backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

6 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Kuku Kaki

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 30/10/2023

6 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Kuku Kaki

Pernahkah Anda membuka sepatu setelah seharian beraktivitas kemudian mencium bau tidak sedap? Setelah dicari tahu, baunya berasal dari kuku kaki. Hal ini bisa memalukan, apalagi jika Anda membuka sepatu di depan umum. Untuk mengatasinya, simak cara menghilangkan bau kuku kaki berikut ini.

Kenapa kuku kaki bau?

Bau kuku kaki biasanya berasal dari kotoran yang menumpuk pada sudut kuku ibu jari (jempol). Bagian ini memang menjadi sudut yang sulit dijangkau saat kaki dibersihkan sehingga menimbulkan bau. 

Selain bagian sudut jempol, kuku jari lainnya bisa mengalami bau karena berbagai hal. Berikut ini berbagai penyebab kuku kaki bau yang perlu Anda ketahui.

1. Infeksi jamur kuku kaki

Infeksi jamur pada kuku kaki atau sering disebut sebagai kaki atlet merupakan penyebab umum bau kuku kaki.

Kondisi ini juga dapat ditandai dengan kuku kuning dan menebal. Jamur ini bisa dengan mudah tumbuh di kulit dan kuku kaki sehingga menghasilkan bau tidak sedap.

2. Kaki lembab

Kaki yang lembab merupakan salah satu faktor yang menyebabkan bau kuku kaki.

Biasanya kaki lembab terjadi karena cuaca panas atau kaki terus berkeringat (hiperhidrosis) sehingga menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri dan jamur. 

3. Penumpukan kotoran dan sel kulit mati

Kotoran, debu, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di bawah kuku kaki juga dapat menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang menghasilkan bau.

4. Penggunaan kaos kaki atau sepatu yang tidak tepat

Sepatu atau kaos kaki yang terlalu ketat atau bahannya panas dapat mengakibatkan penumpukan keringat dan kelembapan di kaki.

Kaki yang terlalu lembap menciptakan kondisi yang ideal untuk pertumbuhan mikroorganisme penyebab bau.

Cara menghilangkan bau kuku kaki

sepatu bau tidak pakai kaus kaki

Agar bau kuku kaki segera hilang, berikut ini beberapa cara menghilangkan bau kaki terutama bagian kuku yang dapat Anda coba.

1. Merendam kaki dengan larutan garam

Cara menghilangkan bau kuku kaki yang pertama yaitu dengan merendam kaki dengan larutan cuka, air, dan garam epsom. Larutan ini efektif menghilangkan bau karena menghambat pertumbuhan bakteri yang ada pada kuku.

Namun, sebaiknya jangan gunakan cara ini jika terdapat bagian kaki yang mengalami luka terbuka agar tidak mengiritasi kulit.

2. Jaga kebersihan kaki

Cara menghilangkan bau yang paling penting adalah menjaga kebersihan kuku kaki. Cucilah kaki secara teratur setelah beraktivitas dari luar dengan sabun dan air hangat.

Pastikan untuk mengeringkan kaki terutama bagian kuku dan sela-sela jari.

Jangan lupa potong kuku kaki secara teratur untuk mencegah perkembangan bakteri dan jamur di area tersebut. Kuku kaki yang terlalu panjang dapat membuat kotoran dan kuman menumpuk. 

3. Gunakan bedak atau tepung

Jika kaki terus berkeringat dan harus terus menggunakan sepatu sepanjang hari, Anda dapat menggunakan bedak untuk mengatasi bau kuku kaki.

Dikutip dari Cleveland Clinic, bedak atau tepung, seperti tepung maizena, terigu, atau tapioka dapat menyerap kelembapan pada kuku sehingga mencegah pertumbuhan bakteri.

Namun, Anda harus selalu mencuci kaki segera setelah beraktivitas agar tepung tidak menjadi tempat berkembangnya bakteri.

4. Gunakan sepatu yang sesuai

Cara merawat kuku kaki agar tidak bau selanjutnya yaitu dengan menggunakan sepatu yang sesuai. Pastikan sepatu Anda memiliki sirkulasi udara sehingga mengurangi kelembaban dan bau kaki.

Jika memungkinkan, jangan gunakan sepatu yang tertutup bagian kukunya. Hal ini untuk mencegah kaki makin lembab serta perkembangan bakteri yang makin parah.

5. Cuci sepatu secara rutin

Apakah kuku kaki Anda tetap bau meski sudah mencuci dan menjaga kaki tetap kering? Mungkin jamur atau bakteri penyebab kuku kaki bau tertinggal di sepatu dan terus menyebar ke kaki Anda.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mencuci sepatu secara rutin atau gunakan desinfektan untuk sepatu.

6. Gunakan obat antijamur

Apabila cara-cara di atas masih belum bisa menghilangkan bau kuku kaki, Anda dapat menggunakan obat antijamur. Biasanya obat jamur kuku ini dijual dengan resep dokter. 

Oleh karena itu, sebelum menggunakannya konsultasikan dulu dengan dokter untuk memastikan bahwa penyebab bau kuku kaki yaitu infeksi jamur.

Cara menghilangkan bau kuku kaki lainnya dilakukan berdasarkan penyebab. Apabila penyebab bau adalah produksi keringat berlebih atau hiperhidrosis, dokter mungkin akan menyarankan pengobatan untuk kondisi tersebut.

Selain itu, sebaiknya Anda menghindari menggunakan sepatu, kaos kaki, atau alas kaki lain milik orang lain untuk mencegah paparan bakteri atau jamur dari orang lain.

Kesimpulan

Berbagai cara menghilangkan bau kuku kaki bisa dilakukan berdasarkan penyebabnya. Cara umum yang bisa Anda lakukan yaitu menjaga kebersihan area kaki, merendam kaki dengan larutan garam epsom, dan cuci sepatu secara rutin.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 30/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan