ngantuk Saat Puasa?

Kenapa Kita Sering Ngantuk Saat Puasa?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh dr. Angga Maulana
Tanggal tayang Mei 7, 2020