3 Kunci Mengatur Pola Makan Saat Puasa Supaya Berat Badan Naik

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27/04/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Saat puasa tiba, usaha Anda untuk menambah berat badan menjadi lebih menantang. Sebab salah satu kunci untuk menaikkan berat badan, yaitu makan lebih sering, tidak bisa dilakukan secara maksimal. Jadi, bagaimana cara mengatasinya? Sederhana, Anda hanya perlu memerhatikan bagaimana pola makan saat puasa yang paling baik. Agar lebih jelas, simak ulasannya berikut ini.

Mengatur pola makan saat puasa supaya berat badan naik

Orang yang memiliki tubuh terlalu kurus umumnya disebabkan oleh kurangnya asupan makanan bagi tubuh. Itulah sebabnya, mengatur pola makan menjadi sangat penting untuk diperhatikan kembali jika Anda ingin berat badan bertambah, apalagi saat puasa. Berikut aturan makan saat puasa untuk orang yang ingin gemuk.

1. Perbanyak kalori dan nutrisi penting lainnya pada menu makanan

tips makan enak tanpa takut gejala panas dalam

Menambah jumlah kalori dari makanan adalah syarat utama utama untuk menaikkan berat badan. Tapi, meningkatkan kebutuhan kalori skala besar dalam waktu singkat bisa menimbulkan masalah pencernaan, terutama perut terasa begah. Pola makan yang seperti ini tidak baik dilakukan saat puasa.

Amannya, tambahkan kalori secara bertahap. Misalnya tambah 300-500 kalori per hari dalam beberapa kali makan, yaitu saat sahur atau berbuka.

Anda bisa mendapatkan kalori dari makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak tinggi. Pilihan makanan tinggi karbohidrat yang sehat adalah gandum utuh, roti, tepung, sayuran, beras merah, kacang polong, atau sereal. Sementara untuk lemak yang sehat adalah lemak tak jenuh yang biasanya terdapat pada ikan, kacang-kacangan, dan alpukat. Gunakan minyak zaitun untuk menggoreng atau menumis makanan.

Bukan hanya kalori, kebutuhan nutrisi lainnya juga harus terpenuhi, yaitu protein. Protein membantu tubuh membangun otot lebih padat sehingga berat badan naik. Ada banyak makanan yang tinggi protein, seperti produk susu, daging, kacang-kacangan, telur, atau ikan.

2. Pantau waktu makan

jam makan

Makan tentu tidak bisa dilakukan dengan bebas saat puasa. Jadi, waktu mendapatkan tambahan kalori dan nutrisi lainnya hanya bisa dilakukan selama waktu berbuka sampai imsak saja. Cobalah untuk sering makan dalam porsi kecil tapi sering, misalnya dengan makan camilan di sela-sela waktu makan.

Bahkan, Anda bisa menikmati berbagai produk susu, kurma, jus buah, yogurt, atau smoothie buah sekitar dua jam sebelum tidur. Selain sehat, camilan sehat bisa menaikkan berat badan saat puasa.

3. Pantau waktu minum

air putih obat infeksi saluran kencing alami

Selama puasa, menjaga tubuh tetap terhidrasi itu penting, tapi bukan berarti Anda bisa minum lebih dari yang seharusnya. Selain memerhatikan pola makan saat puasa, waktu minum juga perlu Anda atur. Waktu minum yang tidak tepat bisa menyebabkan asupan makanan yang Anda dapatkan berkurang.

Buat orang yang ingin menambah berat badan, hindari minum air terlalu banyak sebelum makan sahur atau berbuka puasa. Sebaiknya minum setelah makan, bukan di sela-sela atau sebelum makan.

Olahraga juga bisa menaikkan berat badan secara sehat

Bukan hanya mengatur pola makan saat puasa, agar kenaikan berat badan lebih maksimal dan sehat, jangan lupa untuk olahraga. Kelebihan kalori yang disimpan di otot, bukan hanya sel lemak, sangat penting untuk diubah menjadi energi sekaligus membentuk massa otot. Jadi, olahraga angkat beban atau memilih fitness saat puasa bisa jadi pilihannya. Misalnya melakukan olahraga kardio, seperti jalan cepat, lompat tali, lari, atau bersepeda.

Aktivitas fisik tersebut bisa meningkatkan berat badan dan volume otot Anda dari waktu ke waktu bila dilakukan secara rutin.  Tapi ingat, olahraga yang Anda lakukan ini harus disesuaikan dengan kondisi Anda saat berpuasa. Atur kembali jadwal dan jenis olahraga terbaik untuk Anda. Konsultasikan kepada dokter jika Anda kesulitan menjalani olahraga saat puasa.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ternyata Stres Bikin Berat Badan Naik, Apa Penyebabnya?

Tidak hanya menunrunkan berat badan, ternyata dampak stres juga dapat menyebabkan berat badan jadi naik, lho. Simak penjelasannya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Fakta Unik 27/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Berapa Asupan Karbohidrat untuk Menambah Berat Badan?

Selain protein dan lemak, peningkatan asupan karbohidrat itu perlu untuk membantu menambah berat badan. Namun, berapa jumlah idealnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 26/01/2020 . Waktu baca 5 menit

Hindari 5 Pantangan Ini Selama Anda Menaikkan Berat Badan

Ada pantangan yang harus dihindari saat menaikkan berat badan. Tujuannya, agar program berhasil dan tubuh tetap sehat. Namun, apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 14/12/2019 . Waktu baca 4 menit

Ingin Menambah Berat Badan? Ini Angka Kenaikan yang Dianjurkan Setiap Bulan

Baik menurunkan ataupun menambah berat badan, keduanya harus dipantau secara bertahap setiap bulan. Lalu, berapa angka kenaikan yang tergolong sehat?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 26/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berat badan naik saat karantina

Berat Badan Naik Jadi Efek Serius Selama Karantina

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020 . Waktu baca 5 menit
suplemen penambah berat badan

Selain Menambah Nafsu Makan, 3 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 09/05/2020 . Waktu baca 3 menit
makan malam saat puasa

Selama Puasa, Makan Malam Sebaiknya Paling Lambat Jam Berapa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . Waktu baca 4 menit
berat badan naik saat pms

Wajarkah Berat Badan Naik Saat PMS?

Ditulis oleh: Nita Azka Nadhira, S.Gz
Dipublikasikan tanggal: 08/03/2020 . Waktu baca 4 menit