7 Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

    7 Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

    Gigi berlubang menjadi masalah pada gigi yang paling umum ditemui di Indonesia. Kalau tidak diatasi dengan baik, lama kelamaan rasa sakitnya bisa tidak tertahankan. Selain minum obat pereda nyeri sambil menunggu pergi ke dokter, Anda juga bisa menggunakan obat tradisional untuk mengatasi sakit akibat gigi berlubang.

    Apa penyebab gigi berlubang?

    perawatan gigi berlubang

    Secara umum, masalah gigi berlubang disebabkan oleh asam yang merusak gigi. Zat asam ini diproduksi oleh bakteri yang memakan gula dari sisa makanan pada rongga mulut.

    Apabila tidak ditangani dengan baik, gigi berlubang dapat menyebabkan komplikasi, salah satunya kondisi yang disebut oral fistula yang bisa berujung pada kematian.

    Pemeriksaan dengan dokter gigi bisa mengatasi masalah ini hingga tuntas. Dokter akan memeriksa kondisi gigi Anda untuk menentukan tindakan yang tepat untuk menangani gigi berlubang.

    Umumnya, dokter akan melakukan tambal gigi. Prosedur ini dilakukan dengan membersihkan lubang pada gigi, lalu mengisi celah tersebut dengan bahan aman, seperti resin komposit.

    Terkadang sakit gigi berlubang bisa datang tiba-tiba. Saat gejala ini datang, mungkin Anda tak sempat untuk langsung periksa ke dokter gigi.

    Maka dari tu, Anda bisa mencoba cara menghilangkan sakit gigi berlubang secara alami dan cepat sebelum berkunjung ke dokter gigi.

    Permasalahan gigi berlubang di Indonesia

    Kasus gigi berlubang sangat tinggi di Indonesia. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2018, sebanyak 45,3% dari keseluruhan masalah gigi disebabkan oleh gigi berlubang, rusak, maupun sakit. Hal ini disusul dengan gigi hilang (19%) dan gigi goyah (10,4%).

    Pilihan obat alami untuk sakit gigi berlubang

    Air garam sebagai obat batuk alami untuk anak

    Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan rumahan untuk mengobati rasa sakit akibat gigi berlubang.

    Beberapa obat alami atau tradisional ini mencegah terjadinya pembusukan dan juga menghambat pembentukan lubang pada gigi.

    Berikut ini merupakan beberapa obat sakit gigi berlubang tradisional dan cara menggunakannya.

    1. Garam

    Ya, Anda bisa menggunakan garam dapur sebagai obat alami sakit gigi berlubang. Garam mengandung antiseptik dan antibakteri.

    Cara paling mudah yakni dengan memanfaatkan air garam sebagai obat kumur. Hal ini akan membantu mengurangi peradangan dan nyeri, mengatasi infeksi, serta mencegah perkembangan bakteri mulut.

    Berikut cara menggunakan garam untuk mengobati sakit akibat gigi berlubang.

    • Larutkan 1 sendok teh garam dalam segelas air hangat, lalu berkumurlah dengan larutan ini hingga menyapu semua bagian mulut Anda selama satu menit.
    • Fokuskan juga berkumur pada area yang terdapat gigi berlubang. Anda dapat melakukan pengobatan ini tiga kali sehari sampai gejala mereda.

    Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan ½ sendok teh garam dan air lemon. Oleskan larutan ini sambil memijat gusi selama beberapa menit, lalu berkumurlah dengan air hangat sesudahnya.

    2. Bawang putih

    Meski bawang putih membuat mulut bau, bahan ini memiliki sifat antibakteri dan telah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional untuk sakit gigi berlubang.

    Selain itu, bawang putih juga membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat gigi berlubang sekaligus membuat gigi dan gusi menjadi lebih sehat.

    Adapun, cara menggunakan bawang putih bisa Anda lakukan seperti berikut ini.

    1. Sediakan 3–4 siung bawang putih dan ¼ sendok teh garam, lalu campurkan.
    2. Oleskan campuran pada gigi yang berlubang atau terinfeksi.
    3. Biarkan selama 10 menit sebelum berkumur dengan air atau obat kumur pilihan. Lakukan dua kali sehari dalam beberapa minggu untuk mengurangi perkembangan lubang gigi.

    Apabila mengalami nyeri pada area gigi yang berlubang, Anda juga bisa menggosokan minyak bawang putih untuk meredakan sensasi nyeri tersebut.

    3. Licorice (akar manis)

    Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Natural Products (2011), licorice alias akar manis dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan gigi.

    Senyawa dalam akar manis, yakni licoricidin dan licorisoflavan A, memiliki sifat antibakteri berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

    Tidak hanya itu, licorice sebagai obat alami sakit gigi berlubang juga dapat mengurangi plak gigi. Berikut ini cara mudah menggunakannya.

    1. Larutkan 1 sendok teh bubuk akar manis ke dalam segelas air hangat.
    2. Berkumurlah dengan larutan ini 4–5 kali sehari untuk membantu meredakan sakit gigi.
    3. Anda juga bisa menggunakan bubuk akar manis untuk menyikat gigi atau akarnya yang lembut secara utuh sebagai sikat gigi.

    4. Kunyit

    manfaat kunyit untuk kesehatan gigi

    Kunyit mengandung vitamin C yang bersifat antibakteri dan antiperadangan. Manfaat yang bisa Anda peroleh berupa kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang dari infeksi bakteri.

    Untuk mengaplikasikan obat herbal tradisional untuk sakit gigi berlubang ini, inilah beberapa langkah mudah yang dapat Anda praktikkan.

    1. Haluskan kunyit atau campurkan bubuk kunyit dengan sedikit air hingga berbentuk menyerupai pasta.
    2. Oles pasta kunyit ini pada bagian gigi yang sakit.
    3. Biarkan selama beberapa menit sebelum berkumur dengan air hangat.

    Anda juga bisa memijat lembut bagian gigi dan gusi yang sakit. Ulangi pengobatan ini sekali atau dua kali sehari sampai gejala yang Anda rasakan berkurang.

    5. Cengkeh

    Sifat antiperadangan, analgesik, dan antibakteri yang dimiliki oleh cengkeh membuatnya jadi salah satu bahan yang penting untuk mengatasi masalah gigi dan rongga mulut.

    Tak hanya itu, cengkeh sebagai obat sakit gigi berlubang tradisional juga mampu mengurangi rasa sakit gigi dan mencegah penyebaran lubang pada gigi Anda

    Berikut ini cara penggunaan cengkeh untuk mengurangi rasa sakit gigi berlubang.

    1. Campurkan 2–3 tetes minyak cengkeh dan ¼ sendok teh minyak biji wijen.
    2. Celupkan kapas pada campuran minyak tersebut dan tepuk-tepuk pada area gigi yang berlubang.
    3. Lakukan pengobatan ini pada malam hari sebelum tidur.

    Alternatif lain yang bisa dilakukan ialah dengan mengunyah cengkeh utuh hingga terekstraksi menjadi minyak. Diamkan cengkeh tersebut di bawah lidah Anda selama beberapa menit.

    6. Lidah buaya

    Selain bermanfaat untuk perawatan kulit dan rambut, Anda juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai obat alami sakit gigi berlubang.

    Menurut penelitian yang diterbitkan pada Nigerian Journal of Clinical Practice (2019), gel lidah buaya memiliki sifat antibakteri untuk melawan bakteri pada rongga mulut.

    Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengetahui seberapa efektif lidah buaya dalam membantu mengurangi bakteri pemicu lubang pada gigi.

    Berikut cara menggunakan lidah buaya bisa Anda praktikkan.

    1. Ambil daging lidah buaya dan haluskan hingga berbentuk seperti jus.
    2. Berkumurlah beberapa kali sehari untuk mengurangi jumlah bakteri dalam mulut.
    3. Pertimbangkan juga untuk menggunakan bubuk lidah buaya untuk menyikat gigi Anda.

    7. Oil pulling

    Jika biasanya Anda berkumur dengan obat kumur, oil pulling merupakan teknik berkumur dengan minyak. Pengobatan Ayurveda yang berasal dari budaya India ini memang telah digunakan sejak berabad-abad lalu.

    Manfaat yang ditawarkan dari obat alami sakit gigi berlubang ini berupa detoksifikasi oral. Anda bisa menggunakan minyak kelapa, minyak biji wijen, atau minyak zaitun.

    Cara mudah untuk melakukan teknik oil pulling yakni sebagai berikut.

    1. Ambil 1 sendok makan minyak dan gunakan untuk berkumur selama 20 menit, lalu ludahkan dan jangan sampai menelannya.
    2. Bersihkan mulut Anda dengan air hangat dan sikat gigi seperti biasa setelahnya.
    3. Ulangi pada pagi hari, terutama ketika perut masih kosong.

    Meski obat sakit gigi berlubang tradisional di atas efektif meredakan sensasi tidak nyaman pada mulut, bukan berarti kondisi sembuh sepenuhnya.

    Segera konsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat. Setelahnya, jangan lupa untuk melakukan perawatan gigi dan mulut secara rutin.

    Hal ini bisa Anda lakukan dengan menyikat gigi dua kali sehari, menggunakan obat kumur dan benang gigi, serta periksa ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Toothache. NHS UK. (2021). Retrieved 28 July 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/toothache/

    Tooth decay. NHS UK. (2022). Retrieved 28 July 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/tooth-decay/

    Woolley, J., Gibbons, T., Patel, K., & Sacco, R. (2020). The effect of oil pulling with coconut oil to improve dental hygiene and oral health: A systematic review. Heliyon, 6(8), e04789. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04789

    Korkmaz, F. M., Ozel, M. B., Tuzuner, T., Korkmaz, B., & Yayli, N. (2019). Antimicrobial activity and volatile constituent analysis of three commercial herbal toothpastes containing Aloe vera L. and Fragaria vesca L. extracts. Nigerian journal of clinical practice, 22(5), 718–726. https://doi.org/10.4103/njcp.njcp_557_18

    Aravinth, V., Aswath Narayanan, M., Ramesh Kumar, S., Selvamary, A., & Sujatha, A. (2017). Comparative evaluation of salt water rinse with chlorhexidine against oral microbes: A school-based randomized controlled trial. Journal Of Indian Society Of Pedodontics And Preventive Dentistry, 35(4), 319. https://doi.org/10.4103/jisppd.jisppd_299_16

    Shetty, S., Thomas, B., Shetty, V., Bhandary, R., & Shetty, R. (2013). An in-vitro evaluation of the efficacy of garlic extract as an antimicrobial agent on periodontal pathogens: A microbiological study. AYU (An International Quarterly Journal Of Research In Ayurveda), 34(4), 445. https://doi.org/10.4103/0974-8520.127732

    Sood, S., & Nagpal, M. (2013). Role of curcumin in systemic and oral health: An overview. Journal Of Natural Science, Biology And Medicine, 4(1), 3. https://doi.org/10.4103/0976-9668.107253

    Marya, C., Satija, G., J., A., Nagpal, R., Kapoor, R., & Ahmad, A. (2012). In VitroInhibitory Effect of Clove Essential Oil and Its Two Active Principles on Tooth Decalcification by Apple Juice. International Journal Of Dentistry, 2012, 1-6. https://doi.org/10.1155/2012/759618

    Gafner, S., Bergeron, C., Villinski, J., Godejohann, M., Kessler, P., & Cardellina, J. et al. (2011). Isoflavonoids and Coumarins from Glycyrrhiza uralensis: Antibacterial Activity against Oral Pathogens and Conversion of Isoflavans into Isoflavan-Quinones during Purification. Journal Of Natural Products, 74(12), 2514-2519. https://doi.org/10.1021/np2004775

    Situasi Kesehatan Gigi dan Mulut 2019. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Retrieved 28 July 2022, from https://pusdatin.kemkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin-gigi.pdf

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 7 days ago
    Ditinjau secara medis oleh drg. Farah Nadiya