Selain Dingin, Ini 5 Kondisi yang Menyebabkan Badan Tiba-tiba Menggigil

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Menggigil adalah respons alami tubuh untuk menghangatkan diri saat terkena udara dingin. Namun, beberapa orang bisa mengalami ini secara mendadak walaupun suhu di sekitarnya terbilang normal. Badan tiba-tiba menggigil tanpa sebab yang jelas bisa menjadi tanda masalah kesehatan karena artinya otot-otot tubuh Anda berkontraksi di luar kendali.

Kondisi yang membuat badan tiba-tiba menggigil

Berikut adalah beberapa penyebab umum dari rasa menggigil yang muncul tiba-tiba.

1. Demam

Seseorang dikatakan mengalami demam bila suhu tubuhnya melebihi 37,7 derajat celcius. Demam sebenarnya bukanlah penyakit, melainkan mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Kondisi ini juga bisa terjadi saat organ tubuh Anda mengalami peradangan, atau ketika Anda mengalami reaksi alergi.

Saat mengalami demam, badan Anda tidak hanya akan menggigil. Terkadang gejala mirip flu juga dapat muncul meskipun tidak semua orang mengalaminya. Kondisi ini kemudian akan mereda dengan sendirinya, tapi Anda juga dapat mempercepat hilangnya demam dengan memperbanyak minum air dan mengonsumsi obat demam yang dijual bebas.

2. Hipoglikemia (gula darah rendah)

Rendahnya kadar gula darah dapat memengaruhi kinerja tubuh Anda dan membuat badan tiba-tiba menggigil. Ini merupakan respons tubuh yang lazim setelah Anda tidak makan dalam waktu lama atau bila tubuh tidak mampu mengelola gula darah dengan benar. Inilah mengapa penderita diabetes lebih sering mengalami badan menggigil, sebab tubuhnya tidak dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

Selain menggigil, hipoglikemia juga dapat ditandai dengan tubuh berkeringat, jantung berdebar, penglihatan kabur, rasa menggelitik di sekitar mulut, hingga kejang pada kasus yang parah. Pada penderita diabetes, hipoglikemia dapat mengancam jiwa sehingga membutuhkan penanganan segera.

3. Pemberian bius setelah operasi

Meskipun belum diketahui penyebab pastinya, suhu tubuh Anda dapat menurun selama operasi berlangsung. Begitu operasi selesai dan Anda kembali sadar, tubuh Anda akan kembali menyesuaikan suhunya ke angka normal sehingga menimbulkan efek menggigil.

Obat bius juga dapat memengaruhi kemampuan tubuh Anda dalam mengatur suhu. Karena hal inilah, proses kembalinya suhu tubuh menjadi normal pascaoperasi dapat memakan waktu lebih lama.

4. Efek samping konsumsi obat-obatan

Obat-obatan terkadang dapat menimbulkan efek samping, termasuk membuat badan tiba-tiba menggigil. Anda juga dapat mengalami hal ini saat mengonsumsi obat-obatan bebas, suplemen, produk herbal, bahkan obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter dengan dosis yang salah.

Segera beritahukan dokter maupun apoteker yang memberikan obat-obatan tersebut bila badan Anda tiba-tiba menggigil setelah mengonsumsinya. Hal ini bermanfaat untuk mencegah kemungkinan efek yang lebih buruk.

5. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme ditandai dengan ketidakmampuan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon dalam jumlah yang diperlukan guna melangsungkan metabolisme tubuh. Kondisi ini dapat meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap suhu dingin sehingga membuat badan menggigil tiba-tiba.

Akan tetapi, menggigil bukanlah satu-satunya tanda hipotiroidisme. Gejala lainnya pun dapat muncul, seperti:

  • naiknya berat badan tanpa sebab yang jelas
  • wajah tampak membengkak
  • otot lemah, nyeri, atau kaku
  • kuku, kulit, dan rambut kering
  • timbulnya kecenderungan depresi
  • sembelit

Badan yang tiba-tiba menggigil dapat menjadi tanda dari berbagai gangguan kesehatan. Bahkan, hal ini juga dapat terjadi saat Anda mengalami kondisi emosional yang menyebabkan rasa takut dan kecemasan parah. Selalu cermati gejala lain yang mungkin muncul saat badan Anda menggigil, sebab ini akan membantu Anda dalam menemukan faktor penyebabnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Jantung dan Kekambuhannya

Kabar baik, berbagai masalah jantung dapat Anda cegah. Cara mencegah penyakit jantung pun beragam. Apa saja tindakan pencegahan penyakit jantung?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Jantung 21 November 2020 . Waktu baca 12 menit

3 Langkah Lindungi Keluarga untuk Mencegah Diabetes Sejak Dini

Lindungi keluaga dengan langkah mencegah diabetes sejak dini dengan mengadopsi haya hidup sehat, rutin olahraga, dan memeriksa gula darah.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
mencegah diabetes sejak dini
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Ibu, Ini Cara Cegah Risiko Diabetes pada Keluarga Tercinta Sejak Dini

Diabetes dapat terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Yuk, lakukan enam langkah ini untuk mencegah risiko diabetes pada keluarga tercinta.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
mencegah diabetes pada keluarga
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 November 2020 . Waktu baca 11 menit

Bisul

Bisul adalah benjolan berisi nanah yang berada di kulit Anda. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya? Simak ulasan lengkapnya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Kulit, Penyakit Infeksi Kulit 9 November 2020 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit bursitis adalah

Bursitis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 10 menit
Tennis elbow atau epikondilitis lateral adalah rasa sakit pada siku yang dapat terjadi karena rusaknya otot dan tendon di area siku.

Tennis Elbow (Epikondilitis Lateral)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 11 menit
stomatitis adalah

Stomatitis

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 30 November 2020 . Waktu baca 12 menit
gejala flu

7 Gejala Flu yang Tidak Boleh Disepelekan

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 7 menit