6 Fakta Penting yang Perlu Anda Ketahui Tentang Air Putih

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Air merupakan hal yang paling sering kita temui. Entah untuk mencuci piring, mencuci pakaian, mandi, buang air, atau makan dan minum pasti kita membutuhkan air. Oleh karena itu, air disebut sebagai sumber kehidupan manusia.

Namun sayangnya, untuk sesuatu yang tampak sederhana dan sangat penting seperti air minum, masih ada saja beberapa mitos dan kesalahpahaman mengenai manfaat dan bahaya dari air minum. Berikut adalah beberapa mitos dan fakta mengenai air minum yang perlu Anda ketahui:

1. Kita tak perlu minum 8 gelas sehari

Diketahui bahwa Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board telah memberikan rekomendasi lain terkait jumlah konsumsi air minum, yaitu bahwa sebenarnya wanita memerlukan 2,6 liter air atau delapan gelas air setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter atau 12 gelas air setiap hari. Namun, Anda dapat mendapatkan cakupan air tersebut dengan meminum air putih dan mengonsumsi cairan seperti sup dan minuman ringan, bersama dengan buah dan sayuran yang mengandung air.

2. Air minum kemasan kadang mengandung fluoride

Fluorida merupakan elemen penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Biasanya, kandungan fluorida pada air minum dapat berfungsi untuk mencegah kerusakan pada gigi. Sehingga, jika Anda terlalu sering konsumsi air minum dalam kemasan, maka klaim tersebut mengatakan bahwa kemungkinan Anda akan kekurangn asupan fluorida dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan pada gigi, seperti karies gigi.

Sayangnya, pendapat tersebut juga tidaklah benar; karena air minum dalam kemasan pasti memiliki kandungan fluorida di dalamnya, yang disesuaikan dengan batasan maksimal kandungan fluorida yang diperbolehan pada minuman dalam kemasan, yaitu sebesar 1,5 mg/l.

3. Minum banyak air mungkin tak akan membuat kulit jadi halus

Meskipun telah banyak pendapat yang mengatakan bahwa mengkonsumsi air minum yang banyak dapat membuat kulit Anda tampak lebih muda atau kulit cerah, kenyataannya adalah bahwa jumlah air yang Anda konsumsi hanya memiliki sangat sedikit hubungannya terkait dengan kulit tubuh Anda, khususnya pada tampilan kulit Anda.

Kulit terdiri dari tiga lapisan:lapisan luar (epidermis), kulit yang mendasari (dermis) dan jaringan subkutan. Jika lapisan terluar dari epidermis tidak mengandung cukup air, kulit akan kehilangan elastisitas dan terasa kasar. Bahkan hingga saat ini  pun belum ada studi yang membuktikan adanya hubungan antara konsumsi air dengan hidrasi atau penampilan kulit.

Namun jika Anda mengalami dehidrasi yang membuat kulit Anda kering, maka konsumsi air minum memang dapat membantu Anda mencegah kulit kering tersebut. Pada dasarnya pun, tingkat kelembaban kulit Anda tidak ditentukan oleh faktor internal, melainkan disebabkan oleh faktor eksternal seperti cara kita menjaga kebersihan kulit atau jumlah kelenjar minyak pada tubuh.

4. Anda tidak boleh menggunakan kembali botol minum plastik

Sering kali, Anda membeli air minum kemasan di sebuah tempat perbelanjaan dan kemudian saat air minum dalam kemasan tersebut Anda akan menggunakannya kembali untuk minum dengan melakukan isi ulang. Sayangnya, hal tersebut tidak diajurkan untuk dilakukan karena botol minum plastik terbuat dari bahan kimia. Bahan kimia tersebut akan meresap ke dalam botol saat digunakan berulang kali. Selain itu, jika botol tersebut tidak dibersihkan dengan benar, maka akan menjadi tempat pelabuhan bakteri dari mulut Anda.

5. Konsumsi air dapat mengeluarkan racun dalam tubuh

Meskipun air tidak selalu dapat menetralkan racun, namun, ginjal tetap akan menggunakan air untuk menyingkirkan produk-produk limbah yang ada di dalam tubuh. Sehingga, jika Anda kurnag konsumsi air, maka ginjal Anda tidak akan memiliki jumlah cairan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Karena jika tubuh memiliki cukup air, maka limbah metabolik dalam tubuh akan dihilangkan secara efisien.

6. Minum air dapat membantu Anda menurunkan berat badan

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi air minum dapat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan tubuh. Air 100% bebas kalori, sehingga dapat membantu Anda dalam membakar lebih banyak kalori dan bahkan dapat menekan nafsu makan Anda jika dikonsumsi sebelum makan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

Sinar Matahari Pagi, Siang, dan Sore: Mana yang Paling Sehat?

Saat menjemur bayi yang baru lahir, atau sekadar berjemur meresapi sinar matahari pagi, Anda harus tahu kapan waktu yang terbaik untuk melakukannya.

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Fakta Unik 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Sebagian dari Anda mungkin lebih suka tidur dalam keadaan terang. Namun riset menunjukkan matikan lampu saat tidur itu lebih baik. Kenapa?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Fakta Unik 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit

6 Penyebab Tubuh Anda Mengeluarkan Kentut

Kentut adalah hal yang normal terjadi. Tapi apa yang jadi penyebab tubuh mengeluarkan kentut? Lalu, kenapa kentut bau dan berbunyi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Fakta Unik 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit

7 Fakta Menarik Tentang Pusar Alias “Udel” Manusia

Tahukah Anda bahwa udel alias pusar ternyata termasuk salah satu zona sensitif secara seksual? Simak berbagai fakta lain tentang pusar manusia.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 23 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

akibat sering main hp

4 Jenis Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Smartphone

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
gingsul, salah satu jenis maloklusi

Fakta Seputar Gigi Gingsul yang Harus Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat bengkoang

Tak Hanya Memutihkan Kulit, Ini 6 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat teh chamomile

6 Khasiat Teh Chamomile yang Baik Bagi Tubuh

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit