Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Perlukah Mengonsumsi Herbal untuk Daya Tahan Tubuh saat Musim Pancaroba?

DISPONSORI OLEH:

Perlukah Mengonsumsi Herbal untuk Daya Tahan Tubuh saat Musim Pancaroba?

Pergantian musim memengaruhi perubahan suhu di lingkungan sekitar, sehingga membuat imun tubuh menurun dan lebih rentan terkena penyakit. Salah satu tips sehat di musim pancaroba guna menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi herbal. Namun, apa saja peran herbal untuk pancaroba? Ini penjelasannya.

Manfaat mengonsumsi herbal untuk menghadapi pancaroba

Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi herbal untuk musim pancaroba.

1. Mengurangi efek peradangan

Ketika daya tahan tubuh menurun akibat cuaca tak menentu, tubuh cenderung rentan mengalami efek peradangan.

Peradangan ini sangat mungkin terjadi pada bagian tubuh tertentu, seperti pada tenggorokan akibat batuk dan flu, atau bisa juga pada pencernaan akibat virus.

Sejumlah bahan-bahan herbal memiliki senyawa antiradang yang dapat mengurangi permasalahan ini.

Dengan mengonsumsi herbal, tubuh pun jadi terhindar dari risiko peradangan.

2. Bantu mengurangi kelelahan

Rasa lelah yang Anda alami bisa memicu penurunan daya tahan tubuh, sehingga lebih rentan terserang penyakit saat musim pancaroba.

Mengonsumsi herbal dapat membantu mengurangi rasa lelah Anda setelah beraktivitas seharian.

Dengan kata lain, hal ini juga bisa berpengaruh pada daya tahan tubuh Anda agar tidak mudah terserang virus atau bakteri pemicu penyakit.

3. Meningkatkan imunitas

Bahan-bahan herbal yang kaya antioksidan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda selama pergantian musim.

Mengonsumsi herbal dapat mendukung pemeliharaan kesehatan sehingga terhindar dari risiko terserang penyakit umum pancaroba.

Setelah mengonsumsi herbal, tubuh pun jadi lebih bugar dan Anda tetap dapat produktif meski cuaca sedang tidak menentu.

Cara tepat memilih herbal

Untuk menunjang daya tahan tubuh, pilihlah bahan-bahan herbal yang memiliki khasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Dikutip dari Elsevier Public Health Emergency Collection, berikut ini beberapa bahan-bahan herbal yang bisa Anda pilih untuk menjaga daya tahan tubuh.

1. Jahe

Jahe telah terbukti berkhasiat untuk membantu penyembuhan flu dan sakit tenggorokan. Tak heran jika bahan ini seringkali digunakan sebagai salah satu pilihan obat pancaroba.

Penelitian terbitan Phytotherapy Research menunjukkan, ekstrak jahe bisa melawan bakteri mulut penyebab gingivitis dan periodontitis.

Selain itu, bagian ekstraknya juga dapat meningkatkan kekebalan dan respon imun agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

2. Kunyit

Kunyit bermanfaat sebagai stimulan bagi kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang virus.

Kandungan ini memiliki sifat antivirus yang tidak hanya membantu mencegah risiko penyakit flu, tapi juga gangguan pada pencernaan.

Hal ini cukup penting karena kesehatan pencernaan berperan penting dalam menunjang daya tahan tubuh.

Kandungan kunyit bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa begah akibat perut kembung.

Tak hanya itu, kunyit juga menjadi salah satu bahan herbal yang dapat membantu mengatasi masalah radang usus.

3. Kayu manis

Kayu manis memiliki sifat terapeutik dan antivirus yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang virus.

Bahan ini juga dapat membantu meningkatkan kadar imunoglobulin yang bagus untuk daya tahan tubuh Anda.

4. Temulawak

Temulawak memiliki kandungan antiradang yang dapat membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh seperti radang sendi.

Manfaat ini tentunya juga cocok untuk Anda yang ingin mengatasi rasa letih dan lesu.

5. Kencur

Herbal yang satu ini sering digunakan sebagai minuman untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi sakit perut, sesak nafas, pilek, dan juga sakit kepala.

Tidak hanya itu, kencur juga memiliki sifat antimikroba yang menghambat perkembangan bakteri Lactobacillus acidophilus di dalam tubuh. Kalau berkembang semakin banyak, bakteri tersebut mengakibatkan munculnya kerusakan gigi, seperti karies gigi.

sidomuncul herbamix herbal untuk pancaroba

Bahan-bahan tersebut bisa Anda dapatkan secara mudah dan praktis dalam sediaan kapsul seperti Sido Muncul HerbaMix5.

Varian herbal dari Sido Muncul Natural memiliki kandungan 5 in 1 Formula yang mengandung kunyit, temulawak, kayu manis, jahe, dan kencur.

Herbamix5 hadir sebagai Inovasi Empon-empon Nusantara yang memiliki perpaduan 5 herbal untuk membantu memelihara kesehatan dan daya tahan tubuh.

Sido Muncul HerbaMix5 bisa dikonsumsi 2 kali sehari dan memiliki kemasan yang praktis sehingga bisa diandalkan untuk menjaga daya tahan tubuh selama musim pancaroba.

Sido Muncul sebagai perusahaan jamu terbesar di Indonesia, telah berpengalaman lebih dari 70 tahun dalam memproduksi produk herbal.

Proses produksi dilakukan di pabrik modern dan higienis berstandar GMP (Good Manufacturing Practices), serta telah melalui uji laboratorium bersertifikasi ISO.

Tahapan ekstraksi dilakukan dengan suhu rendah di bawah 60 derajat celsius agar zat aktif yang terkandung tetap stabil.

Selain itu, semua produk sudah memiliki sertifikat halal. Ini merupakan komitmen Sido Muncul untuk memastikan agar semua produk terjamin kualitasnya.

Selain Sido Muncul HerbaMix5, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan lewat varian herbal unggulan dari Sido Muncul Natural seperti Sambiloto, Sari Kunyit, Garlic, Bilberry Carrot, Ginkgo Biloba, dan Tolak Angin Mint Soft Capsule. Sido Muncul Natural juga memiliki beragam varian suplemen seperti Vitamin D3, Vitamin E, Fish Oil, dan Coenzyme Q10.

Sido Muncul HerbaMix5 dan rangkaian produk Sido Muncul Natural lainnya bisa Anda dapatkan di Watsons, Boots, Apotek Wellings, Ranch Market, Farmers Market, AEON Supermarket, Viva Health, dan apotek terdekat.

Bila Anda ingin berbelanja online, produk ini tersedia di website e-commerce resmi Sido Muncul di www.sidomunculstore.com atau marketplace via Official Store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, dan JD.id.

Pastikan Anda selalu memperhatikan daya tahan tubuh ketika memasuki musim pancaroba. Tidak lupa, imbangi konsumsi herbal dengan gaya hidup sehat agar tubuh Anda tetap bugar.


Ingin mendapatkan berat badan ideal?

Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Javanese Turmeric (Curcuma xanthorrhiza Roxb.): Ethnobotany, Phytochemistry, Biotechnology, and Pharmacological Activities. (2021). Retrieved from https://doi.org/10.1155/2021/9960813 

Herbal plants as immunity modulators against COVID-19: A primary preventive measure during home quarantine. (2022). Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8340568/ 

How to stay healthy in the heat – Beat the heat. (2022). Retrieved from https://www.health.nsw.gov.au/environment/beattheheat/Pages/stay-healthy-in-heat.aspx 

Many benefits of turmeric. (2021). Retrieved from https://badgut.org/information-centre/health-nutrition/many-benefits-turmeric/ 

Mulai Pola Hidup Sehat Di masa Pancaroba, Dengan 5 langkah. (2022). Retrieved from https://pusatkrisis.kemkes.go.id/mulai-pola-hidup-sehat-di-masa-pancaroba-dengan-5-langkah 

Suplemen Alami Bisa Menjaga Imun Tubuh – Info Sehat FKUI. (2020). Retrieved from https://fk.ui.ac.id/infosehat/suplemen-alami-bisa-menjaga-imun-tubuh/ 

Vitamins and minerals. (2020). Retrieved from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/Vitamins-and-minerals#vitamin-and-mineral-deficiencies-and-supplements 

Park, M., Bae, J., & Lee, D. (2008). Antibacterial activity of [10]-gingerol and [12]-gingerol isolated from ginger rhizome against periodontal bacteria. Phytotherapy Research, 22(11), 1446-1449. doi: 10.1002/ptr.2473

Pharmacological importance of Kaempferia galanga (Zingiberaceae): A mini review. (2018). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/330117569_Pharmacological_importance_of_Kaempferia_galanga_Zingiberaceae_A_mini_review

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang Diperbarui 2 days ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto