Selain Membentuk Perut Sixpack, Ini 3 Manfaat Melatih Otot Inti

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/09/2017
Bagikan sekarang

Otot inti adalah serangkaian otot kompleks, yang membentang mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot di sekitar panggul. Otot inti berperan menstabilkan dan melindungi tulang belakang, dan tergabung dalam hampir setiap gerakan tubuh manusia.

Anggap saja otot inti Anda sebagai penghubung utama dari rantai yang menghubungkan tubuh bagian atas dan bawah Anda. Apakah Anda sedang memukul bola tenis atau mengepel lantai, gerakan yang diperlukan bisa berasal dari otot inti tubuh Anda atau bergerak melaluinya.

Banyak orang yang berpendapat bahwa melatih otot inti identik dengan program membentuk perut six-pack. Tak banyak yang tahu bahwa manfaat melatih otot inti lebih dari sekedar latihan untuk membentuk otot perut.

Apa saja manfaat melatih otot inti tubuh?

Selain sit-up dan push-up sesekali, sayangnya latihan inti sering diabaikan. Melatih otot inti akan sangat bermanfaat bagi Anda untuk mencapai kebugaran tubuh yang optimal. Baca terus untuk mencari tahu lebih lanjut soal manfaat pelatihan otot inti.

1. Mencegah cedera

Membungkuk untuk memakai sepatu, mengangkat boks berat, menoleh untuk melihat ke belakang, duduk di kursi, mengemudi, atau hanya berdiri diam — ini hanya beberapa dari banyak rutinitas harian yang sangat mengandalkan otot inti Anda, dan bahwa Anda mungkin tidak menyadarinya sampai tubuh terasa menjadi kaku atau sakit. Kelamaan duduk dan minim olahraga melemahkan otot-otot bagian tengah tubuh Anda.

Otot inti yang lemah atau tidak fleksibel dapat mengganggu fungsi lengan dan kaki. Dan itu menguras tenaga dari setiap gerakan yang Anda buat. Melatih otot inti dengan benar dapat menggenjot kekuatannya. Mengembangkan torso tubuh yang kuat berarti membangun stabilitas dan kekuatan otot inti.

Tapi, “Sangat penting untuk membangun stabilitas inti lebih dulu, dan kemudian membangun kekuatan inti untuk memahat perut six-pack idaman,” ungkap Martha Purdy, seorang fisioterapis dan instruktur Pilates di Halifax Health Centre, dilansir dari Best Health Magazine.

Otot inti yang kuat dapat menstabilkan koordinasi tubuh Anda dan bekerja seperti penahan benturan alami untuk sendi Anda sehingga membantu mengurangi rasa sakit akibat cedera serta mencegah jatuh dan cedera selama olahraga atau kegiatan fisik lainnya.

BACA JUGA: Sudah Rajin Olahraga Tapi Perut Belum Sixpack Juga? Ini Alasannya

2. Memberikan postur tubuh yang baik

Otot inti lemah berkontribusi pada kebiasaan membungkuk. Latihan otot inti melatih otot-otot di punggung bawah, pinggul, perut, dan panggul Anda sebagai pusat gravitasi Anda sebenarnya, untuk bekerja secara harmonis. Ketika Anda memperkuat punggung bagian atas dan bahu, otot-otot ditarik ke belakang dan turun sehingga menghapus jejak tubuh yang bungkuk — memberikan Anda postur tubuh yang stabil dan baik. Postur yang baik membuat Anda tampak lebih tinggi dan ramping, menggenjot kepercayaan diri Anda secara keseluruhan.

BACA JUGA: 4 Masalah Kesehatan Akibat Postur Tubuh yang Buruk

Lebih penting lagi, menstabilkan inti tubuh juga mengurangi keausan tulang belakang, memungkinkan Anda untuk bernapas lebih dalam, serta mengasah keterampilan motorik halus Anda. Keterampilan motorik yang tajam membuat Anda dapat bereaksi dengan cepat dan tetap seimbang pada permukaan yang tidak stabil, seperti saat menyeberang jalanan licin. Selain itu, postur tubuh yang baik juga meningkatkan kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas fisik yang lebih intens, seperti berlari, berenang, panjat tebing, atau pilates.

3. Menunda proses penuaan dini

Tetap bugar juga berarti melindungi sistem-sistem penting di bawah permukaan kulit. Inti tubuh Anda tidak hanya ada di mana organ-organ dan sistem saraf pusat memusatkan energi mereka, namun juga di mana pembuluh darah tubuh dan arteri terbesar (dan paling penting) Anda berada. Sekitar 10 persen dari lemak tubuh mengendap di antara dinding perut dan organ-organ Anda, seperti hati dan usus. Itulah lemak yang lebih berbahaya, sehingga kelebihan lemak di area ini dapat menyebabkan tumpukan masalah-masalah kesehatan lain — dari penyakit hati, demensia, hingga kanker payudara.

Mendapatkan fleksibilitas dan stabilitas otot perut, punggung, dan tulang belakang akan menyegarkan dan meremajakan sistem tubuh yang membantu mengoptimalkan proses pengiriman sinyal ke otak, metabolisme, pembersihan racun, penyerapan gizi, pengaturan keseimbangan hormon — kesemuanya berperan dalam menunda proses penuaan dini. Pada akhirnya, inti tubuh yang kuat membuat Anda tampak dan merasa sehat serta bugar.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Olahraga yang Sebaiknya Dihindari Penderita Spondilolistesis

Ada sejumlah olahraga yang perlu dihindari oleh penderita spondilolistesis. Pasalnya, olahraga ini bisa memperparah kondisi tulang belakang.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu

Intip 4 Produk Perawatan Wajah yang Ampuh Menangkal Penuaan Dini

Penuaan membuat kult wajah Anda mengering dan mengendur. Jika Anda tidak ingin kondisi tersebut terjadi lebih cepat, gunakan produk anti-aging berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

6 Tips Membentuk Kembali Perut Sixpack yang Sempat Hilang

Anda pernah punya perut sixpack dan ingin mendapatkannya kembali? Begini cara terbaik untuk mengembalikan perut sixpack dengan cepat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Andini Anissa

Wanita Lebih Cepat Tua Setelah Punya Anak, Apa Benar?

Pengalaman menjadi seorang ibu memang beragam bagi setiap wanita. Namun, katanya wanita cenderung lebih cepat tua setelah memiliki anak. Apa itu benar?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Direkomendasikan untuk Anda

menghindari cedera kepala

4 Tips Menghindari Cedera Kepala Saat Berkendara

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 16/03/2020
kesalahan dalam olahraga

Bukannya Bugar, 5 Kesalahan Olahraga Ini Malah Membuat Anda Terlihat Tua

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 20/11/2019
screening dalam olahraga

Pentingnya Screening dalam Olahraga, dari Cegah Cedera Hingga untuk Performa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 05/11/2019
pola makan untuk membentuk otot

Membentuk Otot Tak Cukup Dengan Olahraga, Ini 3 Diet yang Bisa Membantu Anda

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 05/11/2019