6 Penyebab Badan Mudah Pegal dan Nyeri Beserta Cara Mengatasinya

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 Oktober 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Mungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang sering merasa badan mudah pegal dan nyeri, tanpa tahu apa penyebab sebenarnya. Nah, kali ini saya akan menjelaskan berbagai penyebab badan mudah pegal dan nyeri serta cara tepat mengatasinya. 

Penyebab badan mudah pegal dan nyeri

Pada dasarnya, badan bisa pegal-pegal karena beberapa hal. Mulai dari gaya hidup yang kurang sehat, konsumsi obat-obatan, hingga akibat kondisi kesehatan tertentu. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1.  Kelainan pada otot

Hati-hati jika tubuh Anda mudah terasa pegal dan nyeri. Keluhan tersebut bisa disebabkan oleh kelainan otot. Masalah kelainan otot meliputi kram, keseleo, dan fibromyalgia atau gangguan otak menerima sinyal rasa sakit yang ditandai dengan nyeri muskoskeletal (tulang dan otot) serta miositis atau peradangan otot. 

2. Penumpukan asam laktat

Penumpukan asam laktat, yaitu asam yang terbentuk di dalam otot saat seseorang membutuhkan banyak energi, juga bisa menjadi penyebab lain badan mudah pegal dan nyeri. Biasanya penumpukan ini terjadi setelah melakukan olahraga berat atau secara berlebihan dan aktivitas berat lainnya. 

Contoh aktivitas yang dapat memicu terjadinya asam laktat adalah olahraga marathon, mengangkat barang-barang berat saat pindah rumah, latihan otot saat nge-gym, atau melakukan pekerjaan fisik berat setiap hari. 

3. Stres

Selain gangguan pada kondisi fisik, gangguan pada kesehatan mental juga dapat menjadi penyebab badan mudah pegal dan nyeri.

Mengapa demikian? Orang dengan banyak beban pikiran sering kali merasa tegang karena berbagai masalah yang dihadapi membuat dirinya mudah panik, pusing, dan stres. Sedangkan dalam keadaan tegang, otot-otot di dalam tubuh juga ikut menegang, sehingga lama-kelamaan tubuh menjadi pegal.  

Orang yang mudah panik dan menjadikan segala masalah sebagai beban pikiran akan lebih sering mengalami gejala-gejala kaku dan tegang pada otot yang berakhir pada tubuh pegal dan nyeri. Beda ceritanya bila dibandingkan dengan orang yang bisa lebih rileks menjalani hidup dan tidak terlalu memikirkan masalah yang dihadapi secara berlebihan.

4. Penggunaan obat-obatan tertentu 

Penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa menjadi pemicu badan pegal-pegal dan nyeri. Obat anti kolesterol seperti statin (atorvastatin, fluvastatin, lovastatin, pravastatin, rosuvastatin, dan simvastatin) misalnya, dapat menyebabkan efek samping yaitu badan pegal. 

5. Demam

Saat mengalami demam, tubuh akan menghasilkan zat prostaglandin. Zat ini menyebabkan tubuh mengalami reaksi inflamasi (peradangan) di seluruh tubuh, sehingga menyebabkan badan mudah pegal dan nyeri. 

Cara mengatasi badan pegal-pegal dan lemas

Meski badan mudah pegal dan nyeri, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Caranya dengan: 

1. Mengonsumsi obat pereda nyeri 

Obat pereda nyeri yang bisa digunakan untuk mengatasi badan pegal-pegal adalah obat terpercaya dengan formula efektif yang memiliki kandungan ibuprofen dan paracetamol. Kedua kandungan obat ini adalah obat yang relatif ringan dan aman jika dibandingkan dengan jenis obat-obatan nyeri.

Keduanya bekerja efektif saling melengkapi dan bisa digunakan oleh siapa saja yang memiliki keluhan nyeri otot atau badan pegal. 

Obat antiradang nonsteroid ini bekerja pada reseptor atau saraf sensoris, tempat menerima rangsangan inflamasi (peradangan), nyeri, atau pegal. Jika saraf sensoris mendapat sinyal rangsangan inflamasi, obat ini dapat menghalangi atau mencegah inflamasi agar nyeri tidak terjadi. 

Hal ini terjadi karena ibuprofen dan paracetamol menghambat enzim siklooksigenasi sehingga mampu mencegah terbentuknya prostaglandin. Prostaglandin sendiri merupakan zat kimia yang dapat memicu rasa nyeri di dalam tubuh.

Paracetamol juga dapat memengaruhi suhu tubuh dengan cara menurunkan panas. Jadi jika rasa nyeri diikuti demam, obat ini juga bisa digunakan untuk menurunkan suhu tubuh.  

2. Stretching  

Secara prinsip, semakin lentur otot, maka semakin berkurang kemungkinan otot tersebut menjadi kaku. Jadi, lakukan kegiatan yang bisa melenturkan otot.

Salah satu yang paling mudah dilakukan adalah stretching atau meregangkan otot karena Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Terutama kalau Anda cenderung kurang bergerak setiap harinya karena terlalu banyak duduk. 

3. Berenang

Berolahraga juga bisa menjadi alternatif agar badan tak mudah pegal. Umumnya, semua jenis olahraga, jika dilakukan dengan tepat, dapat membantu mengatasi masalah pegal dan nyeri. Namun, berenang adalah jenis olahraga yang paling efektif untuk mengurangi pegal jika dilakukan secara rutin.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat berenang adalah pilihan kolam renang. Lebih baik berenang di kolam renang indoor untuk mengurangi paparan udara dingin dan angin, sebab kedua hal tersebut berpotensi meningkatkan rasa pegal dan nyeri. 

4. Pijat 

Salah satu perawatan rumah yang bisa dilakukan adalah pijat. Meski begitu, pijat hanya boleh dilakukan pada beberapa bagian pada tubuh seperti pada tangan dan kaki. Namun, jika Anda merasa pegal pada area bahu dan punggung, hindari perawatan ini. 

Bagian tubuh yang tidak boleh dipijat adalah tulang belakang, dimulai dari leher hingga tulang ekor. Hal ini disebabkan Anda atau tenaga yang memijat Anda belum tentu mengetahui kondisi kesehatan tulang belakang Anda. Sering kali peringatan ini diabaikan sehingga terjadi pergeseran pada tulang dan saraf pun terjepit. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Artikel dari ahli dr. Zicky Yombana, Sp.S

    Mengenal Gangguan Saraf dan Cara Pencegahannya

    Gangguan saraf bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga lansia. Oleh karenanya, Anda harus tahu cara mencegah terjadinya gangguan saraf.

    Ditulis oleh: dr. Zicky Yombana, Sp.S
    mencegah gangguan saraf

    Apa Bedanya Sakit Kepala Akibat Tumor dengan Sakit Kepala Biasa?

    Salah satu gejala dari tumor otak adalah sakit kepala. Tapi, sakit kepala ini sering dianggap sakit kepala biasa. Memang, apa sih bedanya?

    Ditulis oleh: dr. Zicky Yombana, Sp.S
    penyebab kanker otak
    Hidup Sehat, Fakta Unik 29 November 2019

    Peluang Sembuh dan Angka Harapan Hidup Kanker Otak

    Kanker otak adalah tumor ganas yang bersarang di dalam otak sehingga menyebabkan kematian. Lalu, apakah penderita kanker otak masih memiliki harapan hidup?

    Ditulis oleh: dr. Zicky Yombana, Sp.S
    harapan hidup kanker otak
    Hidup Sehat, Fakta Unik 23 Oktober 2019

    Yang juga perlu Anda baca

    Sama-sama Redakan Nyeri, Pahami Beda Acetaminophen, Aspirin, dan Ibuprofen

    Banyak yang mengira bahwa obat pereda nyeri, seperti aspirin, acetaminophen, dan ibuprofen sama khasiatnya, namun tahukah Anda ketiganya punya perbedaan?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Hidup Sehat, Fakta Unik 12 November 2019 . Waktu baca 5 menit

    5 Kiat Atasi Nyeri Otot dan Sendi Akibat Sering Bawa Mobil Atau Motor

    Selain melelahkan, terlalu lama menyetir kendaraan sendiri bisa memicu nyeri otot dan sendi. Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri karena mengemudi?

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
    Konten Bersponsor
    gejala nyeri sendi
    Nyeri Kronis, Health Centers 7 November 2019 . Waktu baca 5 menit

    3 Kunci Atasi Pegal dan Nyeri Otot bagi Orang Kantoran yang Super Sibuk

    Rutinitas bekerja plus menerjang kemacetan setiap hari tak ayal membuat tubuh nyeri dan pegal. Intip cara menghilangkan pegal setelah bekerja di sini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Konten Bersponsor
    menghilangkan pegal setelah bekerja
    Nyeri Kronis, Health Centers 6 November 2019 . Waktu baca 4 menit

    6 Peregangan Sederhana Agar Tetap Bugar Saat Berkendara Jauh

    Duduk diam selama berkendara untuk perjalanan jauh bisa bikin pegal linu. Coba berbagai peregangan sederhana ini agar tetap bugar sesampainya di tujuan!

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Kebugaran, Hidup Sehat 16 September 2019 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    pegal di leher

    8 Penyebab Leher Anda Sering Terasa Pegal

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Dipublikasikan tanggal: 1 September 2020 . Waktu baca 4 menit
    nyeri otot dada

    Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Otot di Dada

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 24 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit
    nyeri otot paha

    Nyeri Pada Otot Paha? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 20 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit
    nyeri otot punggung

    Beragam Penyebab Nyeri Otot Punggung dan Cara Mengatasinya!

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 19 Mei 2020 . Waktu baca 7 menit