home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tips Mengencangkan dan Membentuk Otot untuk Wanita

Tips Mengencangkan dan Membentuk Otot untuk Wanita

Katanya, perempuan lebih sulit untuk mendapatkan otot yang besar seperti laki-laki. Meski begitu, bukan berarti para wanita tidak bisa membentuk dan mengencangkan otot-otot tubuh. Untuk mendapatkan otot yang kuat dan kencang, olahraga rutin saja belum cukup. Anda juga harus memerhatikan dan menjaga pola makan yang tepat. Pola makan seperti apa yang seharusnya dihindari saat membentuk otot? Berikut ulasan lengkapnya.

Pola makan yang salah ketika membentuk otot

Bagi Anda yang telah melakukan atau bahkan berhasil menjalani diet untuk menurunkan berat badan, Anda mungkin sudah cukup percaya diri bisa membesarkan otot dengan pola makan yang serupa. Namun, faktanya diet untuk membesarkan otot sangat berbeda dengan diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan Anda.

Karena itu, Anda harus berhati-hati dalam menjaga pola makan yang benar. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan-kesalahan berikut ini.

1. Ikut diet ekstrem dan kilat

Saat ini ada banyak sekali jenis diet yang katanya bisa bikin tubuh sehat, badan langsing, serta membantu membentuk otot tubuh. Nyatanya, diet-diet yang berkembang saat ini kebanyakan cukup ekstrem dan tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Hal ini justru hanya akan mempersulit Anda untuk mendapatkan bentuk otot yang diinginkan.

Semakin Anda membatasi asupan nutrisi ke dalam tubuh, semakin sulit pula bagi otot-otot Anda untuk dibentuk dan dilatih. Ingat, Anda ingin membuat otot besar dan kencang, bukan mengecilkannya seperti ketika menurunkan berat badan.

Cara yang benar

Membentuk otot tak semudah menurunkan berat badan. Kebanyakan diet yang berkembang saat ini bukan ditujukan untuk membuat otot Anda kencang dan terbentuk. Jadi, Anda harus mengatur porsi serta memilih jenis makanan yang cocok. Semua zat gizi diperlukan dalam hal ini, dari serat hingga protein harus ada di dalam menu Anda.

Namun, cobalah untuk menambah asupan protein rendah lemak untuk membentuk otot. Misalnya dari telur, ikan, dan kacang-kacangan.

2. Menjauhi karbohidrat dan lemak

Kebanyakan wanita menghindari makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak saat ingin membentuk badan. Memang benar, keduanya bisa bikin tubuh makin lebar. Tapi itu kalau dikonsumsi dalam porsi yang berlebihan. Faktanya, tubuh Anda tetap butuh karbohidrat sebagai sumber energi utama dan lemak sebagai pengatur zat hormon tubuh.

Apalagi kalau Anda sedang dalam program membesarkan otot. Energi yang Anda keluarkan saat berolahraga dan latihan tentu jadi lebih besar sehingga Anda butuh tambahan kalori.

Cara yang benar

Saat membentuk otot, karbohidrat dibutuhkan untuk energi saat otot Anda dalam proses pembentukan. Sementara itu, lemak yang punya pengaruh terhadap hormon tubuh, dapat merangsang hormon-hormon yang berperan dalam pembentukan otot. Jadi, karbohidrat dan lemak harus dikonsumsi dengan jumlah yang ditentukan, bukannya dihilangkan sama sekali.

Anda bisa memilih jenis karbohidrat yang kompleks dan penuh serat seperti roti gandum, nasi merah, atau makanan pokok yang berjenis whole grains (gandum utuh). Sedangkan untuk lemak, pilihlah makanan yang mengandung lemak baik, seperti lemak yang ada di dalam alpukat, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun.

berat badan naik saat puasa

3. Terlalu mencemaskan berat badan

Anda boleh saja cemas dan takut makan karena tak mau berat badan Anda naik. Tapi jadikan hal itu sebagai ‘rem’ ketika Anda sedang mengonsumsi sesuatu. Terlalu cemas dan khawatir akan berat badan juga sebenarnya tidak baik.

Cara yang benar

Sebaliknya, Anda harus fokus dengan otot Anda. Pasalnya, bisa saja berat badan Anda tak kunjung turun akibat memang massa otot yang semakin bertambah. Bila hal ini terjadi, maka target Anda semakin dekat. Jadi, jangan terlalu memikirkan berat badan yang Anda miliki saat ini.

4. Mudah menyerah

Tidak mudah untuk mengencangkan dan membesarkan otot, tentu memerlukan usaha dan niat yang kuat. Tak jarang banyak wanita yang gagal saat pertama kali mencoba. Namun, wanita biasanya akan lebih ‘mengambil hati’ kegagalan yang terjadi pada dirinya dan kemudian terjadi penyesalan yang berlarut-larut. Biasanya, hal ini malah berujung pada munculnya kebiasaan-kebiasaan buruk yang sebelumnya telah ditinggalkan dan akhirnya banyak wanita yang menyerah.

Cara yang benar

Sangat wajar bila pada awalnya Anda gagal untuk mencapai target yang diinginkan. Jangan putus asa bila otot tak kunjung terbentuk. Hal ini juga butuh proses, mungkin awalnya Anda merasa kalau otot akan langsung besar dan terbentuk ketika program diet dijalankan. Faktanya, otot Anda akan mulai mengencang dulu baru kemudian lama-lama terbentuk.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Verywell. (2017). Diet Mistakes Women Make Trying to Gain Muscle. [online] Available at: https://www.verywell.com/diet-mistakes-women-make-trying-to-gain-muscle-3121318  [Accessed 19 Sep. 2017].

Verywell. (2017). The Importance of Nutrition for Muscle Growth. [online] Available at: https://www.verywell.com/are-you-eating-for-muscle-3121316  [Accessed 19 Sep. 2017].

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 22/09/2017
x