Kenapa Ada Orang yang Bisa Punya Jari Tangan Lebih dari Lima?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tahukah Anda ada beberapa tokoh-tokoh terkenal yang ternyata punya jari jemari tangan lebih dari lima? Sebut saja Hritik Roshan (aktor bollywood), Antonio Alfonseca (pelempar bola di Major League Baseball), Gemma Arterton (aktris), Hound Dog Taylor (gitaris blues), dan Gary Sobers (pemain kriket Indian Barat). Tentunya ekstra jemari di tangannya tak menghambat mereka dari terus berkarya dalam hidupnya. Tapi kenapa orang-orang ini bisa punya jari yang lebih banyak dari orang normal, ya?

Fenomena memiliki jari tangan dan kaki yang lebih banyak dari lima disebut dengan istilah polidaktili.

Apa itu polidaktili?

Polidaktili adalah kelainan fisik bawaan pada manusia yang ditandai dengan memiliki jari tangan atau jari kaki tambahan sehingga tampilannya lebih banyak dari lima. Polydactyly berasal dari bahasa Yunani “polys”, yang berarti ‘banyak’, dan “daktylos, yang berarti ‘jari’. 

Polidaktili ini biasanya hanya ada pada satu sisi tangan. Jari tambahan biasanya terletak di sisi ibu jari (radial), kelingking (ulnar), atau di tengah (central). Jari kelingking tambahan (post-axial polydactyly) paling umum ditemukan pada populasi orang kulit hitam. Sedangkan di Asia, jari tambahan yang paling banyak ditemukan ada di ibu jari (pra-aksial polydactyly). Kelebihan jari ini ada yang bentuknya sempurna mirip layaknya jari biasa, tapi ada juga berkembang tidak normal; berukuran lebih kecil dan “hidup” berdempetan dengan jari lainnya.

Polidaktili didiagnosis setelah pemeriksaan riwayat kesehatan menyeluruh dan juga pemeriksaan fisik yang hati-hati. Sinar-X sering digunakan untuk mendiagnosiskan dan mengidentifikasi setiap tulang jari-jari dan tangan.

Apa penyebab seseorang punya banyak jari yang lebih dari lima?

Selama perkembangan embrio dalam kandungan, tangan yang awalnya berbentuk dayung mirip kaki bebek akan terbelah menjadi lima jari yang terpisah satu sama lain. Polidaktili terjadi bila ada kesalahan dalam proses ini, sehingga terbentuklah jari tambahan dari satu jari yang terbelah lagi menjadi dua.

Banyak kasus polidaktili terjadi tanpa sebab yang jelas, sementara beberapa kasus lainnya terjadi karena cacat genetik. Polidaktili juga dapat terjadi karena keturunan. Polidaktili adalah kelainan sejak lahir yang paling umum terjadi dan dialami sekitar 1 dari setiap 1.000 kelahiran.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab polidaktili yang diketahui:

1. Kelainan genetik dan kromosom

Polidaktili bisa diturunkan secara genetik (autosomal dominan). Jika salah satu pasangan suami atau istri memiliki polidaktili, sangat besar kemungkinannya anak akan mengalami hal yang sama. Kelainan genetik pada ayah atau ibu kemungkinan besar juga akan berpengaruh pada polidaktili yang dialami anak.

2. Faktor cacat lahir

Kelainan fisik ini bisa jadi disebabkan oleh berbagai faktor yang menyebabkan anak lahir dengan cacat fisik, misalnya terkena paparan radiasi nuklir, sinar gamma, dan sinar rontgen. Foto rontgen yang terlalu sering dan berulang pada kehamilan kurang dari 12 minggu dapat memberikan gangguan berupa kecacatan lahir pada janin.

Banyak pula zat dan obat-obatan yang digunakan untuk mengobati beberapa penyakit tertentu juga berisiko tinggi menyebabkan cacat lahir pada anak jika dikonsumsi saat hamil. Alkohol salah satunya. Ibu hamil yang mengonsumsi minuman keras terutama di trimester pertama dapat menyebabkan kecacatan fisik pada janinnya, juga meningkatkan risiko kelainan yang dikenal dengan sebutan fetal alcoholic syndrome.

Terkena paparan virus gawat selama kehamilan, seperti TORCH, toksoplasma, rubella, cytomegalovirus, sipilis, dan herpes juga bisa meningkatkan risiko anak Anda memiliki banyak jari lebih dari lima. Infeksi TORCH dapat menimbulkan berbagai kecacatan lahir, keguguran, sampai kematian janin dalam kandungan. 

Apakah kelainan ini bisa diobati?

Pengobatan polidaktili hanya dapat dilakukan lewat pembedahan, dan tekniknya pun bervariasi. Yang paling sederhana adalah pembedahan membuang keseluruhan jari tambahan, atau yang lebih kompleks, pembedahan dengan melibatkan tulang, ligamen, dan tendon di jaringan tangan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juni 26, 2017 | Terakhir Diedit: September 6, 2017

Yang juga perlu Anda baca