Kenapa Sebaiknya Jangan Cabut Gigi Dulu Saat Menstruasi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Jika dalam waktu dekat tamu bulanan akan datang, tapi Anda lupa sudah keburu menjadwalkan cabut gigi di akhir pekan ini — sebaiknya telepon dokter untuk minta jadwal ulang. Tahukah Anda kalau sebaiknya jangan cabut gigi, atau melakukan operasi gigi lainnya, saat sedang menstruasi? Ini dia penjelasan medisnya kenapa Anda tak boleh cabut gigi saat haid.

Cabut gigi saat haid akan memperlambat proses pemulihannya

Anda mungkin tidak pernah membayangkan bahwa cabut gigi saat haid ternyata berhubungan langsung dengan kemampuan tubuh untuk pulih lebih cepat. Menurut American Dental Association kesehatan gigi Anda dipengaruhi oleh berbagai perubahan pada tubuh, termasuk perubahan hormonal, menstruasi, kehamilan, menopause dan penggunaan alat kontrasepsi.

Menurut dokter gigi Dan Peterson di Gentle Dental Care, banyak wanita yang mengalami gusi bengkak sebelum dan selama menstruasi akibat kenaikan hormon progesteron menjelang menstruasi. Gusi yang bengkak dapat menyulitkan dokter gigi untuk mengukur kedalaman kantong gigi Anda (Kedalaman yang lebih besar dari 3 mm dapat menandakan adanya penyakit gusi.) Plus, gusi  yang bengkak cenderung sangat sensitif. Akibatnya, pembersihan gigi sebelum dan setelah dicabut bisa terasa lebih menyakitkan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, cabut gigi saat haid dapat menyebabkan perdarahan serius yang dapat memperlambat proses penyembuhan setelah cabut gigi. Khususnya pada orang-orang yang memiliki Penyakit Von Wildebrand, cabut gigi saat haid dapat memperburuk gejalanya. Von willebrand adalah kelainan genetik yang dapat ditandai dengan perdarahan menstruasi yang berat, perdarahan yang berlebihan setelah operasi gigi, dan perdarahan saat menyikat gigi.

Penting bagi Anda untuk bicara dengan dokter gigi sebelum operasi gigi, hal ini untuk memastikan pemulihan yang berjalan efektif dan nyaman setelah operasi. Jika menstruasi atau gusi Anda berdarah tampak berlebihan, segera konsultasikan hal ini pada dokter Anda.

Jadi, kapan waktu terbaik untuk cabut gigi bagi perempuan?

Tak ada waktu yang tidak tepat untuk pergi ke dokter gigi. Namun begitu jika Anda ingin menjadwalkan pembersihan gigi rutin di dokter, sebaiknya lakukan seminggu setelah menstruasi Anda usai. Jika dokter menyarankan Anda untuk cabut gigi atau operasi gigi lainnya, Anda bisa menjadwalkannya 2-3 hari setelah haid Anda usai — ketika Anda yakin benar perdarahan menstruasi Anda berhenti total. Saat itulah tingkat hormon sudah lebih rendah dan gusi Anda tidak sensitif.

Perlu diperhatikan juga bahwa akan ada “gelombang” perubahan hormon lagi setelah menstruasi Anda usai, untuk mempersiapkan tubuh menghadapi ovulasi selanutnya. Ini biasanya terjadi di antara hari ke 11 sampai 21 dalam siklus menstruasi normal per 28 hari, di mana hari pertama adalah hari pertama menstruasi Anda. Perubahan hormon untuk mempersiapkan diri ovulasi ini juga dapat menyebabkan peradangan gusi, sehingga membuat prosedur operasi gigi menjadi lebih tidak nyaman.

Jadi. cobalah menjadwalkan operasi gigi Anda, apapun itu, sesegera mungkin setelah masa menstruasi Anda berakhir.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Gigi Goyang

Gigi goyang adalah masalah gigi yang umum. Cari tahu gejala, penyebab, pengobatan, serta cara mengontrol dan mencegah %%title%% di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut 2 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit

Erosi Gigi

Erosi gigi terjadi saat lapisan enamel gigi terkikis oleh asam di rongga mulut. Cari tahu gejala, penyebab, pengobatan dan cara pencegahan di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Penyakit Gigi, Gigi dan Mulut 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Impaksi Gigi Bungsu

Impaksi gigi bungsu adalah masalah akibat pertumbuhan gigi bungsu yang tidak semestinya. Cari tahu penyebab, gejala, dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Gigi, Gigi dan Mulut 29 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Sakit Gigi

Sakit gigi adalah penyakit sejuta umat. Cari tahu inof lengkap dari gejala, penyebab, serta cara mencegah dan mengobati gigi ngilu di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut 29 Desember 2020 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
gigi perokok

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Perokok, Begini Caranya!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
masalah oral perokok aktif

Masalah Kesehatan Oral yang Mengintai Perokok Aktif dan Trik Perawatannya

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Memahami Tumbuh Kembang Gigi dan Rahang Anak

7 Trik Membujuk Anak Agar Tak Takut ke Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
dry socket

Dry Socket

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit