Sel Kanker Itu Ada Banyak Jenisnya. Kenali Semuanya di Sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18/10/2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kanker berasal dari pertumbuhan sel abnormal yang bisa muncul pada hampir semua bagian tubuh. Meskipun demikian, jenis sel kanker yang terbentuk pada setiap sel tubuh bisa berbeda-beda. Ini tergantung pada organ atau bagian tubuh yang jadi “induk” alias tempat pertama sel kanker muncul.

Secara garis besar, sel kanker dapat dikelompokan ke dalam lima kategori berdasarkan organ atau jenis sel yang pertama kali mengalami pertumbuhan abnormal. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Berbagai jenis sel kanker yang bisa menyerang tubuh manusia

1. Karsinoma

Karsinoma adalah jenis sel kanker yang berawal pada jaringan epitel. Jaringan ini terdapat pada bagian terluar dari organ baik pada kulit maupun organ dalam. Sebagian besar kasus kanker karsinoma  terjadi pada jaringan organ dalam seperti paru, hati, usus, dan ginjal. Karsinoma merupakan jenis kanker yang dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Karsinoma memiliki sub-tipe paling banyak dibandingkan jenis sel kanker lainnya, yaitu:

  • Adenokarsinoma, yaitu sel kanker yang muncul pada sel organ yang menghasilkan cairan atau sel glandular yang dapat ditemukan pada hampir semua organ tubuh. Organ dengan risiko adenokarsinoma tertinggi yaitu paru, pankreas dan kolorektal.
  • Karsinoma sel basal yang dapat terjadi pada bagian terdalam dari kulit bagian luar atau yang lebih dikenal dengan kanker kulit. Jenis sel kanker ini sangat jarang menyebar ke bagian tubuh lainnya.
  • Karsinoma sel skuamosa bisa muncul pada kulit dan organ dalam lainnya dan memiliki kemampuan menyebar yang lebih serius dibandingkan yang terdapat pada sel basal dan bisa menyebar hingga ke kelenjar limfa.
  • Karsinoma sel ductal mungkin bersifat invasif. Kondisi tidak invasif atau in-situ sering dikategorikan sebagai kondisi sebelum kanker. Jenis kanker ini merupakan penyebab dari kanker payudara yang berasal dari kelenjar susu dan menyebar hingga jaringan lemak payudara. Kanker payudara tergolong kanker yang dapat menyebar dengan cepat melalui sistem limfatik dan aliran darah.
  • Karsinoma sel transisional adalah sel kanker yang ditemukan pada sel epitel transisional atau sel yang dapat berubah bentuk seperti pada sel yang berada di dinding kandung kemih.

2. Sarkoma

Sarkoma adalah sel kanker yang muncul pada organ dengan jaringan ikat. Sarkoma dapat muncul pada jaringan ikat keras seperti pada tulang dan biasanya berasal dari sel tulang atau osteosit sel abnormal. Sedangkan pada jaringan ikut lunak, sarkoma dapat muncul pada kartilago atau tulang rawan dan sel otot, termasuk pada pembuluh darah.

3. Leukemia

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah ini. Leukimia adalah sel kanker yang muncul pada jaringan pembentuk sel darah seperti sumsum tulang. Sel kanker ini menyebabkan tubuh memproduksi sel darah putih namun tidak sempurna dan belum matang.

Akibatnya, sel darah putih leukosit tersebut tidak dapat bekerja melawan infeksi. Leukemia juga menyebabkan gangguan keseimbangan sel darah.

4. Limfoma dan myelom

Limfoma dan myelom merupakan dua jenis sel kanker yang muncul pada organ dari sistem imun (daya tahan tubuh). Salah satu bagian dari sistem imun terdiri dari organ limfatik yang mencakup kelenjar limfa, saluran limfa, dan organ limpa.

Limfoma merupakan jenis sel kanker yang dapat berasal dari organ limfatik manapun dan dapat menyebar keseluruh tubuh termasuk salah satu sel darah putih limfosit. Sedangkan myeloma merupakan jenis sel kanker yang berasal dari sel plasma yang dibentuk pada sumsum tulang. Plasma sel berperan dalam produksi antibodi atau immunoglobulin untuk melawan infeksi. Pada kanker myeloma pertumbuhan plasma sel terjadi secara tidak normal dan menyebabkan kerja antibodi tidak efektif melawan infeksi.

5. Sel kanker saraf pusat

Sel abnormal ini bisa menyebkan kanker otak dan saraf tulang belakang. Pada dasarnya, sistem saraf pusat diatur aktivitasnya oleh otak dengan mengirimkan sinyal elektrik dengan serabut saraf. Selain itu, otak  juga terhubung dengan saraf tulang belakang melalui serabut saraf. Sel saraf otak terdiri dari berbagai jaringan penghubung antar sel saraf yang dikenal dengan nama glia.

Sebagian besar kasus kanker otak berawal dari muncul sel abnormal pada glia atau dikenal dengan nama glioma. Kanker pada sistem saraf pusat sebagian besar bersifat jinak dan tumbuh sangat lambat. Namun, beberapa jenis kanker yang lebih jarang dilaporkan mungkin saja tumbuh dengan cepat dan bersifat ganas.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Kuku yang cantengan tak hanya mengerikan untuk dipandang mata, namun bisa terasa menyakitkan dan mungkin bernanah. Begini cara mengobatinya.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Mungkin Anda kaget saat tahu kalau kelopak mata bengkak tiba-tiba. Ada banyak hal yang bisa bikin kelopak mata Anda bengkak. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tanggal kedaluwarsa

4 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Seputar Tanggal Kedaluwarsa

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit