home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Khasiat Sambiloto, Si Pahit yang Menyehatkan

5 Khasiat Sambiloto, Si Pahit yang Menyehatkan

Sambiloto merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat. Beberapa dari Anda mungkin baru mendengar tumbuhan ini. Namun, jangan salah, walaupun terdengar asing di telinga Anda tetapi sebenarnya sudah banyak obat jamu tradisional yang terbuat dari tanaman ini. Apa saja sih khasiat sambiloto untuk kesehatan?

Apa itu sambiloto?

Sebelum mengetahui khasiatnya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu sambiloto. Sambiloto atau Andrographis paniculata merupakan tanaman yang mempunyai rasa sangat pahit. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Asia dan India. Sudah lama tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit.

BACA JUGA: 6 Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan

Selama ini, mungkin Anda sering mendengar jamu pahitan. Ya, salah satu bahan yang diperlukan untuk membuat jamu pahitan adalah sambiloto. Rasa jamu yang sangat pahit ini, sehingga dinamakan pahitan, didapatkan dari sambiloto. Walaupun sangat pahit, tetapi khasiatnya sangat banyak.

Khasiat sambiloto

Jika Anda memesan jamu, mungkin Anda akan menghindari jamu pahitan sambiloto karena rasanya yang tidak enak. Namun, sambiloto sangat kaya akan manfaat. Beberapa khasiat sambiloto untuk kesehatan adalah:

1. Menyembuhkan pilek dan flu

Sambiloto mengandung antioksidan yang sangat banyak sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Sambiloto dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati pilek dan flu. Selain itu, juga dapat mengurangi gejala pilek, seperti demam, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Antioksidan yang terkandung dalam sambiloto juga dapat membantu tubuh Anda dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

2. Membantu mencegah penyakit jantung

Sambiloto telah dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Tanaman ini dapat mencegah pembentukan gumpalan darah serta dapat membantu memecah gumpalan darah. Penelitian yang diterbitkan oleh Chinese Medical Journal tahun 1994 telah membuktikan bahwa ekstrak A. paniculata dapat mengulur waktu pembentukan gumpalan darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Sehingga, tanaman ini mampu membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah penyakit jantung. Selain itu, sambiloto juga berkhasiat untuk melemaskan otot-otot dinding pembuluh darah, sehingga membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Membantu mencegah diabetes

Selain penyakit jantung, sambiloto juga telah dikenal dapat membantu mencegah diabetes. Penelitian pada tikus yang diberi asupan lemak dan gula tinggi telah menunjukkan bahwa A. paniculata dapat menurunkan kadar glukosa, trigliserida, dan kolesterol LDL. Penelitian yang diterbitkan oleh Indian Journal of Pharmacology tahun 2012 menyimpulkan bahwa senyawa andrographolide aktif yang terdapat dalam A. paniculata mempunyai efek hipoglikemik dan hipolipidemik. Efek ini mampu mencegah Anda dari diabetes.

BACA JUGA: 6 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

4. Membantu menyembuhkan infeksi

Sambiloto juga mempunyai sifat antibakteri, antivirus, dan antiparasit yang membuatnya mampu menyembuhkan penyakit infeksi. Salah satu penyakit infeksi yang dapat disembuhkan dengan bantuan sambiloto adalah sinusitis. Sambiloto dapat membantu menghentikan proses bakteri yang menyebabkan sinusitis menempel pada lapisan sinus Anda. Sehingga, Anda lebih cepat sembuh dari sinusitis.

Selain itu, beberapa penyakit infeksi lain yang dapat disembuhkan dengan sambiloto adalah herpes, kusta, pneumonia, tuberkulosis, gonore, sifilis, malaria, leptospirosis, dan rabies. Sambiloto juga baru-baru ini dikenal dapat membantu mengobati HIV/ AIDS. Tanaman ini dapat meningkatkan jumlah sel darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada pasien HIV.

5. Membantu menyembuhkan masalah pada sistem pencernaan

Sambiloto dapat digunakan untuk menjaga kesehatan saluran cerna Anda. Tanaman ini mampu membantu Anda mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, kolik, gas dalam usus, dan sakit perut. Selain itu, A. paniculata juga dapat membantu memperkuat organ hati dan mengatasi masalah hati, seperti pembesaran hati, sakit kuning, dan kerusakan hati akibat obat.

Kesimpulan

Jadi, sangat banyak bukan khasiat dari sambiloto? Mulai dari penyakit ringan sampai dengan penyakit yang sangat serius. Walaupun memang rasanya sangat pahit, bahkan dikenal sebagai “raja pahit”, namun manfaat yang dikandungnya sangat manis bagi kehidupan Anda. Untuk itu, mulai sekarang jika memesan jamu, jangan sampai lupa untuk menambahkan pahitan. Atau, Anda bisa mendapatkan khasiat sambiloto ini dari produk obat herbal sambiloto yang sudah banyak tersedia.

BACA JUGA: Apa Saja Kandungan di Dalam Obat Masuk Angin?

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ashton, M. (2015). The Health Benefits of Andrographis. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/414426-the-health-benefits-of-andrographis/ [Accessed 9 Jan. 2017].

WebMd. ANDROGRAPHIS: Uses, Side Effects, Interactions and Warnings – WebMD. [online] Available at: http://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-973-andrographis.aspx?activeingredientid=973&activeingredientname=andrographis [Accessed 9 Jan. 2017].

Bodynutrition. The benefits and side effects of andrographis paniculata (kalmegh). [online] Available at: http://bodynutrition.org/andrographis-paniculata/ [Accessed 9 Jan. 2017].

Andrographis Paniculata Herb – Benefits and Side Effects. [online] Available at: http://www.nutritional-supplements-health-guide.com/andrographis-paniculata.html [Accessed 9 Jan. 2017].

Nugroho, A., Warditiani, N., Pramono, S., Andrie, M., Siswanto, E. and Lukitaningsih, E. (2012). Antidiabetic and antihiperlipidemic effect of Andrographis paniculata (Burm. f.) Nees and andrographolide in high-fructose-fat-fed rats. Indian Journal of Pharmacology, 44(3), p.377. [online] Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3371463/ [Accessed 9 Jan. 2017].

Wang, D. W., and Zhao, H. Y. (1994). Prevention of atherosclerotic arterial stenosis and restenosis after angioplasty with Andrographis paniculata nees and fish oil. Experimental studies of effects and mechanisms. Chinese Medical Journal, 107(6):464-70. [online] Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7956489/ [Accessed 9 Jan. 2017].

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 08/07/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
x