3 Penyebab Kuku Kaki Anda Jadi Menghitam dan Menebal

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Melihat gemerlap kuku kaki warna-warni setelah Anda selesai pedicure rasanya pasti bahagia. Lain ceritanya jika kuku kaki berubah warna menjadi hitam dan menebal. Anda pasti cemas bukan kepalang. Sebenarnya, apa penyebab kuku kaki menghitam dan menebal? Yuk, cari tahu jawabannya di sini.

Penyebab kuku kaki menghitam dan menebal

Kuku kaki yang sehat seharusnya berwarna jernih, bertekstur halus, dan bebas dari rasa gatal. Namun jika yang terjadi justru sebaliknya; kuku kaki menghitam, menebal, serta mengalami gejala mengganggu lainnya, ini tanda ada masalah yang perlu segera diperbaiki.

Penebalan kuku kaki dan perubahan warna jadi kehitaman dapat disebabkan oleh:

1. Trauma

Kuku kaki yang menghitam dan menebal bisa terjadi saat kaki Anda mengalami cedera atau trauma. Misalnya, cedera saat bermain sepak bola, kejatuhan benda berat tepat di kuku kaki, atau menggunakan sepatu yang sempit. Penyebab tersebut dapat terjadi secara berulang atau tiba-tiba namun dengan tekanan yang besar.

Selain penebalan dan berubahnya warna kuku, cedera pada kuku menimbulkan rasa sakit. Selama beberapa hari mungkin Anda akan kesulitan berjalan dengan benar.

2. Infeksi jamur dan ragi

Tubuh manusia sebenarnya jadi tempat tinggal berbagai spesies jamur, terutama pada kulit dan kuku kaki, tapi jumlahnya hanya sedikit sehingga tidak menimbulkan masalah.

Namun jika kaki Anda terus menerus dalam kondisi hangat dan lembap, jamur dapat terus berkembang biak dan akhirnya menyebabkan infeksi.

Nah, infeksi jamur pada kuku kaki inilah yang membuat warna kuku menghitam, menebal, terasa gatal, dan mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap. Jika tidak segera diatasi, kuku kaki semakin lama akan rusak dan sulit untuk kembali ke bentuk normal.

3. Melanoma

Melanoma subungual adalah jenis kanker kulit yang menyerang kuku kaki dan tangan. Gejala awalnya umum ditandai dengan munculnya memar pada kuku, kemudian warna kuku akan berubah jadi lebih gelap, kuku akan menebal dan mudah rapuh. Bahkan, pada beberapa kasus bisa menimbulkan pendarahan.

Melanoma di kulit lebih sering disebabkan oleh paparan sinar matahari. Namun, melanoma subungual paling sering terjadi pada orang kukunya mengalami cedera berulang kali. Jika Anda mengalami gejala melanoma subungual, segera periksa ke dokter sebelum kanker menyebar ke jaringan lainnya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca